Terdapat Ciri-Ciri Ban Tubeless Berkualitas, Apa Saja Itu?

07/07/2021| Abdul

Ban mobil terdapat bermacam-macam seperti yang ada ban dalamnya dan ada juga ban tubeless. Dalam memilih ban tidak boleh sembarangan karena berhubungan langsung dengan aspal jalanan sehingga perlu kualitas yang sangat baik. Terdapat beberapa ciri-ciri ban tubeless berkualitas yang bisa menjadi acuan ketika membelinya.

Gambar ini menunjukkan banyak ban mobil ditata

Ban tubeless memliki keunggulan tersendiri

>>> Baca Juga, Mengetahui Pro Dan Kontra Penggunaan ban Tubeless Yang Kerap Dialami Pemilik Kendaraan

Beberapa Ciri-ciri Ban Tubeless Berkualitas

Penggunaan ban jenis tubeless kerap dianggap oleh pemilik kendaraan sebagai solusi ketika membeli ban. Hal tersebut karena fungsinya yang cukup mumpuni yaitu tidak mudah kempes ketika terkena paku atau benda tajam di jalan. Meskipun begitu, ketika memilih harus lebih teliti karena tidak semuanya mempunyai kualitas yang baik.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapatkan ban tubeless yang berkualitas:

1. Ketebalan Ban Tubeless

Adapun ciri yang pertama bahwa ban tubeless mempunyai kualitas yang baik adalah dilihat dari tingkat ketebalannya. Jadi ukuran yang diproduksi oleh pabrikan cukup variatif karena ikut terhadap permintaan pasar. Dalam hal ini diharapkan memilih ban yang memiliki tingkat ketebalan 50. Pada tingkat tersebut mempunyai keseimbangan dengan kendaraan seperti pada segmen mobil penumpang kecil atau segmen city car.

Dengan ban yang seimbang maka akan membuat kendaraan bisa melaju dengan mulus. Oleh sebab itulah pemilihan tingkat ketebalan sangat diperlukan.

>>> Lihat Juga, Ban Tubeless Kena Paku, Benar Dibiarkan Saja Tak Ditambal?

Gambar ini menunjukkan minggu dan tahun pembuatan ban mobil

Pada ban mobil ada tanggal produksinya

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

2. Tahun Produksi Ban Tubeless

Kemudian untuk ciri-ciri ban tubeless berkualitas selanjutnya adalah tahun produksinya yang masih baru. Jadi untuk idealnya, semakin baru produksinya maka untuk kualitas yang dimiliki juga relatif baik. Hal tersebut dikarenakan saat melakukan penyimpanan ada resiko ban mengalami perubahan bentuk atau bisa saja mengalami kerusakan.

Untuk mengetahui tahun produksi bisa melihat pada dinding ban. Umumnya disematkan kode oleh pihak pabrikan seperti 0121 yang menunjukkan produksinya dilakukan pada tahun 2021 minggu pertama.

3. Beda Jenis Beda Juga Fungsinya

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah tidak semua ban tubeless yang dijual di pasaran tepat untuk mobil yang Sobat miliki. Karena jenisnya terdapat beragam dengan fungsinya masing-masing. Sebagai contoh adalah yang mempunyai kode produksi P, dimana kode tersebut berarti Passenger yang menunjukkan ban digunakan untuk kendaraan penumpang.

Setelah itu ukuran juga perlu diperhatikan, pastikan sesuai dengan velg yang dimiliki. Karena jika tidak sesuai beresiko membuat rusaknya bagian kaki-kaki kendaraan.

>>> Baca Juga, Ada Dua Jenis Tambal Ban Tubeless, Mana Yang Terbaik?

Gambar ini menunjukkan pola permukaan ban mobil

Terdapat beragam motif telapak ban mobil

4. Pola Tapak

Memperhatikan pola tapaknya dapat dilakukan supaya mendapatkan ban tubeless berkualitas. Pola tapak ini berfungsi untuk mencengkeram permukaan jalan sehingga mobil dapat melaju dengan baik di jalan. Jika dipakai untuk melintasi perkotaan maka bisa memilih yang mempunyai pola bentuk V karena punya daya cengkeram baik serta saat melewati jalanan basah resiko selip berkurang.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa ciri-ciri ban tubeless berkualitas. Semoga bisa memberikan manfaat bagi Sobat terutama yang ingin membeli ban tubeless. Tetap jaga kesehatan baik diri sendiri dan keluarga serta rawat kendaraan supaya tetap dalam keadaan prima.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!