Review Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019: Mobil MPV Keluarga Tampilan Sporty

13/04/2019 Abdul Review Suzuki

Suzuki menggebrak pasar otomotif di Indonesia dengan mengeluarkan produk terbarunya yakni Suzuki Ertiga Sport. Sebelumnya pada bulan Februari Ertiga Facelift telah diluncurkan oleh pihak PT SIS (Suzuki Indomobil Sales). Akan tetapi sebulan kemudian pihaknya menghadirkan Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019.

1. PENGANTAR SUZUKI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Review Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019 - Di tahun 2019 pertarungan mobil dalam segmen MPV semakin ketat. Hal tersebut terbukti dengan kehadiran beberapa mobil terbaru dalam kategori facelift seperti Avanza, Mobilio dan juga Ertiga. Melihat adanya peluang, dari pihak Suzuki kemudian menghadirkan Suzuki Ertiga Sport untuk dijadikan mobil keluarga muda yang menyukai gaya sporty. Untuk mobil tersebut menjadi varian tertinggi.

Untuk perubahan yang dilakukan lebih fokus pada bagian eksterior dan juga interiornya. Meskipun pada varian otomatis telah terdapat beberapa tambahan fitur yang tergolong baru. Tentunya dengan kehadiran beberapa mobil tersebut akan semakin ketat persaingan dalam segmen MPV dan memberikan banyak pilihan bagi para konsumennya.

2. EKSTERIOR SUZUKI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Desain eksterior Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019 ini tentunya lebih menarik dibandingkan versi facelift. Mengingat kendaraan ini ditujukan untuk keluarga muda yang menyukai tampilan sporty.

Review Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019

Bagian depan terdapat beberapa pembaruan

Pada bagian depan menggunakan Lower Grille dan Front Upper yang menggunakan aksen krom. Dengan begitu tampilannya menjadi lebih memancarkan aura kemewahan. Di bagian grille sendiri juga diberikan motif dengan desain yang berbeda dibandingkan varian GX. Selain itu adanya warna hitam membuatnya tampak lebih eksklusif.

Di bagian bawah bumper Suzuki Ertiga Sport telah diberikan Day-Time Running Light (DRL) LED yang menggunakan motif layaknya bumerang di bagian kiri dan kanannya. Menariknya lagi adalah pihak Suzuki memberikan Front Under Spoiler dengan memakai aksen warna silver di bagian tengah serta sisi kanan kiri dan berpadu dengan warna hitam sehingga tampilannya lebih sporty.

>>> Lihat Juga, Review Suzuki Ertiga Facelift 2019: Pembaruan Dilakukan Di Beberapa Bagian

Review Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan mobil Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019 warna putih tampak samping kanan dan depan

Tampilan lebih sporty berkat beberapa hal baru yang diberikan

Di bagian samping terlihat banyak perubahan yang diberikan pada Suzuki Ertiga Sport. Hal tersebut terlihat dari penggunaan pelek  yang motifnya berbeda dengan varian GX. Peleknya ini mengandalkan motif two tone dengan dominasi warna krom dan berukuran 15 inci. Perubahan lain di bagian samping terletak pada Side Under Spoiler yang dibuat sepaket dengan body kit khusus. Selain itu, tepat di bagian belakangnya terdapat emblem sebagai penanda bahwa mobil ini adalah varian tertinggi yakni emblem Suzuki Sport.

Review Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Mobil Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019

Terdapat spoiler di bagian atas dan bawah

Menuju ke sektor buritan dari Suzuki Ertiga Sport. Yang mana jika dilihat sekilas memang terlihat sama dengan barian GX. Akan tetapi apabila lebih diperhatikan akan nampak tambahan aksesori baru yang berupa Upper Spoiler yang membuatnya tampak lebih sporty. Tidak hanya  untuk bagian atas, spoiler bagian bawah juga diberikan yang posisinya di bawah bumper. Terdapat pula tambahan kamera belakang yang diberikan oleh SIS, sedangkan pada bagian lampu masih sama dengan yang dipakai Ertiga GX.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR SUZUKI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Review Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019: Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil milik Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019

Dashboard dan kemudi tampak mewah dengan aksen kayu yang diberikan

Untuk bagian interior terdapat warna hitam yang mendominasi sehingga tampak lebih sporty. Aksen warna tersebut juga terdapat pada bagian dashboard dan kemudi mobil. Walaupun dari segi desain tidak terlalu banyak perbedaan dengan varian GX, akan tetapi berkat penggunaan warna tersebut menjadi tidak mudah kotor.

Selain itu, kesan kemewahan juga coba dipancarkan dengan memberikan motif kayu gelap yang diberikan pada bagian dashboard. Desainnya seolah-olah menyambung ke bagian door trim. Jadi pada mobil low MPV masa kini jarang ada yang menggunakan motif kayu tersebut. Memang ada yang menyebutkan bahwa motif kayu menjadikan kendaraan terlihat tua, namun tidak semuanya bilang begitu. Menurut kami, penggunaan motif kayu tersebut membuat mobil Suzuki Ertiga Sport tampak eksklusif dan memancarkan aura kemewahan.

Untuk bagian kemudi terasa ada yang kurang, karena pada bagian ini hanya tersedia beberapa tombol yang dapat digunakan untuk mengatur sistem audio dan MID. Sementara untuk fitur lain seperti sensor parkir, kontrol traksi dan DRL ditempatkan di balik kemudi di dashboard bagian kanan.

Review Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019: Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan Jok Mobil milik Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019

Jok nyaman dengan busa tebal yang menggunakan bahan fabric

Berkaitan dengan kapasitas penumpang, mobil besutan Suzuki ini mampu menampung 7 orang. Untuk wheelbasenya adalah 2.740 mm yang membuat ruang kaki setiap baris jok terbilang akomodatif. Jok yang digunakan mempunyai busa yang tebal sehingga saat diduduki akan terasa nyaman. Akan tetapi untuk bahan yang digunakan masih fabric sehingga saat terdapat noda lebih mudah meninggalkan bekas. Memang sangat disayangkan, mengingat mobil Low MPV ini merupakan varian tertinggi dan pantas menggunakan bahan kulit.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR SUZUKI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Fitur mempunyai pengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan berkendara. Bagaimana tidak? dengan adanya fitur mumpuni bisa memberikan kemudahan pada pengendara dalam mendukung pengendalian serta hiburan selama perjalanan menggunakan mobil yang dimiliki.

Review Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019: Fitur Berkendara

Pada Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019 telah diberikan fitur Electronic Stability Program (PSP). Yang mana fitur ini mempunyai banyak peminat, pasalnya dengan adanya fitur tersebut dapat membuat pengendalian mobil lebih stabil, terutama saat bermanuver ketika laju mobil cukup tinggi. Pada baris pertama dan kedua terdapat fitur Assist Grip Foldable, sedangkan untuk baris ketiga diberikan Fixed Assist Grip yang mendukung kenyamanan penumpang ketika sedang melaju di jalanan yang kurang baik.

Fitur lainnya yang tidak kalah penting adalah adanya ABS, EBD dan juga kontrol traksi. Dengan adanya fitur tersebut dapat memberikan keamanan selama menggunakan mobil Suzuki Ertiga Sport.

>>> Liha iuga, Review Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019 : Varian Baru Dengan Tampilan Sporty

Gambar ini menunjukkan fitur audio pada head unit mobil Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019

Fitur hiburan mendukung kenyamanan berkendara

Review Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019: Fitur Kenyamanan

Untuk memberikan hiburan pada pengendara, dari pihak Suzuki memasangkan head unit dengan layar sentuh ukuran 6,8 inci. Terdapat pula fitur koneksi bluetooth yang dapat dihubungkan dengan smartphone yang dimiliki. Untuk head unitnya memiliki menu yang terbilang standar seperti Radio (AM/FM), pemutar musik yang dapat terhubung melalui Aux-in, Slot USB dan Bluetooth.

>>>  Lihat Juga, Suzuki Filipina Luncurkan Ertiga Black Edition, Kapan Untuk Indonesia?

5. OPERASI SUZUKI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Gambar ini menunjukkan mesin Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019

Mesin yang dipakai masih sama dengan varian GX

Berlanjut ke bagian performa Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019. Yang mana untuk mesinnya mengandalkan K15B dengan teknologi DOHC VVT yang mempunyai kapasitas 1.462 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 104.7 Ps /6.000 Rpm dan torsi puncaknya mencapai 138 Nm/4.400 rpm. Terdapat dua pilihan transmisi yaitu 5 percepatan untuk manual dan 4 percepatan untuk yang otomatis.

>>> Mungkin Tertarik:

6. SPESIFIKASI SUZUKI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

DIMENSI

Panjang

4.470 mm

Lebar

1.735 mm

Tinggi

1.690 mm

Wheelbase

2.740 mm

MESIN

Tipe Mesin

K15B, DOHC, VVT

Isi Silinder

1.462 cc

Tenaga Maksimum

104,7 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

138 Nm / 4.400 rpm

Transmisi

Manual 5-peercepatan / Otomatis 4-percepatan

KAKI-KAKI

Rem Depan / Belakang

Disc Brake / Drum

Velg

185/65 R15

>>> Baca Juga, Ertiga Suzuki Sport Diluncurkan, Target Penjualan Dinaikkan 20 Persen

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki desain yang berbeda dengan varian GX

Jok menggunakan bahan fabric

Warna kabin hitam membuat tidak mudah kotor

Tidak terdapat mode brkendara seperti ECO atau Sport

Adanya titur ESP dan HHC untuk varian otomatis

 

8. DAFTAR HARGA SUZUKI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Dari segi harga Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019 terbilang terjangkau. Antara varian otomatis dan manual hanya terpaut Rp. 10  jutaan.

VARIAN

HARGA

Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019 M/T

Rp 241.000.000

Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019 A/T

Rp 251.500.000

Nb.

  • Harga on the Road Jakarta April 2019
  • Harga tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu

9. VIDEO SUZUKI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

10. KESIMPULAN SUZUKI ALL NEW ERTIGA SUZUKI SPORT 2019

Pada tahun 2019 ini menjadi persaingan ketat di segmen Low MPV. Dengan hadirnya beberapa mobil terbaru membuat pasar ini menjadi semakin nangkring dan mendapat banyak perhatian. Dengan begitu langkah PT SIS untuk menghadirkan varian baru menjadi salah satu langkah yang tepat. Hadirnya Suzuki All New Ertiga Suzuki Sport 2019 menjadi tambahan bagi masyarakat untuk dipilih sebagai mobil keluarga.

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Mungkin anda ingin baca

  • Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018
    Review Daihatsu Fatchur Sag

    Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018

    05/05/2019

    Salah satu mobil SUV yang populer dan diminati oleh para pecinta mobil di Indonesia adalah Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018. Lalu apa yang Anda pikirkan ketika melihat mobil Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 di jalanan? Anda pasti berpikir mobil ini memiliki kesan lebar, gagah, dan luas serta mendominasi benak Anda. Untuk lebih jelasnya, mari simak review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 berikut ini.

  • Review New Honda BR-V 2019
    Review Honda Arfian Alamsyah

    Review New Honda BR-V 2019

    04/05/2019

    Seakan tak ingin ketinggalan dengan rival-rivalnya yang semakin dewasa dan modern, PT Honda Prospect Motor meluncurkan New Honda BR-V 2019 di ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019.

  • Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Mobil Balap Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

    Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Mobil Balap Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

    28/04/2019

    Mobil terbagi dalam beberapa kelas yang memiliki kelebihan sendiri-sendiri, salah satunya adalah kelas GT4. Untuk meramaikan persaingan kelas tersebut, dari pihak TGR (Toyota Gazoo Racing) ikut menghadirkan mobil dalam varian balap yang merupakan generasi Supra teranyarnya yaitu Toyota GR Supra GT4 Concept 2019. Lantas bagaimana spesifikasi dan juga tampilan yang dimiliki, mari kita simak ulasannya.