Melirik Evolusi Honda Odyssey, Umur Sudah Lebih 25 Tahun Dan Mencapai 5 Generasi

08/02/2021| Abdul

Salah satu produk Honda yang masuk dalam segmen MPV adalah Odyssey. Mobil ini memiliki sejarah yang panjang dan semakin baru semakin keren sehingga menarik banyak peminat. Nah kali ini kami akan membahas mengenai evolusi Honda Odyssey yang terjadi dari masa ke masa.

Saat ini Honda Odyssey sudah masuk dalam usia ke 25 tahun kiprahnya. Mobil ini pertama kali dilakukan produksi tahun 1994 di jepang dan sampai saat ini mempunyai 5 generasi. Di pasar Jepang generasi pertamanya mendapat sambutan yang sangat baik, desain yang diusungnya adalah sebuah minivan ringkas. Berikut ini merupakan evolusi dari mobil Honda Odyssey dalam 5 generasinya tersebut.

1. Generasi Pertama Produksi Tahun 1994

Gambar ini menunjukkan tampilan samping mobil Honda Odyssey 1994

Produksi pertama Honda Odyssey memiliki desain yang sudah menarik

Pembahasan dimulai dari generasi pertamanya yang diluncurkan di tahun 1994. Pada generasi ini mengandalkan 3 baris kursi dipadukan dengan penggunaan sistem penggerak 4WD. Setelah itu di tahun 1997 yang diadopsi adalah mesin dengan kode J30A V6 3.0L. Selain itu dibekali juga dengan fitur sunroof yang dikhususkan pada tipe Aero dan L. Berbeda dengan Eropa yang namanya adalah Honda Shuttle untuk Odyssey.

Berlanjut pada tahun 1999, di mana di Amerika Utara mendapatkan Odyssey dengan versi berbeda karena mempunyai dimensi yang ukurannya lebih besar. Sedangkan di Jepang mendapatkan versi yang lebih kecil. Namun untuk Amerika Utara namanya berbeda yaitu Honda LaGreat, untuk eksistensinya dari mulai tahun 1999 sampai tahun 2004.

>>> Baca Juga, Resmi Hadir Di Thailand, Ini Fitur Dan Performa Honda Odyssey Facelift

2. Generasi Kedua Produksi Tahun 1999

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda Odyssey 1999

Tampilan berbeda dan lebih keren pada generasi keduanya

Pada generasi keduanya ini dihadirkan pada tahun 1999 akhir yang ditujukan untuk pasar otomotif Australia dan Jepang. Dari segi dimensi lebih besar dibandingkan sebelumnya dan desainnya mengandalkan kemudi di sebelah kiri yang ditujukan untuk pasar China. Panjang yang dimiliki lebih 3,3 inci dan lebarnya hanya lebih 0,4 inci saja. Tidak hanya itu saja, perbedaan lainnya adalah penggunaan front grille yang dibuat lebih besar, aksen krom dan bumper juga dibuat lebih besar.

Sementara mesinnya mengandalkan 2.3L yang diberikan pada model 4WD (RA7) dan 2WD (RA6). Berbeda lagi dengan model 2WD (RA8) yang sudah mendapatkan mesin 3.0L dan juga 4WD (RA9) yang jenisnya adalah Prestige dan juga Absolute. Menariknya lagi adalah di tahun 2000, pada mesin 3.0L diberikan Honda sistem transmisi otomatis 5 speed dan menjadi yang pertama.

>>> Lihat Juga, Honda Odyssey 2019, Minivan Pertama Peraih Peringkat Keselamatan “GOOD” dari IIHS

3. Generasi Ketiga Produksi Tahun 2003

Gambar ini menunjukkan Honda Odyssey 2003 tampak depan dan samping kiri

Tampilan lebih modern pada generasi ketiganya dengan aura yang sporty

Untuk pembahasan evolusi Honda Odyssey selanjutnya adalah generasi ketiga yang dihadirkan pada tahun 2003 tepatnya bulan Oktober. Pemasarannya dilakukan di Jepang dan disusul di negara Australia, setelah itu barulah tahun 2004 baru diteruskan ke negara lainnya. Pada generasi ini desainnya dipertahankan yakni memiliki ground clearance yang lebih rendah, lebih ramping dan tetap memakai model 5 pintu. Yang berbeda adalah pemberian fitur cruise control pada Odyssey yang dikhususkan untuk pasar otomotif Jepang.

Mesin yang diberikan mengandalkan 2.4L dengan teknologi i-VTEC. Pada bagian sistem transmisi mengandalkan otomatis untuk versi 4WD dan untuk tipe Absolute memakai CVT begitupun pada model ekspornya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

4. Generasi Keempat Produksi 2008

Gambar ini menunjukkan bagian depan dan samping kanan mobil Honda Odyssey 2008

Pada generasi keempatnya ini tenaga lebih besar dan lebih hemat BBM

Di generasi ini mesin dan transmisi yang digunakan masih sama. Untuk peluncuran dilakukan pada bulan Oktober tahun 2008 di Jepang. Meskipun mesin sama namun konsumsi BBM lebih hemat dan tenaga maksimal yang dihasilkan juga lebih besar. Jadi pada versi 2WD menggunakan transmisi 5 speed dan versi FWD memakai transmisi CVT yang sudah dipadukan dengan torque converter.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. Generasi Kelima Produksi tahun 2013

Selanjutnya pada evolusi Honda Odyssey dari masa ke masa adalah generasi kelimanya yang dihadirkan pada bulan September 2013. Peluncuran dilakukan secara global namun untuk penjualan dilakukan pada bulan selanjutnya. Pada generasi ini terdapat beberapa perubahan yang dilakukan. Bahkan soal desainnya dibuat lebih modern dan dinamis, karena memang mengikuti zaman sih. Sementara penggunaan pintu geser menjadi salah satu ubahan yang paling mencolok pada mobil MPV besutan Honda satu  ini.

Gambar ini menunjukkan tampilan depan Honda Odyssey tahun 2013

Generasi kelima mendapatkan facelift ringan di tahun 2017

Kalau soal dimensi dibuat dengan ukuran lebih besar dan kenyamanan lebih didapatkan dengan adanya kursi ottoman pada baris keduanya. Kemudian untuk bagian mesin mengandalkan i-VTEC 2.4L yang bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 175 Ps. Bahkan diberikan juga fitur direct injection pada tipe Absolute yang membuat tenaganya jadi bertambah menjadi 190 Ps.

Pada generasi ini telah diberikan facelift ringan yang dilakukan pada tahun 2017. Kalau soal mesinnya memang tidak ada perubahan, namun dari segi fitur tetap mumpuni sehingga bisa memberikan keamanan dan kenyamanan. Perubahan minor yang dilakukan pada desain grill nya yang sekarang memakai warna hitam yang sebelumnya adalah krom. Untuk perubahan lain pada fog light garnish dan peleknya yang hanya berganti model saja.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Ingin Beli Mobil Bekas? Ini Tips Membedakan Cat Mobil Asli Dan Cat Ulang Dengan Mudah

    23/03/2021| Abdul

    Ingin Beli Mobil Bekas? Ini Tips Membedakan Cat Mobil Asli Dan Cat Ulang Dengan Mudah

    Mobil bekas menjadi primadona bagi sebagian orang karena harganya lebih terjangkau. Apalagi bagi seseorang yang membutuhkan sebuah mobil untuk bisa menjalankan aktivitas keseharian atau dalam pekerjaannya. Namun membeli mobil bekas perlu lebih teliti dalam pemilihan, salah satunya dalam membedakan cat mobil asli dan cat ulang.

  • Ingin Beli Mobil, Ketahui Dahulu Tips Mengetahui Mobil Terkena Pajak Progresif

    17/03/2021| Abdul

    Ingin Beli Mobil, Ketahui Dahulu Tips Mengetahui Mobil Terkena Pajak Progresif

    Dalam pajak terdapat salah satu hal yang perlu diketahui yakni pajak progresif. Dimana untuk pajak tersebut merupakan tarif pungutan wajib yang didasari dengan jumlah dari objek pajak dan juga nilai atau harganya. Jadi nominalnya akan semakin naik bila kuantitas objek pajak semakin banyak. Lantas bagaimana cara mengetahui mobil terkena pajak progresif?

  • Melirik Evolusi Honda Odyssey, Umur Sudah Lebih 25 Tahun Dan Mencapai 5 Generasi

    08/02/2021| Abdul

    Melirik Evolusi Honda Odyssey, Umur Sudah Lebih 25 Tahun Dan Mencapai 5 Generasi

    Mobil kerap berevolusi sehingga membuatnya tampil lebih keren dan juga modern. Bahkan sebelumnya dianggap jadul saat ini bisa memiliki tampilan yang dapat menarik perhatian banyak orang. Dalam pembahasan kali ini terkait evolusi Honda Odyssey dari masa ke masa. Umurnya telah mencapai lebih 25 tahun dan sudah mencapai 5 generasi.

International