Ingin Membeli Mobil Listrik, Mau Pilih Yang Bekas Atau Baru?

08/12/2019 | Abdul

Di Indonesia sendiri, tren mobil listrik memang mengalami peningkatan. Bahkan sebagian besar produsen kendaraan telah memberikan opsi varian yang dibekali dengan mesin motor listrik. Apabila saat ingin membeli mobil listrik kebingungan mau beli dalam kondisi baru atau bekas, berikut beberapa keunggulan dan kelemahannya.

Gambar ini menunjukkan mobil listrik Nissan Leaf sedang dicas

Terdapat keuntungan dan kelemahan saat membeli mobil listrk baru dan bekas

>>> Baca Juga, Serentak, PLN Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Baru Di Empat Kota

1. Beli Moli Listrik Kondisi Baru

Bila Sobat berniat membeli dalam kondisi baru, maka untuk harganya biasanya terbilang tinggi. Walaupun sebenarnya untuk perbandingannya tidak terlalu jauh karena hanya sekitar Rp. 20 juta sampai Rp. 50 jutaan dengan varian tertinggi yang memakai mesin konvensional pada mobil dengan model sama.

Salah satu keunggulan yang dimiliki mobil baru adalah kondisinya yang terbilang masih sempurna. Komponen yang diberikan tentunya tidak ada yang mengalami kerusakan. Dengan begitu, kemungkinan adanya kerusakan pada komponen sangatlah kecil sekali.

Begitupun pada kondisi performanya, untuk soal kinerja dan baterainya mempunyai daya tahan yang lebih maksimal dibandingkan dengan mobil listrik bekas. Apalagi baterai zaman sekarang telah dilakukan beberapa penyempurnaan, sehingga akan lebih baik daripada sebelumnya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan mobil listrik Mitsubishi Outlander PHEV

Mobil listrik masa kini lebih modern dengan beragam fitur canggih

Selain itu, pada mobil listrik zaman sekarang sudah diberikan fitur fast charging yang memungkinkan pengisian daya yang lebih cepat. Salah satunya adalah dalam mengisi 80% baterai membutuhkan waktu kurang dari 1 jam. Salah satu kekurangan yang dimiliki adalah ketika membeli mobil listrik baru perlu bersiap, karena bisa saja mengalami depresiasi harga. Hal tersebut dapat terjadi saat Sobat berniat untuk menjual mobil listrik yang dimiliki.

>>> Listrik Rumah Hanya Segini, Kurang Banget Buat Ngecas Mobil Listrik

2. Beli Mobil Listrik Kondisi Bekas

Berbeda lagi dengan membelinya dalam kondisi bekas. Salah satu keunggulannya adalah dapat lebih hemat, karena untuk harga jual kembali mobil tersebut terbilang berkurang cukup banyak. Jadi Sobat bisa mendapatkan sebuah mobil listrik dengan banderol harga cukup terjangkau. Namun yang perlu perhatian adalah untuk Indonesia, karena untuk mendapatkannya tergolong sulit.

Jadi untuk mendapatkan sebuah mobil listrik dalam kondisi bekas di Tanah Air tergolong sulit oleh sebab itu perlu kerja ekstra dalam mencarinya agar bisa memboyongnya ke garasi rumah. Jikalau ada jumlahnya juga sangat terbatas, sehingga tidak dapat membandingkan antara satu dengan yang lainnya dalam hal kondisinya. Berbeda dengan mobil mesin konvensional yang banyak dijual dipasaran dengan beragam jenis dan model.

Tidak hanya itu saja, untuk teknologi dari baterai sendiri juga tidak sebaik mobil listrik yang baru dikeluarkan. Sebagai contohnya untuk jarak yang dapat ditempuh lebih singkat. Bahkan untuk pengisian fast charging kemungkinan belum diberikan pada mobil bekas tersebut.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan beberap mobil bekas sedang dijual;

Mobil listrik bekas memang sulit didapatkan

Adapun hal terakhir yang perlu diperhatikan saat membeli mobil listrik dalam kondisi bekas adalah, komponen yang terdapat di dalamnya kemungkinan telah habis masa pakai sehingga perlu dilakukan penggantian. Bisa juga karena kecerobohan pemilik sebelumnya  mobil butuh perawatan atau perbaikan. Jika memang begitu maka Sobat perlu dana tambahan untuk perbaikan dan biayanya juga tidak semurah mobil mesin konvensional.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 16/01/2020 | Fatchur Sag

    Rupiah Membaik, Harga Mobil Bakal Murah?

    Membaiknya nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS membawa harapan menurunnya harga barang-barang industri. Apakah tren ini bisa bikin harga mobil jadi murah?

  • 14/01/2020 | Abdul

    Ingin Membeli Mobil Bekas Banjir, Perhatikan 3 Kriteria Ini

    Mobil bekas banjir dijual dengan harga lebih murah, hal tersebut karena beberapa resiko di kemudian hari jika salah dalam melakukan pemilihan. Tapi Sobat bisa membeli mobil bekas banjir dengan memperhatikan beberapa hal yang akan kami sebutkan.

  • 11/01/2020 | Fatchur Sag

    Kasihan, Diler Mobil Bekas Tolak Mobil Bekas Banjir

    Persoalan baru muncul buat mobil bekas banjir. Selain membutuhkan biaya besar untuk perbaikan, pemilik juga harus menerima nasib ditolak oleh diler mobil bekas.