Ban Tubeless Kena Paku, Benar Dibiarkan Saja Tak Ditambal?

27/02/2020| Fatchur Sag

Salah satu keunggulan ban tubeless yaitu tidak langsung kempis saat tertancap paku atau benda tajam lain sepanjang yang menancap belum dicabut. Bahkan, ban masih bisa bertahan hingga 1-2 hari karena minimnya angin yang keluar. Bagi pengendara ini merupakan keuntungan tersendiri. Saat ban kena paku pengemudi tidak akan kehilangan kontrol sehingga memperkecil risiko kecelakaan.

Foto menunjukkan Ban Tubeless kena paku

Ban Tubeless tidak langsung kempis saat terkena paku

Selain itu pengemudi masih bisa melanjutkan perjalanan sampai menemukan bengkel atau tukang tambal ban terdekat untuk kemudian dilakukan penanganan.

Nah, ada anggapan berkembang kalau ban tubeless kena paku tidak usah segera ditambal tidak apa-apa. Asalkan paku tidak dicabut, ban bisa digunakan terus. Benarkah demikian?

Menurut Manager Training PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop), Bambang Hermanuhadi, ban tubeless memang memiliki keunggulan tidak mudah bocor. tapi bukan berarti paku yang menancap tidak perlu dicabut. Justru kalau dibiarkan saja bisa memunculkan risiko bahaya baru.

“Banyak orang berpikir selagi tidak ada masalah terus saja dipakai kendaraannya. Padahal ini sangat berbahaya,” tutur Bambang, seperti dikutip dari Liputan6, (23/2/2002). “Selama baut atau paku itu tidak dipindahkan, tidak digunakan, tidak dicabut, itu dikhawatirkan nyangkut ke batu ke lobang jadi copot. Anginnya bisa hilang mendadak, bannya melintir gak bisa dikontrol akhirnya terguling. Kalau sudah tau ada benda tajam, harus secepatnya dicabut terus tambal. “ tambahnya.

>>> Mengetahui Pro Dan Kontra Penggunaan ban Tubeless Yang Kerap Dialami Pemilik Kendaraan

Foto menunjukkan proses Menambal ban tubeless

Sudah ketahuan kena paku, segera bawa ke tukang tambal ban

Selain itu, jika tidak segera ditambal bisa menjadi jalur masuknya air ke dalam kawat ban, menimbulkan karat yang menyebabkan ban cepat rusak.

Kesimpulan; tidak benar kalau ban tubeless kena paku dibiarkan terus tak ditambal. Segera bawa ke bengkel atau tukang tambal ban tubeless terdekat untuk ditangani.

>>> Jika Tanda Ini Muncul Berarti Sudah Waktunya Ganti Ban Mobil

>>> Dapatkan tips and trick menarik seputar teknis mobil hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

International