Harga Mobil Terbaru Sama Dengan Mobil Model Lama, Ini Penjelasan APM

09/03/2019 Fatchur Sag Pasar Mobil

Menjadi tanda tanya besar bagi sebagian orang mengapa harga mobil terbaru yang diluncurkan para APM sama dengan harga mobil lama. Padahal dari sisi kelengkapan dan yang lain, ada peningkatan cukup signifikan pada mobil-mobil terbaru.

Lagi-lagi persaingan di dunia pasar otomotif dirasakan masyarakat semakin lama semakin tidak wajar. Kemunculan-kemunculan mobil model terbaru dari berbagai produsen yang hanya itu-itu saja semakin terasa lebih cepat. Masyarakat juga dibikin penasaran dan bertanya-tanya, mengapa harga mobil terbaru sama dengan mobil model lama yang sudah dipasarkan sebelumnya.

Foto Honda Mobilio RS 2019 tampak dari samping depan

Honda Mobilio 2019 diluncurkan dengan peningkatan beberapa fitur dan tanpa kenaikan harga

Bukan hanya omong kosong tapi memang benar-benar terbukti bahwa akhir-akhir ini produsen otomotif khususnya mobil secara cepat meluncurkan beberapa produk-produk mobil model terbaru dengan nama yang masih sama. Bahkan dalam peluncurannya, harga mobil terbaru tidaklah mengalami perubahan jika dibandingkan dengan harga mobil model pendahulunya.

Seperti misal Honda Mobilio terbaru harganya tidak mengalami perubahan dengan Honda Mobilio seri lama. Produk buatan Toyota dan Daihatsu, Avanza, Rush, Xenia dan Terios juga tidak mengalami perubahan harga saat diluncurkan. Padahal, masing-masing memiliki perbedaan desain serta penambahan fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan produk-produk sebelumnya.

>>> Punya Strategi Sendiri, Wuling Motors Tidak Mengutamakan Diskon

Yang menjadi bahan pertanyaan, mengapa dari beberapa Agen Pemegang Merek (APM) sama sekali tidak memberikan perubahan harga untuk beberapa produk model terbaru yang mereka luncurkan?

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku salah satu APM yang kerap sekali melakukan skema tanpa menaikkan harga untuk produk terbarunya, secara jelas memberikan tanggapan.

Foto Toyota Avanza 2019 tampak dari samping depan

New Toyota Avanza hadir dengan wajah baru yang lebih kekinian

Anton Jimmy selaku Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengungkapkan bahwa harga mobil terbaru yang ditawarkan ke pasar memang sebelumnya sudah melalui berbagai pertimbangan tertentu.

"Kalau kita bicara harga. Balik lagi sebenarnya penetapan harga itu bukan asal naik atau turun. Tapi, harga berapa yang sebenarnya kompetitif dan dibutuhkan konsumen di segmen tersebut," kata Anton belum lama ini. "Berdasarkan dari harga tersebut, teman-teman dari development, dari prinsipal, juga pabrik memperhitungkan kira-kira costnya berapa, cost pemasangan, cost assembly berapa, dan berdasarkan itulah target cost akan dicapai," jelasnya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Daftar Harga New Avanza 2019 OTR Jakarta untuk bulan Maret 2019

Strategi baru para APM untuk memikat konsumen, harga mobil terbaru sama dengan harga model sebelumnya

Selain itu Anton juga menyebutkan, jikalau memang cost tersebut dirasa masih sesuai atau masih sama dengan harga produk model lama, maka pihak APM juga tidak akan menaikkan banderol harga mobil terbaru yang diluncurkan.

Ooh, ternyata begitu!

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca