Ingin Beli Mobil Bekas? Ini Tips Membedakan Cat Mobil Asli Dan Cat Ulang Dengan Mudah

23/03/2021| Abdul

Mengetahui cara membedakan cat mobil asli dan cat ulang bisa menjadi salah satu pengetahuan penting ketika membeli mobil bekas. Sebenarnya tidak masalah sih mobil bekas yang telah dicat ulang, dengan catatan penjual jujur dengan kondisi mobil dan hal-hal yang telah dilakukan pada mobilnya. Tapi kadang ada penjual nakal yang tidak memberikan info kendaraan apa adanya.

Gambar ini menunjukkan mobil baru di diler

Tiap pabrikan mempunyai standar minimal dalam mengecat mobil

>>> Baca Juga, Tips Menggunakan Cat Anti Karat Untuk Melindungi Mobil

Membedakan Cat Mobil Asli Dan Cat Ulang

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya dapat mengetahui perbedaan antara cat asli atau original dan cat ulang.

1. Melihat Umur Dari Kendaraan

Hal pertama yang bisa diperhatikan dengan cukup mudah adalah umur kendaraan. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya mobil yang sudah berumur tentunya bodinya tidak mempunyai cat yang kinclong seperti yang dimiliki mobil baru.

Apabila mobil sudah mempunyai umur yang cukup lama dan cat bodinya tampak kinclong maka patut dicurigai karena menjadi salah satu indikasi telah dicat ulang. Sobat juga bisa mengetuk bodi mobil, suara yang dihasilkan antara bodi mobil yang sudah pernah di dempul dan asli bawaan akan ada perbedaan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil dengan warna hitam tampak samping

Jika umur mobil sudah lama tentunya catnya berbeda dengan cat mobil baru

>>> Lihat Juga, Berikut Alasan Mengapa Lebih Baik Ke Body Repair Bengkel Resmi

2. Pantulan Yang Berasal Dari Bodi Mobil

Jadi terdapat klaim bahwa cat asli lebih kuat apabila dibandingkan dengan cat ulang. Hal tersebut dikarenakan untuk pabrikan mobil mempunyai standar kualitas minimum dalam hal pengecatan pada bodi mobilnya. Tidak sampai disitu saja, pada mobil yang dijual di pasaran mendapatkan pengerjaan dengan proses yang maksimal.

Oleh sebab itu cat yang didapatkan bisa lebih kuat. Walaupun untuk hasil akhir terlihat sama, namun pengecatan ulang saat sering terkena sinar matahari akan lebih cepat pudar. Adapun cara kedua untuk membedakannya adalah dengan melihat bayangan pada bodi mobil. Untuk cat asli akan terlihat lebih jelas layaknya sebuah cermin, namun untuk cat ulang akan terlihat blur.

3. Memperhatikan Cat Bagian Dalam Dan Luar

Adapun langkah terakhir yang dapat dilakukan dalam membedakan cat mobil asli dan cat ulang adalah memperhatikan dengan seksama antara cat bagian luar dan dalam. Hal ini menjadi salah satu langkah yang cukup mudah untuk dilakukan dan juga perlu fokus yang baik agar terlihat perbedaannya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

gambar ini mnenunjukkan pengecatan bodi mobil dengan warna merah

Pengecatan ulang tentunya ada beda dengan aslinya

Jika telah dilakukan pengecatan ulang tentunya akan terdapat warna yang belang. Umumnya bisa dilihat pada bagian pilar mobil sisi dalam. Jadi apabila terdapat perbedaan warna antara bagian dalam dan luar maka dapat disimpulkan bahwa pengecatan ulang pernah dilakukan pada mobil tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai langkah membedakan cat mobil asli dan cat ulang. Semoga dapat memberikan tambahan ilmu dan manfaat bagi Sobat, terutama bagi yang ingin membeli mobil bekas.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Ingin Beli Mobil Bekas? Ini Tips Membedakan Cat Mobil Asli Dan Cat Ulang Dengan Mudah

    23/03/2021| Abdul

    Ingin Beli Mobil Bekas? Ini Tips Membedakan Cat Mobil Asli Dan Cat Ulang Dengan Mudah

    Mobil bekas menjadi primadona bagi sebagian orang karena harganya lebih terjangkau. Apalagi bagi seseorang yang membutuhkan sebuah mobil untuk bisa menjalankan aktivitas keseharian atau dalam pekerjaannya. Namun membeli mobil bekas perlu lebih teliti dalam pemilihan, salah satunya dalam membedakan cat mobil asli dan cat ulang.

  • Ingin Beli Mobil, Ketahui Dahulu Tips Mengetahui Mobil Terkena Pajak Progresif

    17/03/2021| Abdul

    Ingin Beli Mobil, Ketahui Dahulu Tips Mengetahui Mobil Terkena Pajak Progresif

    Dalam pajak terdapat salah satu hal yang perlu diketahui yakni pajak progresif. Dimana untuk pajak tersebut merupakan tarif pungutan wajib yang didasari dengan jumlah dari objek pajak dan juga nilai atau harganya. Jadi nominalnya akan semakin naik bila kuantitas objek pajak semakin banyak. Lantas bagaimana cara mengetahui mobil terkena pajak progresif?

  • Melirik Evolusi Honda Odyssey, Umur Sudah Lebih 25 Tahun Dan Mencapai 5 Generasi

    08/02/2021| Abdul

    Melirik Evolusi Honda Odyssey, Umur Sudah Lebih 25 Tahun Dan Mencapai 5 Generasi

    Mobil kerap berevolusi sehingga membuatnya tampil lebih keren dan juga modern. Bahkan sebelumnya dianggap jadul saat ini bisa memiliki tampilan yang dapat menarik perhatian banyak orang. Dalam pembahasan kali ini terkait evolusi Honda Odyssey dari masa ke masa. Umurnya telah mencapai lebih 25 tahun dan sudah mencapai 5 generasi.

International