Kasihan, Diler Mobil Bekas Tolak Mobil Bekas Banjir

11/01/2020 | Fatchur Sag

Banjir parah di ibu kota dan sekitarnya awal tahun 2020 lalu sudah surut. Namun persoalan yang harus dihadapi warga belum usai. Mulai dari pembersihan rumah tempat tinggal hingga mengurus berbagai properti yang rusak atau bahkan hilang. Bagi pemilik kendaraan bermotor, seperti sepeda motor dan mobil yang turut rusak terendam air harus menormalkan lagi kendaraannya agar bisa dipakai seperti sediakala. Dan perbaikannya memerlukan biaya besar.

>>> Cara Mengurus STNK dan BPKB Rusak / Hilang Akibat Banjir

Foto menunjukkan Mobil terendam banjir hingga atap

Mobil terendam banjir dipastikan rusak parah

Begitu pun yang ingin menjual kendaraannya juga butuh biaya besar untuk biaya perbaikan terlebih dulu. Tanpa diperbaiki motor maupun mobil bekas banjir bakal dihargai selayaknya barang rongsokan. Setelah diperbaiki bukan perjalanan buat menjual menjadi mudah. Banyak diler mobil bekas menolak membeli mobil bekas banjir. Pedagang merasa enggan karena tak ingin menanggung risiko ketidaknyamanan konsumen di kemudian hari.

"Biasanya kalau pedagang mobil bekas yang besar sudah memiliki reputasi, tidak akan terima mobil bekas banjir. Sebab, risikonya cukup besar. Apalagi jika perbaikannya tidak dilakukan dengan baik dan benar," tutur Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Jakarta, Herjanto Kosasih, seperti dikutip dari Kompas, (8/1/2020).

Jika terpaksa menerima, pedagang sudah pasti pilih-pilih dan memberitahukan kepada konsumen bahwa yang dipilih adalah mobil bekas banjir. "Sekalipun bisa masuk, kami tetap informasikan kepada konsumen bahwa mobil sudah pernah terendam air. Jadi pembeli sudah mengetahui risiko dan kekurangan kendaraan yang akan digarasikannya," tambahnya.

>>> Mobil Habis Kebanjiran, Ini 3 Masalah Yang Bakal Muncul

Foto menunjukkan mobil bekas menunggu pembeli

Diler mobil bekas enggan membeli mobil bekas banjir

Bagi pemilik mobil bekas banjir, kondisi ini merupakan salah satu dilema yang harus dihadapi. Kalau pun ada diler mau membeli, harganya juga pasti turun. Padahal biaya perbaikan sudah dilakukan dengan biaya tidak sedikit.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 16/01/2020 | Fatchur Sag

    Rupiah Membaik, Harga Mobil Bakal Murah?

    Membaiknya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS membawa harapan menurunnya harga barang-barang industri. Apakah tren ini bisa bikin harga mobil jadi murah?

  • 14/01/2020 | Abdul

    Ingin Membeli Mobil Bekas Banjir, Perhatikan 3 Kriteria Ini

    Mobil bekas banjir dijual dengan harga lebih murah, hal tersebut karena beberapa resiko di kemudian hari jika salah dalam melakukan pemilihan. Tapi Sobat bisa membeli mobil bekas banjir dengan memperhatikan beberapa hal yang akan kami sebutkan.

  • 04/01/2020 | Abdul

    Mengapa Mobil Bekas Banjir Dijual Murah? Baca Ini Dulu

    Membeli mobil bekas menjadi salah satu langkah yang diambil oleh masyarakat dengan budget yang pas-pasan tapi ingin mempunyai sebuah kendaraan pribadi. Tidak hanya itu saja, alasan lainnya mungkin karena faktor kebutuhan dan dana yang dimiliki belum cukup untuk membeli baru serta masih banyak alasan lainnya. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah mengapa mobil bekas banjir dijual murah?