Mengetahui Pro Dan Kontra Penggunaan ban Tubeless Yang Kerap Dialami Pemilik Kendaraan

26/06/2018| Abdul

Lantas apa saja pro dan kontra penggunaan ban tubeless tersebut, mari kita simak.

1. Pro

Adapun hal pertama adalah tidak adanya tusukan konyol. Yang mana kadang kita temui ban dengan tabung (ban dalam) saat terkena tusukan akan bocor sehingga angin di dalamnya habis. Beberapa orang menyebutnya tusukan konyol. Pada hal ini, ban tubeless tidak akan terpengaruh jika terkena tusukan apabila paku yang menusuk ban tidak dicabut.

gambar ini menunjukkan 4 buah ban Mobil Model Tubeless dengan velg warna putih

Ban tubeless mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri

Selain itu pada ban tubeless juga mempunyai kemampuan berlari meskipun tekanan di dalam ban rendah. Sangat berbeda dengan ban dengan ban dalam yang bisa terjepit saat tekanan udara di dalamnya terlalu rendah.

Kelebihan penggunaan ban tubeless juga terdapat pada bagian Liquid sealant yang dapat diisi dengan menggunakan sealant cairan. Jadi ketika terdapat benda tajam yang menusuk namun  tidak membuat lubang, maka secara otomatis cairan sealant akan merembes keluar dan cepat mengering serta lubang menjadi tertutup. Dengan begitu maka keuntungan pengendara adalah dapat melakukan perjalanan yang lebih lama. Saat terkena tusukan pun dapat segera melanjutkan perjalanan kembali tanpa pemberhentian.

>>> Jangan lupa, Baut Roda Mobil Juga Membutuhkan Perawatan

Selanjutnya saat terjadi kebocoran maka air akan keluar secara perlahan, dengan begitu akan memberikan waktu untuk menepikan kendaraan. Sangat berbeda dengan ban yang terdapat tabung, karena biasanya segera mengeluarkan udara dan cukup berbahaya pada saat kecepatan tinggi.

Dari segi bobot, berat ban tubeless lebih ringan dibandingkan dengan ban tube. Jadi bisa disimpulkan bahwa akan lebih hemat bahan bakar, karena beban menjadi lebih ringan dan mesin tidak bekerja terlalu keras dalam hal ini.

Selanjutnya pada ban jenis tube yang terdapat tabung dapat terjadi gesekan antara ban dalam dan luar. Jika ban dalam terlalu panas dapat beresiko meledak meski hal ini jarang terjadi. Namun untuk ban tubeless tidak ada resiko seperti ini.

Gambar ini menunjukkan ban tubeless pada Mobil yang terkena batu kerikil

Paku atau benda tajam yang menusuk pada ban tubeless tidak akan membuat angin langsung keluar seluruhnya

>>> Baca juga, Membeli Ban Mobil Secara Daring - Satu Pengalaman Baru Bagi Konsumen yang ditawarkan oleh cintamobil.com

Pembahasan mengenai pro dan kontra penggunaan ban tubeless di atas baru yang pro saja, untuk kontranya di bawah ini.

2. Kontra

Dalam pemasangan ban tubeless harus dilakukan oleh ahlinya. Hal ini dikarenakan untuk menyesuaikan ban yang akan dipasang pada velg terbilang cukup sulit. Jadi pemasangannya membutuhkan waktu yang lebih lama dikarenakan diharuskan kedap udara atau tidak akan menahan udara.

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Saat tusukan yang terjadi membuat ban  kempes, maka tidak semua orang bisa memperbaikinya. Hal tersebut dikarenakan perlu peralatan khusus dalam melakukan perbaikan. Dan masih banyak bengkel tambal ban yang belum memilikinya, meskipun sebagian bengkel sudah memiliki alatnya.

Sangat berbahaya jika terkena pukulan atau tusukan pada bagian samping ban tubeless. Jika ban jenis tabung bisa dilakukan penggantian ban dalam dan dapat melanjutkan perjalanan kembali. Sedangkan untuk ban tubeless diperlukan pengubahan, bahkan bisa saja harus dilakukan pergantian jika tidak bisa diperbaiki.

>>> Mungkin tertarik, Cara Paling Mudah Mengetahui Kondisi Ban, Aman Atau Tidak

Untuk kontra yang terakhir adalah harganya yang tidak murah. Ban jenis tube mempunyai harga yang lebih murah. Hal tersebut dikarenakan penggunaan bahan material yang berbeda dalam pembuatannya.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang cairan untuk mengisi ban tubeless mobil

Ban tubeless bisa diisi cairan yang dapat menambal secara otomatis saat terdapat lubang pada ban

Demikianlah informasi mengenai pro dan kontra penggunaan ban tubeless. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Mau cari mobil buat keluarga? Di cintamobil.com saja, koleksinya banyak harganya juga menguntungkan!

Berita sama topik

International