Di Indonesia Pengedara Emak-Emak Paling 'Disegani', Di Inggris Ini Yang Paling Ditakuti

26/09/2018| Fatchur Sag

Foto Emak-emak melawan arus

Tindakan berbahaya, tapi tak dihiraukan (foto:pasangmata.com)

Kalau ada pertanyaan siapa pengemudi kendaraan bermotor paling berani dan sangat disegani di Indonesia jawaban paling tepat boleh jadi adalah emak-emak. Pengemudi wanita (biasanya umuran menengah ke atas) dengan kemampuan berkendara yang ala kadarnya dan pengetahuan tentang aturan berlalu lintas yang baik yang sangat minim ini cukup disegani karena bisa mendatangkan banyak masalah. Jangankan di posisi yang benar, di posisi yang salah pun mereka berani ngeles dan ngajak berantem. Coba cari di internet kekonyolan emak-emak di jalanan seperti yang diberitakan Okezone dimana emak-emak marah gara-gara gagal menyalip becak, atau yang ditulis Gridoto dimana emak-emak pengemudi Agya memaki-maki petugas saat ditilang.

>>> Ooh Ini Toh Pelanggaran Paling Sering Kena Tilang Polisi

Berada di belakang pengemudi emak-emak sebaiknya waspada, mereka bisa melakukan manuver apa saja yang tidak diduga sama sekali. Sein kanan menyala, kendaraan malah menepi. Giliran sein kiri menyala mereka menyeberang. Ada rambu-rambu larangan melintas dan berbelok mereka tak peduli. Apa yang dibenaknya itu yang dijalani, mau belok ya belok, mau berhenti ya berhenti, mau jalan ya jalan saja. Soal ditilang, mana mereka takut? Mereka adalah pengemudi paling disegani pengendara lain di jalanan Indonesia.

Lain di Indonesia lain di mancanegara seperti Inggris. Kejadian konyol emak-emak seperti di Indonesia jarang dijumpai di sana. Pengemudi kendaraan bermotor yang paling ditakuti adalah para pria konyol yang mengemudi dengan sembrono, tanpa surat-surat atau berada di bawah pengaruh alkohol dan obat-obatan alias mabuk.

Data yang dihimpun Freedom of Information (FOI) oleh Feel Good Contacts, the Driver and Vehicle Licensing Agency (DVLA) sebagaimana dikutip dari autoevolution.com menyimpulkan pengemudi pria lebih banyak melakukan pelanggaran dibanding wanita.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Foto Pengemudi wanita mengendarai mobilnya

Di Inggris pengemudi wanita lebih sopan dan taat aturan dibanding pria (foto:BBC)

Dari data yang dihimpun mulai Januari 2014 hingga Juli 2018 diketahui sebanyak 421.565 pria dilarang mengemudi sama sekali. Sementara pengemudi wanita ada 66.272 orang yang ditahan SIM-nya untuk beberapa waktu, namun tetap diizinkan mengemudi. Pelanggaran terbanyak dilakukan pria dengan usia 26 tahun sebanyak 18.107, mereka ditahan SIM-nya dan dilarang mengemudi dalam waktu yang lama.

Temuan di atas bisa jadi karena jumlah pengemudi pria lebih banyak berlipat-lipat dibanding wanita. Bagi lembaga keselamatan jalan raya di Inggris, IAM Roadsmart perbandingan jumlah pengemudi ini bukan yang utama dibicarakan. Hasil yang didapat adalah data penting untuk dijadikan bahan evaluasi dan penelitian bagaimana pemerintah mencari solusi menekan angka kecelakaan di jalan raya.

"Jika kita membuat terobosan secara signifikan mengurangi jumlah orang yang terbunuh atau terluka di jalan kita, kita perlu secara langsung mempengaruhi kelompok ini melalui pendidikan ulang pada sikap mereka dalam mengemudi tanpa adanya toleransi dalam penegakkan hukum. Sehingga mereka bisa mengerti dan memahami cara mengemudi mereka berbahaya," tutur juru bicara IAM RoadSmart, Rodney Kumar.

>>> Memprihatinkan, Tiap 1 Jam 3 - 4 Orang Indonesia Meninggal Karena Kecelakaan Lalu Lintas

Foto sedan mengalami kecelakaan

Kecekaan fatal di Highbury Avenue and Dundas Street in London pada 8/92016 menewaskan dua orang dan melukai dua orang, penyebabnya pengemudi mabuk (foto:scoopnest.com)

Nah, jadi tahu kan kalau pengendara pria di Inggris lebih memusingkan pemerintah dibanding pengendara wanita. Selain bikin pusing pemerintah, pengendara pria juga paling ditakuti karena perilakunya yang terkadang konyol dan membahayakan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International