Hindari PHK Besar-Besaran, Daihatsu Kembali Operasikan Pabrik

05/05/2020| Fatchur Sag

Setelah libur beberapa minggu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali mengoperasikan salah satu pabriknya mulai Senin (27/4/2020). Daihatsu memulainya dengan latihan bagi karyawan dan tidak langsung melakukan produksi. Mengingat pembukaan kembali pabrik masih dalam suasana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Daihatsu tetap mematuhi protokol kesehatan seperti instruksi dari pemerintah.

Foto menunjukkan salah satu fasilitas milik Daihatsu

Pabrik Daihatsu beroperasi lagi di tengah kebijakan PSBB

“Dalam kondisi pandemi kami memastikan seluruh proses produksi ADM sesuai dengan peraturan pemerintah, sehingga kesehatan dan keselamatan karyawan tetap terjaga,” tutur Erlan Krisnaring, Senior Executive Director PT ADM, dalam keterangan resmi (27/4/2020).

Seperti diketahui Kementerian Perindustrikan (Kemenperin) mengizinkan perusahaan tetap beroperasi selama PSBB dengan syarat-syarat tertentu, terutama mematuhi protokol kesehatan. Dispensasi tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Perindustrian Nomor 8 Tahun 2020 tentang Kewajiban Lapor Perusahaan Industri dan Perusahaan Kawasan Industri yang Memiliki Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI).

>>> Review Daihatsu Hi-Max PU 1.0 STD AC PS 2016: Mobil Pick Up Mungil Lincah Di Jalan Sempit

Atas keputusan tersebut Ketua Umum Asosisasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah. Menurutnya, hal tersebut penting untuk menghindari Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran terhadap karyawan.

“Surat edaran Menteri Perindustrian ini adalah salah satu opsi yang baik agar dunia usaha tidak serta merta terhenti,” kata Hariyadi, dalam keterangan tertulis belum lama ini. “Mengingat kepentingan untuk tetap memberikan pekerjaan dan penghasilan bagi karyawan dan ekonomi secara makro,” lanjutnya.

Hariyadi memastikan perusahaan yang memutuskan beroperasi bakal mematuhi protokol kesehatan demi keberlangsungan usahanya seperti memakai masker, menjaga jarak aman, serta tidak banyak kontak antar sesama karyawan.

>>> Penjualan Daihatsu Awal Tahun Masih Didominasi Sigra

Foto menunjukkan Daihatsu Ayla DLX

Daihatsu berharap wabah COVID-19 segera berlalu dari Indonesia dan aktivitas masyarakat kembali normal

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International