Apa Arti Nama Honda CR-V? Mengulas Perjalanannya Di Dunia

20/10/2020| Abdul

Mobil Honda CR-V dihadirkan pertama kali pada tahun 1995 dan sampai saat ini sudah masuk umur 25 tahun. Tentunya hal tersebut menjadi hal yang membanggakan, beberapa perubahan juga dilakukan dalam penyempurnaan dari generasi ke generasi. Lantas apa sih arti nama Honda CR-V?

Gambar i ni menunjukkan Honda CR-V Plug-in Hybrid 2020

Mobil Honda CR-V dengan mesin Plug-in Hybrid

>>> Baca Juga, Ditlantas Polda Jatim Siapkan Tilang Elektronik Seluruh Jatim

Peluncuran pertama kali tahun 1995 dilakukan di Jepang. Setelah itu disusul pemasarannya di Amerika dan dilanjutkan ke berbagai negara lainnya. Nah pada generasi pertamanya dihadirkan secara eksklusif di tahun tersebut di diler Honda Verno. Yang mana untuk orang yang mendesainnya adalah Hiroyuki Kawase. Kemudian di tahun 1996 mobil tersebut diluncurkan di Chicago Auto Show 1996 dan di Amerika Serikat produksi massal nya dilakukan pada bulan Februari 1997.

Adapun arti nama Honda CR-V adalah kendaraan praktis dan nyaman, makna tersebut berasal dari kepanjangan CR-V yaitu Comfortable Runabout Vehicle. Awalnya mobil ini dihadirkan dengan 1 varian saja yakni tipe LX dengan mesin 2.0 Liter yang mempunyai tenaga maksimal sebesar 126 Hp dan torsinya adalah 180 Nm.

Pada generasi keduanya mobil besutan Honda tersebut dikenalkan pada tahun 2001 dan mendapatkan beragam perubahan. Meskipun begitu, keefisiensi bahan bakar yang dimiliki tetap dipertahankan berkat penggunaan mesin i-VTEC dari Honda.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil Honda CR-V gen 1 tampilan depan dan samping kiri

Honda CR-V generasi pertama

>>> Lihat Juga, Kejutan, Inilah Konsep Mercedes-Benz EQC 4x4² Bergaya Offroad

Untuk generasi ketiga dihadirkan tahun 2006 dan dijual pada bulan September di Amerika Serikat. Mesin yang diberikan adalah 2.4 Liter yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 166 Hp dan torsinya adalah 218 Nm. Di tahun inilah menjadi yang pertama mobil CR-V diberikan mesin diesel yang penjualannya dilakukan di Eropa.

Generasi keempat dari Honda CR-V dihadirkan pada tahun 2011 yang menggunakan mesin sama dengan generasi sebelumnya. Hanya saja tenaga yang dimiliki lebih besar yakni 185 Hp. Namun mobil tersebut dihadirkan di Orange County International Auto Show sebagai mobil konsep.

Selain soal arti nama Honda CR-V, generasi mobil tersebut hadir pada tahun 2016 dengan membawa kapasitas 7 penumpang yang jadi pertama kalinya. Mesinnya adalah 2.4 Liter yang sudah dibekali dengan Earth Dreams Technology yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 184 Hp. Selain itu, ada pula varian lain yang mempunyai tenaga 190 Hp yakni varian mesin 1.5L Turbo VTEC.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan mobil Honda CR-V generasi kedua tampil depan dan samping kananGambar ini menunjukkan bagian depan dan samping kanan Honda CR-V Gambar ini menunjukkan mobil Honda CR- V  tampak depan dan samping kananGambar ini menunujukkan mobil mobil Honda CR-V tampak depan dan samping kanan

Mobil Honda CR-V generasi kedua sampai kelima

Barulah mobil Honda CR-V pada tahun 2020 dihadirkan di Beijing International Exhibition 2020. Mobil yang ditampilkan adalah CR-V PHEV yang sudah mengandalkan sistem Hybrid Plug-in. Yang mana mesinnya menggunakan 2 buah mesin Hybrid dari Honda yakni SPORT HYBRID i-MMD. Rencananya pada tahun 2021 mobil tersebut akan dijual di pasar otomotif China.

Selain masalah arti nama Honda CR-V, mobil tersebut datang ke Indonesia pada tahun 2000. Untuk penjualannya mencapai 217.099 unit dan secara total di bulan September kembali mengalami kenaikan sebesar 20% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International