Menarik, Ini Fakta Mobil Bekas Taksi Bisa Jadi Pertimbangan Sebelum Beli

14/10/2019 | Abdul

Dari segi pandangan tentang mobil bekas taksi, di mata masyarakat terdapat banyak pendapat. Ada yang mengatakan bahwa bisa jadi pilihan bagi seseorang dengan budget terbatas. Ada juga yang mengatakan bahwa mobil tersebut mempunyai jam terbang tinggi membuatnya kurang prima. Untuk lebih jelasnya, berikut kami berikan beberapa fakta mobil bekas taksi sebagai pertimbangan.

1. Mempunyai Harga Yang Lebih Terjangkau

Gaambar ini menunjukkan mobil taksi dengan diparkir berjejer

Ada kelebihan dan kekurangan mobil bekas taksi

Mobil bekas taksi harganya lebih murah apabila dibandingkan dengan mobil perorangan dengan model dan jenis  serta tahun keluaran yang sama. Untuk perbandingannya umumnya harga lebih murah sekitar 20% sampai 30%. Tidak dipungkiri, kondisi mobil juga mempunyai pengaruh terhadap harga mobil.

Meskipun begitu, harga yang murah dan terjangkau dapat memberikan daya tarik tersendiri. Terutama bagi Sobat yang digunakan untuk berbisnis seperti taksi online, rental mobil. Bahkan bisa juga untuk bahan percobaan modifikasi dan dilakukan eksperimen bagi para modifikator.

>>> Lihat Juga, Alasan Orang Enggan Membeli Mobil Matik Menurut Rifat Sungkar

2. Memiliki Usia Yang Lebih Muda

gambar ini menunjukkan mobil bekas taksi dengan warna merah tampak depan

Harga mobil bekas taksi sama perorangan tentu berbeda

Pada umumnya akan ada kebijakan pada perusahaan mengenai penggantian mobil secara berkala. Dengan begitu mobil bekas taksi akan mempunyai usia yang tergolong muda, apalagi saat membelinya dari perusahaan besar. Untuk rata-rata umur mobil bekas tersebut masih sekitar 5 tahunan.

Apabila ingin membeli mobil bekas perorangan yang mempunyai usia dan harga yang sama dengan bekas taksi tergolong sulit. Namun yang perlu diperhatikan adalah dengan usia yang terbilang masih muda tentunya beberapa komponen yang sifatnya masih slow moving usianya masih lama dan dapat bekerja dengan baik.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Mempunyai Fitur Yang Kurang Begitu Lengkap

Gambar ini menunjukkan interior mobil bekas taksi

Mobil untuk taksi biasanya varian terendah

Fakta mobil bekas taksi selanjutnya adalah fiturnya yang tidak lengkap. Sebagai kendaraan yang digunakan untuk mencari uang, maka umumnya yang dipakai adalah varian terendah. Sehingga dari segi fitur terbilang terbatas dan jika dibandingkan dengan varian tertinggi tentu banyak perbedaan.

Akan tetapi jangan khawatir, karena untuk melakukan konversi jadi trim lebih tinggi tergolong mudah. Hanya saja pada sistem pengereman akan sulit karena instalasi modul dan juga bagian perangkat pendukung harganya mahal serta menyulitkan.

>>> Lihat Juga, Kenali Dulu Berbagai Jenis Mobil Biar Tahu Yang Anda Butuhkan

4. Komponen Membutuhkan Penggantian

Gambar ini menunjukkan bengkel mobil dengan beberapa mobil di dalamnya

Perlu persiapan dana lebih saat beli mobil bekas taksi

Meskipun dari segi usia masih muda, tapi jarak tempuh yang dilakukan sudah sangat jauh. Sehingga ada beberapa komponen kendaraan telah mengalami keausan merupakan hal yang wajar. Biasanya beberapa bagian yang perlu diganti meliputi, kampas kopling/rem, suspensi, dan juga ada biaya untuk mengembalikan kondisi mobil.

Jadi ketika membeli mobil bekas taksi tentu perlu menyiapkan budget tambahan untuk biaya penggantian dalam waktu dekat. Namun hal ini hanya persiapan, karena bisa saja dari pihak perusahaan taksi sudah menggantinya sebelum dijual di pasaran.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

5. Mesin Teruji Dan Sparepart Melimpah

Gambar ini menunjukkan toko sparepart mobil dan ada beberapa orang

Mobil untuk bisnis tentunya dibarengi dengan sparepart yang mudah didapat

Fakta mobil bekas taksi selanjutnya adalah mesin yang dimiliki teruji dan untuk mendapatkan sparepart cukup mudah. Sebuah perusahaan transportasi tentunya akan mempertimbngkan segala sesuatunya sebelum memutuskan membeli mobil untuk armadanya. Seperti misalnya soal mesin yang tangguh dan juga hemat bahan bakar. Apalagi soal sparepart, tentunya memilih mobil dengan sparepart berlimpah, agar saat ada masalah bisa segera dilakukan penggantian. Bahkan jika budget kurang bisa memilih sparepart imitasi, namun soal kualitas tentu di bawah aslinya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 13/11/2019 | Abdul

    Telat Bayar Pajak, Begini Cara Menghitung Denda Pajak Mobil Di Tahun 2019

    Membayar pajak menjadi kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan setiap tahunnya. Sangat disarankan untuk membayar tepat waktu karena jika terlambat maka pemilik harus membayar denda pajak mobil. Memang tidak dipungkiri bahwa ada beberapa yang tidak membayar pajak, namun untuk pembahasan kali ini tidak mengacu pada mereka yang tidak ingin bayar pajak.

  • 02/11/2019 | Arfian Alamsyah

    Ingin Membeli Mobil Niaga Bekas? 6 Hal Ini Harus Di Cek

    Untuk kebutuhan usaha, mobil niaga memang dibutuhkan untuk kelancaraan usaha Anda. Tapi, tak semua mobil niaga harganya murah. Kami akan memberi kiat untuk membeli mobil niaga dan keadaan bekas. So, 6 hal ini harus dicek.

  • 01/11/2019 | Arfian Alamsyah

    Ingin Punya Mobil Koleksi? Begini Cara Mengecek Mobil "Bahan"

    Mempunyai barang kesukaan atau mungkin kesayangan memang bisa jadi keinginan semua orang. Tak terkecuali mobil koleksi. Namun, mencari mobil koleksi juga punya trik tersendiri. Begini cara mengecek mobil "bahan"