Hawkeye 2000 Sukses Melakukan Olah Data 626 Km Jalan Tol Jasa Marga

17/07/2020| Fatchur Sag

PT Jasa Marga (Persero) terus meningkatkan pelayanan jalan tol di seluruh Indonesia melalui beragam cara. Termasuk menjaga kualitas jalan hingga memberikan kenyamanan terhadap pengendara melalui beragam inovasi. Seperti penggunaan mobil pintar Hawkeye 2000 untuk keperluan pemeliharaan jalan.

Mobil maintenance yang dijuluki mobil pintar tersebut diluncurkan, PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) pada 3 Agustus 2018 untuk keperluan pengumpulan data jalan sehingga bisa menjadi acuan atas apa yang akan dilakukan Jasa Marga.

Hawkeye 2000 milik Jasa Marga diproduksi Australian Road Research Board (ARRB) dengan mengambil basis Hyudai H-1. Mobil ini dioperasikan untuk keperluan survei kondisi jalan. Sistem pengoperasiannya melalui integrasi dari beberapa peralatan sensor yang spesifik dalam mendapatkan data karakteristik dan kondisi elemen jalan.

>>> Sudah Garap Lebih Dari 2.166 Meter, Rekonstruksi Jalan Tol Jagorawi Berlanjut

Foto menunjukkan mobil pintar Haykeye 2000 milih Jasa Marga

Mobil pintar Hawkeye 2000 milik Jasa Marga beroperasi sejak awal Agustus 2018

Survei ratusan kilometer jalan tol

Dijelaskan oleh JMTM, selama waktu 2 tahun Hawkeye 2000 telah mengolah data kondisi 626 Km jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group dan 10.100 km jalan nasional, diantaranya jalan nasional Wilayah Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur.

"Dalam pengumpulan data, mobil Hawkeye 2000 akan menyusuri jalan, baik jalan tol maupun jalan nasional, dengan kecepatan minimal 30 Km/jam dan maksimal 100 Km/jam serta dikawal oleh satu kendaraan di belakangnya yang berfungsi untuk melakukan pengamanan lajur untuk Kendaraan Hawkeye," tutur Direktur Utama PT JMTM Rudy Hardiansyah dalam keterangan resminya, (15/7/2020).

Sejumlah peralatan canggih

Sebagai kendaraan maintenance, Hawkeye 2000 dilengkapi berbagai peralatan sensor penangkap data aset dan kondisi elemen jalan, misalnya Global Positioning System (GPS) and Differential GPS, Laser Profiler, Auto Crack Detection Profiler, Gipsitrec Geometry,  Distance Measurement Instrument, dan  Asset Cameras.

>>> Ini Besaran Denda Pelanggaran di Jalan Tol Jasa Marga Group

Foto menunjukkan Hawkeye 2000 dengan sejumlah peralatan canggih

Sejumlah peralatan canggih diusung Hawkeye 2000

Kendaraan ini juga didukung oleh Software Hawkeye Processing Toolkit yang bisa mengeluarkan sejumlah data, seperti:

  • Geometrik jalan. Meliputi kemiringan, lengkungan (vertikal, horizontal, dan superelevasi), naik turun kelandaian, dan tipe jalan:
  • Aset jalan. Meliputi bangunan pelengkap (Median, Separator, Pilar Jembatan/JPO, Pagar pengaman, PJU, Gardu, Gerbang Tol, TI, kelengkapan ITS, iklan dan lainnya) dan Perlengkapan jalan (marka, rambu dan VMS);
  • Kondisi perkerasan jalan. Meliputi Alur, Retak, Lubang, dan Tekstur;
  • Nilai Kekasaran Permukaan atau International Roughness Index (IRI-m/km).

"Data tersebut digunakan untuk kegiatan analisa kondisi jalan dalam rangka memastikan pemenuhan parameter standar pelayanan minimal dan penentuan program perbaikan jalan,"  tambahnya Rudy.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Berita sama topik