Waspada, Ini Perbedaan Toyota Limo Dan Vios Yang Perlu Diketahui

18/06/2020 | Abdul

Mobil eks taksi menjadi salah satu kendaraan yang banyak diminati karena harganya yang terjangkau. Memang kadang sering dicap negatif tapi peminatnya cukup banyak. Hal tersebut tidak terlepas dari harganya yang sangat terjangkau dan kondisinya cukup baik. Salah satu mobil eks taksi yang mempunyai banyak peminat adalah Toyota Limo yang merupakan kembaran dari Toyota Vios. Namun yang dikhawatirkan adalah penjual mobkas menjual Limo dengan harga Vios. Oleh sebab itu mengetahui perbedaan Toyota Limo dan Vios diperlukan.

Umumnya para operator taksi hanya memakai kendaraannya dalam waktu 5 tahun, kemudian dilanjutkan dengan peremajaan armada. Mobil bekasnya inilah yang dijual ke publik dengan masih menggunakan plat kuning, namun bila ingin digunakan pribadi bisa menggantinya dengan nama pribadi dan plat hitam. Untuk memiliki mobil bekas taksi cukup menyiapkan dana yang terjangkau yaitu sekitar Rp. 45 juta sampai Rp. 80 jutaan. Biaya tersebut ternyata sudah plus pengecatan ulang dengan warna sesuai keinginan pelanggan dan balik nama atas nama pembeli.

Berikut ini beberapa perbedaan Toyota Limo dan Vios supaya tidak tertipu saat ingin membeli.

1. Bagian Odometer

Gambar ini menunjukkan Odometer pada mobil

Mobil eks taksi umumnya punya kilometer yang banyak

Adapun hal pertama yang perlu diperhatikan untuk membedakan Toyota Limo dan Vios adalah melihat odometer yang dimiliki. Apabila mobil bekas yang diincar mempunyai kilometer yang tinggi tapi usianya belum tua maka perlu diwaspadai. Hal tersebut dikarenakan bisa saja mobil tersebut adalah Limo. Karena sebagai mobil taksi tentu lebih banyak berjalan, sangat berbeda dengan mobil pribadi. Hanya saja, untuk odometernya bisa saja direset oleh penjual yang berniat curang. Oleh sebab itu lebih hati-hati ya agar tidak tertipu.

>>> Baca Juga, Harga Mobil Bekas Turun Saat Covid-19, Tapi Ada Yang Stabil Cenderung Naik

2. Memperhatikan Rem Belakang Mobil

Gambar ini menunjukkan sisi belakang Toyota Limo

Toyota Limo menggunakan rem belakang tromol

Selanjutnya adalah memperhatikan rem belakang. Untuk Toyota Vios, pada bagian roda depan dan belakang dibekali dengan sistem pengereman model disc brake. Sementara untuk Toyota Limo rem belakang masih tromol. Jadi bila penjual mengatakan mobil Toyota Vios namun rem belakang adalah cakram maka sebagai pembeli patut curiga bahwa mobil tersebut adalah Limo eks taksi.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

3. Hanya Menggunakan Transmisi Manual

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi mobil Toyota Limo

Hanya tersedia transmisi manual pada Toyota Limo

Perbedaan Toyota Limo dan Vios selanjutnya adalah bagian transmisi mobil. Pada Toyota Limo hanya menggunakan sistem transmisi manual saja. Berbeda dengan Vios yang sudah dibekali dengan sistem transmisi manual dan otomatis. Bahkan bagian ini menjadi yang sulit diakali, karena untuk biayanya cukup besar apabila ingin melakukan kecurangan.

>>> Lihat Juga, Mau Beli Mobil, Kenali Perbedaan DP dan TDP

4. Lampu Pada Mobil

Gambar ini menunjukkan Toyota Vios warna merah

Toyota Vios telah dibekali dengan fog lamp

Perbedaan lainnya adalah pada bagian lampunya. Pada Toyota Vios telah dibekali dengan fog lamp dan juga lampu sein pada spion luar telah LED. Sedangkan pada Limo tidak memiliki keduanya. Namun pemilik Toyota Limo kebanyakan melakukan upgrade tersebut sehingga akan sulit dalam membedakannya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. Memperhatikan Bagian Audio Steering Switch Dan Power Windows

gambar ini menunjukkan pintu bagian dalam mobil Toyota Vios

Power pindow asli dipasang pabrikan tampak begitu rapi

Fitur yang dimiliki oleh Vios terbilang lengkap seperti adanya audio steering switch dan electric power window, sedangkan pada Limo belum disediakan. Meskipun begitu, tidak jarang produk aftermarket yang dapat dipasangkan pada Limo. Oleh sebab itulah lihat pada power windows, apakah ada bekas pemasangan atau tidak. Jika ternyata tidak rapi maka menandakan bahwa pemasangan dilakukan optional dan bukan pabrikan yang memasangnya.

6. Melakukan Pengecekan Pada STNK dan BPKB

Adapun perbedaan Toyota Limo dan Vios terakhir adalah dengan melihat BPKB dan STNK nya. Meskipun mobil telah diubah sampai seperti Vios, namun dalam STNK dan BPKB keterangan yang tercetak akan tetap Toyota Lmo. Mengingat dokumen tersebut bersamaan dengan pertama kali mobil dikeluarkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 15/06/2020 | Abdul

    Pilihan Mobil Wuling Di Indonesia, Total Ada 14 Tipe Lho

    Wuling merupakan salah satu pabrikan mobil asal China yang masih tergolong baru berkiprah di Indonesia. Bahkan baru-baru ini telah dilakukan perayaan 1000 tahun Wuling berada di Indonesia. Untuk kali ini kamiu memberikan informasi mengenai pilihan mobil wuling dan harga yang ditawarkan.

  • 13/05/2020 | Fatchur Sag

    Biar Cepat Laku Menjual Mobil Saat Ini, Perhatikan Hal Berikut!

    Kebutuhan terkadang memaksa orang menjual mobil untuk segera mendapatkan uang. So, buat kamu yang mau jual mobil saat ini, perhatikan hal berikut agar cepat laku dengan harga tinggi!

  • 13/04/2020 | Abdul

    Ingin Beli Mobil Second, Cek Asuransi Mobil Bekas Terlebih Dahulu

    Mobil bekas menjadi salah satu pilihan bagi seseorang yang budgetnya pas-pasan. Hal tersebut tidak masalah, asalkan memilih dengan benar maka bisa mendapatkan mobil dengan kondisi yang baik. Salah satu yang juga perlu dicek adalah asuransi mobil bekas.