Harapan Besar Isuzu Dan Hino Di Tahun 2018

02/01/2018 Mobilmo.com Mobil baru

Hasil positif tahun 2017 (Januari - November) dicatatkan hampir semua merek yang bermain di segmen komersial. Para Agen Pemegang Merek (APM) yang bermain di segmen ini seperti Hino dan Isuzu berharap trend positif ini berlanjut di tahun 2018 walaupun muncul kekhawatiran terutama yang berkaitan dengan kondisi politik di tanah air.

Hasil positif tahun 2017 (Januari - November) dicatatkan hampir semua merek yang bermain di segmen komersial. Para Agen Pemegang Merek (APM) yang bermain di segmen ini seperti Hino dan Isuzu berharap trend positif ini berlanjut di tahun 2018 walaupun muncul kekhawatiran terutama yang berkaitan dengan kondisi politik di tanah air. Data pengiriman kendaraan (wholesales) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) diketahui rata-rata segmen komersial mengalami kenaikan cukup besar. Di kelas bus dan truk ada pertumbuhan sebesar 48,60 persen dibanding tahun 2016 lalu. Lalu di kelas heavy truck ada lonjakan penjualan mencapai 78,19 persen.

Menurut Direktur Penjualan dan Promosi PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Santiko Wardoyo hasil menggembirakan itu tak lepas dari membaiknya beberapa sektor industri di tanah air seperti pertambangan, perkebunan, kargo serta proyek-proyek infrastruktur. “Menurut saya, karena saya lihat semua sektor tumbuh, yang paling bagus infrastruktur kemudian mining. Selain dua itu sektor lain juga membaik, seperti sawit lalu kargo,” kata Santiko kepada media otomotif nasional, Jumat (29/12/2017) lalu. Senada dengan yang dikatakan Santiko, Vice President Director Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Ernando Demily juga menyampaikan, faktor paling berperan dalam kenaikan penjualan mobil segmen komersial adalah kebijakan pemerintah mengalihkan subsidi dari sektor energi ke sektor infrastruktur di seluruh Indonesia. Baru kemudian membaiknya industri pertambangan dan agribisnis seperti minyak kelapa sawit dan batu bara.

“Seperti yang kita ketahui kalau pemerintah telah mencanangkan lebih dari 200 proyek strategis nasional, yang ditargetkan selesai dalam jangka waktu pendek. Tujuannya tujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia,” tutur Ernando. “Kemudian, kita juga melihat harga komoditas di sektor pertambangan dan agribisnis yang semakin membaik (batubara dan minyak kelapa sawit). Jadi mesin penggerak pertumbuhan untuk segmen komersial di tahun ini adalah adalah infrastruktur, pertambangan, dan agribisnis,” sambungnya. Harapan tahun 2018

Melihat trend yang menguat di paruh kedua tahun 2017, Ernando dan Hino berharap bisa terus berlanjut pada tahun 2018 meski di tahun itu ada potensi naiknya suhu politik tanah air, mengingat tahun 2018 adalah tahun akselarasi pemerintahan Jokowi disamping persiapan tahun politik tahun 2019. “Pada 2018 akan menjadi tahun akselerasi pemerintahan Jokowi. Namun disatu sisi, juga akan ada political turbulence seiring memanasnya situasi menjelang pemilu 2019,” ucap Ernando.

Mungkin anda ingin baca

  • Mobil SUV Peugeot 5008 Dikabarkan Siap Masuk Ke Indonesia, Apa Keistimewaannya?
    Mobil baru Abdul

    Mobil SUV Peugeot 5008 Dikabarkan Siap Masuk Ke Indonesia, Apa Keistimewaannya?

    24/06/2019

    Peugeot merupakan salah satu pabrikan mobil asal Prancis dengan beragam produk yang ditawarkan. Bahkan baru-baru ini pihaknya telah melakukan persiapan untuk memboyong mobil SUV terbarunya ke Indonesia. Adapun mobil tersebut adalah Peugeot 5008, yang mana nantinya akan melakukan persaingan dengan Honda CR-V karena berada di kelas yang sama.

  • Renault Triber 2019 Diklaim Punya Kenyamanan Dan Keamanan Tertinggi
    Mobil baru Fatchur Sag

    Renault Triber 2019 Diklaim Punya Kenyamanan Dan Keamanan Tertinggi

    24/06/2019

    Renault memulai debutnya di segmen small MPV tahun ini dengan meluncurkan Renault Triber di India. Model ini juga bakal diluncurkan di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia yang kedatangannya di GIIAS 2019 tinggal menunggu waktu. Lantas apa yang jadi andalan Triber sehingga diklaim sebagai small MPV dengan kenyamanan dan keamanan tertinggi?

  • Menarik, Fitur Parkir Otomatis Tengah Dikembangkan Oleh Pihak Toyota
    Mobil baru Abdul

    Menarik, Fitur Parkir Otomatis Tengah Dikembangkan Oleh Pihak Toyota

    23/06/2019

    Semakin kesini perkembangan teknologi semakin maju. Banyak fitur pada kendaraan yang mulai dikembangkan supaya dapat mempermudah pengendara dalam pengoperasian. Bahkan dalam hal ini beberapa pabrikan melakukan inovasi sehingga tercipta fitur yang sangat menarik. Salah satunya adalah fitur parkir otomatis dari Toyota.