Acoustic Meta-Material, Komponen Kedap Suara Kabin Mobil Yang Diciptakan Nissan

09/01/2020| Abdul

Kekedapan kabin adalah salah satu kemampuan kabin dalam menjaga suara dari luar agar tidak masuk ke dalam kabin. Bahkan saat membeli mobil hal tersebut menjadi salah satu pertimbangannya. Pada umumnya jika kabin mobil masih terlalu bising maka akan memasang peredam pada beberapa sisi mobil seperti pintu, lantai dan bagian lainnya. Dikabarkan bahwa Nissan menciptakan komponen kedap suara.

Gambar ini  menunjukkan ilustrasi kkomponen kedap suara Nissan

Acoustic Meta-Material tidak menambah bobot kendaraan

>>> Baca Juga, Tips Mudah Membuat kabin Mobil tetap wangi Dan Tahan Lama

Berkaitan dengan hal tersebut seperti dilansir dari laman Carscoops pada 8 Agustus 2020. Jadi untuk bahan yang dipakai untuk membuat komponen tersebut disebut dengan nama Acoustic Meta-Material. Yang mana fungsinya adalah membuat keheningan kabin meningkat namun tidak perlu membuat bobot mobil bertambah.

Apabila dilihat dari segi bentuknya, asal dari Acoustic Meta-Material adalah plastik film yang bentuknya segi empat. Dengan menggunakan material tersebut maka getaran udara akan dikontrol kemudian akan membatasi beragam gelombang suara. Adapun gelombang suara tersebut bisa berupa kebisingan jalan, mesin ataupun suara lain dari luar kendaraan.

Komponen kedap suara yang diciptakan oleh Nissan tersebut bahan dasarnya adalah plastik. Dari pihak Nissan mempunyai harapan bahwa kabin mobil bisa lebih senyap namun tanpa perlu ada yang dikorbankan seperti efisiensi bahan bakar. Hanya saja soal penerapannya apakah akan diberikan pada modelnya atau tidak masih belum diketahui karena belum ada penjelasan dari pihak Nissan.

Kalau soal material kedap suara sebenarnya bukanlah suatu hal yang baru. Pada umumnya untuk saat ini material yang dipakai adalah karet, hanya saja penggunaan material tersebut dapat berpengaruh pada bobot mobil sehingga merambah ke masalah konsumsi bahan bakar.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan salah satu mobil Nissan melaju di jalan

Komponen kedap suara dari Nissan tersebut masih belum pasti diterapkan pada modelnya atau tidak

Komponen kedap suara dari Nissan yang disebut dengan nama Acoustic Meta-Material pengenalannya dilakukan pada saat acara Consumer Electronics Show (CES) 2020. Untuk lokasi gelaran tersebut berada di Las Vegas Amerika Serikat pada bulan Januari 2020.

Sebagai tambahan, kelebihan yang didapatkan jika ditambahkan peredam mobil adalah mobil akan semakin nyaman. Selain itu, suara audio di dalam mobil jadi lebih jelas. Sedangkan untuk pemasangan pada lantai mobil bisa mengurangi suara yang dihasilkan oleh ban mobil.

>>> Beragam berita informasi dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International