Elektrifikasi Mobil Suzuki Belum Terganggu Pandemi Virus Corona

14/04/2020| Fatchur Sag

Banyak rencana otomotif gagal terlaksana dengan munculnya wabah virus Corona (COVID-19). Wabah yang kini menjadi pandemi di seluruh dunia membuat pameran otomotif berskala internasional hampir seluruhnya dibatalkan. Mulai dari Geneva Motors Show 2020, Beijing Motors Show 2020, Detroit Auto Show 2020, New York Motor Show 2020, dan yang lain. Di Indonesia pandemi juga menggagalkan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 yang sedianya digelar 10-19 April 2020 dan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 Agustus mendatang.

Selain itu world premiere beberapa model baru juga terpaksa dilakukan secara virtual tanpa seremoni, seperti peluncuran MG ZS dan model facelift Toyota New Agya 2020. Bagaimana dengan rencana kelahiran mobil listrik Suzuki?

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Foto menunjukkan mobil listrik konsep Suuzki e-Survivor Concept

SUV listrik Suzuki e-Survivor Concept diperkenalkan ke publik pada 2018

Disampaikan pihak PT Suzuki Indomobil Sales, rencana memperkenalkan mobil listrik di Indonesia masih seperti semula dan belum terganggu pandemi virus Corona. Yaitu tahun depan (2021) seperti pernah disampaikan pada Agustus 2019 lalu.

"Jadwal elektrifikasi, saya rasa regulasi ini tetap berjalan. Kalau tidak salah 2021 seperti yang disampaikan bulan Agustus 2019 lalu yang mengatakan dalam waktu 2 tahun baru ada detail-nya (regulasi mobil listrik)," tutur 4W Marketing Director PT SIS, Dony Saputra, seperti dikutip dari Detik, (10/4/2020).

Meski demikian, realisasi dari rencana tersebut juga belum bisa dipastikan. Salah satu alasannya meski sudah ada Perpres No. 55 Tahun 2019 Tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan, pemerintah belum menjelaskan Petunjuk Teknis program mobil listrik tersebut secara mendetail. Itu yang saat ini sedang ditunggu, baik oleh Suzuki maupun merek lain.

"Kedua, juknis atau peraturan pemerintah melalui menteri terkait yang rencananya di tahun ini kami belum menerima. Jadi sebetulnya kami masih menunggu informasi detail mengenai industri kendaraan berbasis listrik," kata Dony.

>>> Dibawa Keluar Jakarta, Mobil Listrik Bikin Was-was

Foto menunjukkan Suzuki Futuro e tampak dari samping depan

Mobil listrik Suzuki Futuro e diperkenalkan di India Auto Expo 2020

Saat ini, Suzuki tengah fokus menghadapi wabah agar tidak terlalu berdampak parah, terutama yang berkaitan dengan keselamatan para karyawan. Karenanya Suzuki menghentikan operasional 3 pabriknya di Indonesia untuk sementara waktu demi memutus mata rantai penyebaran virus. Selain itu, juga sebagai dukungan terhadap program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai 10 April 2020 hingga 14 hari ke depan.

"Buat kami saat ini prioritas kami kelamatan karyarwan, pabrik kami hentikan untuk keselamatan karyawan, kita berperan aktif dalam pencegahan Corona virus ini," jelas Dony.

So, dinantikan saja kelanjutan dari rencana elektrifikasi Suzuki di Indonesia.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International