Siap Meluncur di GIIAS 2019, Ini Target Suzuki Jimny

17/06/2019 | Fat

Di akhir Mei lalu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyampaikan informasi penting terkait peluncuran Suzuki Jimny di Indonesia. Donny Saputra selaku Direktur Pemasaran 4W PT SIS menuturkan Jimny bakal meluncur di pameran mobil besar yang diselenggarakan usai Lebaran 2019. "Kita akan launching Jimny dalam waktu dekat, setelah lebaran di event besar di bulan Juli. Kira-kira begitu. Tapi saya tidak bilang acaranya apa ya," tutur Donny di acara buka bersama, Kamis (24/5/2019).

Gambar menunjukkan Suzuki Jimny saat di pameran IIMS 2019

Suzuki Jimny digadang kehadirannya di Indonesia

Meski tidak menyebut nama pamerannya, bisa ditebak kalau pameran itu adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang bakal diselenggarakan pada 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD, Tangerang, Banten.

Indikasi kuat lainnya, Suzuki Jimny yang juga hadir menggoda pengunjung pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 JIExpo Kemayoran akhir April lalu sudah bisa dipesan. Bahkan menurut klaim SIS, hingga saat ini Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang masuk sudah mencapai ratusan unit dengan profesi pembeli yang beragam. Donny menjelaskan rata-rata mereka adalah yang memiliki kenangan tersendiri dengan Suzuki Jimny di masa lalu. "Profesinya beragam, tetapi lebih kepada yang punya kenangan dengan Jimny," tutur Donny belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Target penjualan Suzuki Jimny

Seperti umumnya mobil terbaru saat diluncurkan, muncul pertanyaan berapa target penjualan yang dicanangkan SIS untuk Suzuki Jimny ini mengingat segmentasinya yang cukup terbatas bahkan cenderung spesifik. Donny menuturkan tidak ada target khusus berapa angka yang ingin dicapai. "Kami tidak ada kuota, jadi permintaan konsumen akan kami penuhi, tetapi menyesuaikan juga dengan kondisi di Jepang, karena model ini juga cukup laris di Jepang," ujar Donny.

>>> Tak Bisa Sembunyi Lagi, Suzuki Jimny Segera Hadir di Indonesia?

Tampilan Suzuki Jimny di pameran otomotif Cars@Expo 201 Singapura, menggoda pengunjung

Suzuki Jimny dijual di Singapura dengan harga Rp 1,2 miliar

Begitu pula dengan banderol harga Suzuki Jimny terbaru ini, Donny juga masih enggan untuk mengungkap. Kabar yang beredar mobil legendaris ini bakal tersedia dalam empat varian dan dua pilihan transmisi, matik dan manual. Sedangkan untuk harganya, diperkirakan Jimny MT dibanderol Rp 315,5 juta, Jimny AT Rp 328 juta, Jimny MT two tone Rp 317,5 juta dan Jimny AT two tone Rp 330 juta.

Seperti diketahui Suzuki Jimny terbaru atau generasi keempat merupakan penerus dari generasi sebelumnya dengan jeda sekitar 20 tahun. Diperkenalkan di Jepang pada 5 Juli 2018 dengan status All New perubahan yang diusung benar-benar drastis. Kini lebih modern dan tampak tegas dengan sudut-sudut tajam di banyak bagian. Bagian interiornya juga demikian, sangat modern dibanding generasi sebelumnya.

>>> Mungkin Anda tertarik: Review Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019: Mobil MPV Keluarga Tampilan Sporty

Untuk performa All New Jimny menggunakan penggerak roda 4WD serta dibekali mesin K15B 4 Silinder Segaris 16 Katup dengan kapasitas silinder 1.462 cc. Dengan mesin tersebut tenaga maksimum dihasilkan sebesar 75 kW (100,5 Hp) / 6.000 Rpm dan torsi maksimum sebesar 130 Nm / 4.000 Rpm. Untuk transmisi terdapat dua pilihan yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Mobil legendaris ini sudah dijual di banyak negara di dunia, termasuk di Asia Tenggara seperti Thailand dan Singapura. Di kedua negara tersebut Suzuki Jimny dibanderol dengan harga cukup mahal. Di Thailand harga Suzuki Jimny mulai 1.550.000 bath atau setara Rp 690 jutaan hingga 1.680.000 bath atau setara Rp 750 jutaan. Sedangkan di Singapura Suzuki Jimny resmi diluncurkan di pameran The Cars@Expo 2019 di Singapore Expo Halls 4 and 5, 27 April 2019 lalu dijual dengan harga $114,100 atau setara Rp 1,2 miliar jika dikonversi ke mata uang Indonesia.

>>> Benarkah Suzuki Siapkan Mobil Baru MPV Dengan Sentuhan SUV?

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik