Tips Aman Membeli Mobil Dengan Cara Over Kredit

19/12/2019| Fatchur Sag

Menjamurnya sistem pembelian mobil secara kredit memunculkan satu perilaku yaitu mengambil alih kredit dari pihak pertama lalu meneruskannya hingga lunas. Membeli mobil dengan cara over kredit macam ini jadi alternatif memiliki mobil bekas pakai orang lain tanpa harus memulai proses kredit dari nol.

Foto menunjukkan dua orang sedang membaca brosur mobil baru

70 persen pembelian mobil di Indonesia dilakukan secara kredit

Kelihatannya mudah dan hanya butuh kesepatakan antara pihak pertama (penjual) dengan pihak kedua (pembeli) yang mengambil alih kredit. Namun tak sesederhana itu, menjual atau membeli mobil dengan cara over kredit perlu memperhatikan banyak hal agar di kemudian hari tidak menjumpai masalah.

>>> Jangan Panik! Begini Solusi Kredit Mobil Baru Yang Macet

Direktur Operasional BCA Finance, Sugito Lie, menuturkan membeli mobil over kredit sebaiknya dilakukan secara resmi dengan sepengetahuan leasing. Maksudnya agar semua pihak sama-sama tahu kalau mobil beserta tanggung jawab angsuran berpindah tangan. Jika tidak dilakukan secara resmi, pihak leasing tahunya mobil masih milik pihak pertama. Saat lunas dan pembeli ingin mengambil BPKB, pihak leasing tidak akan menyerahkan sebab nama yang teregistrasi bukan nama pihak pembeli (pihak kedua). Meski berkilah bagaimanapun pihak leasing tidak akan menyerahkan BPKB, kecuali kepada pihak pertama (penjual).

Foto menunjukkan seorang sedang merenung memikirkan kondisi finansialnya

Kondisi finansial menurun menyebabkan orang gagal membayar angsuran kredit

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

"Nggak boleh misalnya, pemilik pertama langsung bilang: 'Ini nih BPKB sisa, kamu lunasin aja kredit'. Nah ini akan berisiko," tutur Sugito, seperti dikutip dari Detik, (15/12/2019). "Terus tiba-tiba pemilik baru ini mau ambil BPKB, tentu bagi kita lembaga pembiayaan kan ingin proteksi konsumen ya. Kita nggak mungkin serahkan, karena di tempat kita otomatis nama yang tertera masih pemilik yang pertama," jelasnya.

So, hanya cara tersebut di atas untuk aman membeli mobil dengan cara over kredit dari orang lain. Sedangkan cara yang lain adalah formalitas sebagaimana pengajuan kredit mobil baru. Ada dokumen yang harus dilengkapi oleh pihak pembeli sebagai syarat, lalu survei lapangan untuk mengetahui apakah pembeli layak menerima limpahan tanggung jawab kredit atau tidak.

Sedangkan untuk harga pembelian, pihak leasing tidak ikut campur. Pihak penjual dan pembeli over kredit harus sepakat terlebih dahulu soal harga, baru pihak leasing yang menyelesaikan proses administrasinya.

>>> Mau Kredit Mobil, Jangan Asal Pilih Leasing. Perhatikan Tiga Hal Berikut

Gambar ilustrasi persetujuan dari pihak leasing

Over kredit sebaiknya dilakukan secara resmi sepengetahuan leasing

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Jangan Salah, Ada Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taksi

    13/08/2020| Abdul

    Jangan Salah, Ada Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taksi

    Semakin mahalnya mobil baru membuat masyarakat Indonesia cenderung berminat terhadap mobil bekas. Selain harga yang ditawarkan lebih murah, mobil bekas juga memberi banyak pilihan beragam termasuk berbagai tipe dan model yang bisa dipilih sesuai selera. Di antara banyak pilihan tersebut, salah satunya membeli mobil bekas taksi.

  • Beberapa Tips Beli Mobil Bekas Agar Dapat lebih Murah

    09/08/2020| Abdul

    Beberapa Tips Beli Mobil Bekas Agar Dapat lebih Murah

    Harga sebuah mobil bekas biasanya mengalami depresiasi tergantung dari tahun dan kondisi sebuah mobil. Mobil bekas menjadi alternatif bagi mereka yang menginginkan mobil. Harga mobil bekas jelas lebih terjangkau dan cocok bagi orang yang punya finansial ketat.

  • Ragu Pilih Mobil SUV Atau MPV? Pahami Kelebihan Dan Kekurangannya

    09/07/2020| Abdul

    Ragu Pilih Mobil SUV Atau MPV? Pahami Kelebihan Dan Kekurangannya

    Setiap keluarga yang telah punya anak, memiliki mobil pribadi yang nyaman merupakan sebuah impian. Mempunyai mobil pribadi tentu akan memudahkan kegiatan keluarga saat bepergian seperti liburan atau sekadar belanja. Nah jika disuruh pilih mobil SUV atau MPV, Sobat pilih yang mana?

International