Tips Memilih Jenis Mobil Buat Mudik

17/03/2020 | Fatchur Sag

Musim mudik sebentar lagi tiba. Buat Anda yang berencana mudik tentu banyak persiapan yang harus dipikirkan dan dilakukan sejak sekarang, mulai dari rencana berkunjung ke tempat-tempat tertentu, persiapan bekal yang akan dibawa hingga menyiapkan sarana transportasi.

Untuk yang terakhir ini ada banyak pilihan, khususnya transportasi darat. Selain kereta api, ada mobil yang bisa jadi pilihan. Mobil pun Anda bisa memilih transportasi umum, mudik gratis bareng perusahaan atau menggunakan mobil pribadi.

Keluarga kecil

Foto menunjukkan mudik dengan keluarga kecil

Mudik dengan keluarga kecil, pilih mobil hatchback

Untuk jenis mobil buat keluarga kecil, Anda dengan pasangan dan 2-3 orang anak Anda bisa menggunakan mobil hatchback, atau sedan. Meski bagasinya lebih kecil dari MPV, tapi masih mencukupi jika hanya untuk membawa barang bawaan sekeluarga.

Keluarga besar

Diantara hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jenis transportasi yaitu seberapa banyak anggota keluarga yang ikut mudik serta seberapa besar barang yang akan dibawa, Jika banyak anggota keluarga yang turut mudik berarti butuh mobil dengan seater lebih banyak. Anda bisa memilih jenis mobil MPV atau beberapa jenis SUV berkapasitas 7 tempat duduk. Selain bisa membawa banyak penumpang mobil jenis ini juga bisa mengakomodir barang bawaan dalam jumlah besar.

>>> Jangan Paksa Mobil LCGC Buat Mudik Jarak Jauh

Foto menunjukkan rombongan travelling menggunakan Toyota Innova

Mudik dengan keluarga kecil, pilih mobil hatchback

Kalau yang mau mudik lebih dari 7-8 orang dewasa, jangan memaksakan diri mudik menggunakan satu mobil kecil. Anda bisa melakukan split menggunakan 2 mobil jenis hatchback, MPV atau SUV.

Rombongan besar

Kalau Anda mudik bersama rombongan besar lebih dari 10 orang misalnya, Anda bisa memilih mobil berjenis minibus atau bus yang memiliki kapasitas lebih besar mulai 10 orang hingga 50 orang. Pilih yang sesuai kebutuhan agar lebih hemat biaya sewanya.

Lebih hemat lagi kalau Anda ikut program mudik bareng yang selenggarakan oleh perusahaan, lembaga, atau instansi-instansi pemerintah. Anda tidak perlu keluar banyak biaya untuk transport namun perjalanan tetap nyaman.

>>> Minimalisir Risiko, Perhatikan Sekeliling Saat Naik Angkutan Umum

Foto menunjukkan Medium Bus milih perusahaan rental Abadi Trans Jakarta

Rombongan besar lebih baik naik minibus atau bus besar

Keuntungan mudik bersama rombongan besar ini adalah mengasyikkan. Anda lebih rilek karena bisa beristirahat dalam kendaraan dan tidak harus melek terus. Kekurangannya, Anda tidak akan diantar hingga depan rumah sebab mobil rombongan mudik biasanya hanya sampai di pos penurunan yang sudah ditetapkan. Kalau tempat tinggal lumayan jauh dari pos penurunan, Anda harus naik angkutan umum lagi untuk bisa sampai di rumah.

>>> Temukan tips dan trik seputar mobil hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

  • 18/06/2020 | Abdul

    Waspada, Ini Perbedaan Toyota Limo Dan Vios Yang Perlu Diketahui

    Mobil bekas menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia karena harganya yang lebih terjangkau. Salah satunya adalah Toyota Vios dan Limo, namun terdapat perbedaan diantara keduanya. Bagi pembeli, mengetahui perbedaan Toyota Limo dan Vios itu perlu, tujuannya agar tidak tertipu oleh para penjual mobkas yang curang.

  • 15/06/2020 | Abdul

    Pilihan Mobil Wuling Di Indonesia, Total Ada 14 Tipe Lho

    Wuling merupakan salah satu pabrikan mobil asal China yang masih tergolong baru berkiprah di Indonesia. Bahkan baru-baru ini telah dilakukan perayaan 1000 tahun Wuling berada di Indonesia. Untuk kali ini kamiu memberikan informasi mengenai pilihan mobil wuling dan harga yang ditawarkan.

  • 13/05/2020 | Fatchur Sag

    Biar Cepat Laku Menjual Mobil Saat Ini, Perhatikan Hal Berikut!

    Kebutuhan terkadang memaksa orang menjual mobil untuk segera mendapatkan uang. So, buat kamu yang mau jual mobil saat ini, perhatikan hal berikut agar cepat laku dengan harga tinggi!