Ragu Pilih Mobil SUV Atau MPV? Pahami Kelebihan Dan Kekurangannya

09/07/2020| Abdul

Banyak yang menjadi pertimbangan dalam memilih mobil keluarga, misal diukur dari segi spesifikasi, fitur, interior luar dan dalam, hingga harga dan bahan bakar yang irit. Sejumlah faktor ini bisa menentukan pilihan mobil keluarga seperti apa yang diinginkan. Yang kadang membingungkan adalah pilih mobil SUV atau MPV.

Saat ini, jenis mobil multi purpose vehicle (MPV) merupakan jenis yang paling digemari keluarga di Indonesia. Dibekali dengan kabin yang luas dan desain mobil yang ciamik membuat MPV merajai pasar segmen roda empat.

Gambar ini menunjukkan mobil MPV dan SUV

Mobil SUV dan MPV mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing

>>> Baca Juga, Wuling Cortez CT Jadi Medium MPV Berbahan Bakar Bensin Terbaik di Ajang OTOMOTIF AWARD 2020

Di sisi lain, demi menarik perhatian calon konsumen, produsen mobil sport utility vehicle (SUV)  mulai mencoba mengadopsi gaya kabin yang luas seperti MPV. Lalu, dengan dua pilihan segmen yang menggiurkan tersebut membuat masyarakat bingung antara pilih mobil SUV atau MPV.

Berikut kelebihan dan kekurangan masing-masing dari jenis SUV atau MPV dikutip dari berbagai sumber.

Mobil Jenis SUV

SUV sejatinya merupakan perpaduan antara sedan dan jip. Memiliki bodi yang bongsor dan ground clearance tinggi, mobil jenis ini mampu menghadapi berbagai kondisi jalanan. Baik jalan raya, hingga jalanan yang tidak rata dengan kontur berlobang atau bebatuan. Dari kategorinya, mobil SUV yang beredar di tanah air dibedakan menjadi dua, yaitu low SUV (LSUV) dan SUV. Mobil yang populer masuk kategori LSUV  diantaranya Nissan Juke, Honda BR-V, Daihatsu Terios, Suzuki SX4, Chevrolet Trax dan Mazda CX-3. Sedangkan untuk SUV, sebut saja Honda HR-V 1.8, Honda CR-V, Isuzu MUX, Nissan X-Trail, dan Mazda CX-5.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota Fortuner putih tampak samping

Mobil SUV siap menerjang segala medan jalan

>>> Lihat Juga, Maserati Levante Trofeo, Mobil SUV Gahar Akan Mengaspal Di Indonesia Bulan Depan

Mobil Jenis MPV

MPV acap kali disebut mobil minivan. Mobil jenis ini serbaguna karena memiliki luas kabin yang dapat menampung hingga 7 penumpang. Meski begitu, mobil MPV dirancang hanya menyusuri jalanan mulus saja, berbeda dengan SUV yang bisa mengeksplor berbagai hambatan yang ada di jalanan. Di pasaran Indonesia, mobil MPV dibedakan menjadi tiga yang disesuaikan dengan kelasnya, yaitu low MPV (LMPV), MPV, dan upper MPV. Kategori LMPV jadi yang paling populer sehingga tak heran banyak pabrikan terjun ke segmen ini.

Untuk mobil LMPV ada model Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Suzuki APV, Nissan Evalia, Toyota Avanza dan Daihatsu Luxio. Termasuk juga pendatang baru dari Tiongkok, Wuling Confero S. Kalau dari kategori MPV yaitu Nissan Grand Livina, Toyota Sienta, Isuzu Panther, dan Toyota Innova. Sementara upper MPV ada model Mazda Biante, Hyundai H-1, Chevrolet Orlando, Nissan Elgrand, Nissan Serena, Toyota Alphard dan Toyota Vellfire.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil Mitsubisjhi Xpander tampak depan dan samping kiri

Mobil MPV menjadi salah satu kendaraan yang kerap digunakan untuk kebutuhan keluarga

Pilih Mobil SUV Atau MPV?

Baik SUV atau  MPV keduanya dirancang sebagai mobil keluarga. SUV saat ini mampu menampung hingga tujuh penumpang layaknya mobil jenis MPV. Selain itu, kelebihan SUV mampu melintasi berbagai hambatan di jalanan.

Sama-sama memiliki desain yang ciamik, namun menyoal harga, SUV masih tergolong mahal ketimbang MPV. MPV sendiri masih dengan senjata utamanya, yaitu menawarkan harga yang terjangkau untuk mobil dengan fitur terbaik.

Itulah artikel tentang pilih mobil SUV atau MPV serta kelebihan dan kekurangannya. Berdasarkan uraian di atas, kamu lebih memilih mobil apa?

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Jangan Salah, Ada Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taksi

    13/08/2020| Abdul

    Jangan Salah, Ada Keuntungan Membeli Mobil Bekas Taksi

    Semakin mahalnya mobil baru membuat masyarakat Indonesia cenderung berminat terhadap mobil bekas. Selain harga yang ditawarkan lebih murah, mobil bekas juga memberi banyak pilihan beragam termasuk berbagai tipe dan model yang bisa dipilih sesuai selera. Di antara banyak pilihan tersebut, salah satunya membeli mobil bekas taksi.

  • Beberapa Tips Beli Mobil Bekas Agar Dapat lebih Murah

    09/08/2020| Abdul

    Beberapa Tips Beli Mobil Bekas Agar Dapat lebih Murah

    Harga sebuah mobil bekas biasanya mengalami depresiasi tergantung dari tahun dan kondisi sebuah mobil. Mobil bekas menjadi alternatif bagi mereka yang menginginkan mobil. Harga mobil bekas jelas lebih terjangkau dan cocok bagi orang yang punya finansial ketat.

  • Ragu Pilih Mobil SUV Atau MPV? Pahami Kelebihan Dan Kekurangannya

    09/07/2020| Abdul

    Ragu Pilih Mobil SUV Atau MPV? Pahami Kelebihan Dan Kekurangannya

    Setiap keluarga yang telah punya anak, memiliki mobil pribadi yang nyaman merupakan sebuah impian. Mempunyai mobil pribadi tentu akan memudahkan kegiatan keluarga saat bepergian seperti liburan atau sekadar belanja. Nah jika disuruh pilih mobil SUV atau MPV, Sobat pilih yang mana?

International