Nissan GT-R50: Perayaan Gabungan Setengah Abad Nissan GT-R Dan Italdesign

29/06/2018 | Aditya P Siregar

Tahun 2019 akan menjadi perayaan ulang tahun ke-50 sports car ikonik Nissan GT-R. Mengawali siklusnya sebagai varian performa tinggi sedan Nissan Skyline, sebelum akhirnya “memisahkah diri” menjadi model tersendiri mulai 2007. Dan sebagaimana tradisi pabrikan dunia, tentu tak ada cara lebih spesial untuk merayakannya dengan cara membuat model khusus dinamai Nissan GT-R50.

gambar menunjukan sebuah mobil Nissan Skyline GT-R berwarna orange sedang diparkir

Nissan Skyline GT-R mengaspal perdana pada 1969 pada generasi C10

Menyambut angka spesial ini, Nissan tentu tak mau main-main. Nissan tak mau merayakan anniversary sang legenda dengan cara begitu saja, apalagi sekadar memperkenalkan model edisi khusus. Harus membuat yang benar-benar baru.

Bagai pucuk dicinta ulam tiba, tahun ini rupanya juga menandai ulang tahun ke-50 rumah desain ternama Italdesign. Sebuah kolaborasi brilian pun dicetuskan, mengapa tidak membuat mobil istimewa rancangan Italdesign yang berbasis Nissan GT-R R35. Nissan GT-R50 by Italdesign pun lahir. Semakin istimewa karena inilah kali pertama keduanya berkolaborasi.

>>> Daftar mobil Nissan dijual dengan harga murah, jangan abaikannya

gambar menunjukan sebuah mobil Nissan GT R35 berwarna hitam sangat canggih

Render eksterior Nissan GT-R50 By Italdesign

“Kapan lagi kita bisa membuat GT-R tanpa batasan dan membuatnya?” sebut Alfonso Albaisa, senior VP Nissan global design. “Inilah kesempatan langka ketika dua momen istimewa terjadi berbaregan. Dan untuk merayakan konvergensi ini, Nissan dan Italdesign membuat custom GT-R sebagai tanda keunggulan engineering diantara keduanya.”

Mobil dikembangkan, direkayasa dan dibuat oleh Italdesign. Dengan tim di Nissan Design Europe dan Nissan Design America merancang desain eksterior dan interior. Hasilnya, sosok mempesona yang terlihat berbeda dengan R35, tetapi bisa dikenali dengan mudah sebagai Nissan GT-R.

>>> Mungkin Anda tertarik, Inilah review berbagai mobil merek Nissan yang ditawarkan oleh Cintamobil.com

gambar menunjukan interior dalam sebuah mobil Nissan GT-R50

Render interior Nissan GT-R50 By Italdesign

Tidak hanya bodi, performa pun juga dibuat istimewa. Mesin V6 VR38DETT milik Nissan GT-R dikilik dengan komponen hasil pengembangan versi GT3 di arena balap sehingga mampu memuntahkan daya 720 dk dan torsi 780 Nm. Dipasangkan dengan girboks 6-speed sequential dan sistem penggerak empat roda ATTESA E-TS.

Rencananya Nissan GT-R50 by Italdesign akan diluncurkan di Eropa bulan depan. Belum jelas apakah akan masuk jalur produksi, atau dijual secara terbatas.

>>> Bosan dengan mobil kamu, jual saja di cintamobil.com dan dapatkan harga yang menguntungkan!

gambar menunjukan sebuah mobil Nissan GT-R35 berwarna orange sedang diparkir di jalan

Seperti ini penampilan model terbaru Nissan GT-R R35

Diluncurkan perdana di Tokyo Motor Show 11 tahun silam, hingga kini generasi terbaru Nissan GT-R berkode R35 belum juga menunjukkan tanda-tanda penggantian model. Dengan segala pembaruannya, sang “Godzilla” masih dianggap sakti menghadapi rival-rivalnya sesama Jepang, bahkan Eropa. Sempat muncul isu bahwa generasi mendatang GT-R akan mengadopsi penampilan ala konsep Nissan Vision Gran Turismo 2020.

>>>  Terus ikuti perkembangan berita mobil terupdate di Mobilmo.com

Berita sama topik