Civic Hatchback Discontinue, Intip Lagi Pajak Mobil Honda Civic RS dan Type R

13/01/2022 | Padli

Keputusan Honda untuk tak lagi memasarkan Honda Civic Hatchback disebut karena pasarnya yang tak jauh berbeda dibandingkan Honda City Hatchback yang baru saja diperkenalkan di Indonesia pada awal tahun 2021. Dengan dua model yang tersisa, berikut perbedaan keduanya dan besaran pajak mobil Honda Civic Turbo dan Type R yang tetap dipasarkan.

Honda Civic RS

Sedan Honda Civic memang tak begitu populer di Indonesia. Mengingat model hatchback yang lebih murah dan populer sejak era 80-an dan 90-an membuatnya tak begitu banyak ditemukan di jalanan. Tapi hal tersebut tak membuat pesonanya sebagai sedan dengan rasa berkendara yang menyenangkan khas Honda memudar.

Perubahan terakhir dari Civic RS terjadi pada Oktober 2021 lalu dimana PT Honda Prospect Motor (HPM) membawa generasi terbaru sedan legendaris Honda ini. Dikenal dengan nama All New Civic RS 2021, peresmian secara virtual ini membawa tampilan baru dari Civic RS yang terasa lebih atraktif dan modern dibandingkan pendahulunya.

mobil baru Honda Civic RS di Indonesia
Eksterior Honda Civic RS yang terasa sporty dan premium

Bagian eksteriornya berubah total. Mulai dari grille depan dibuat lebih kompak dan lampu depan heksagonal. Desain honeycomb pada grille diganti dengan gaya block yang khas ditemukan pada mobil hybrid maupun mobil listrik. Termasuk side skirt samping yang dibuat lebih sederhana, velg 5-double spoke berwarna matte black, dan bumper belakang yang terlihat lebih ‘bersih’.

Sedangkan di bagian dalam, Honda membawa desain dashboard yang lebih simple, tapi tetap mempertahankan kesan sporty dan elegan di dalam kabin. Termasuk eleman desain honeycomb yang melintang di bagian tengah dashboard, tepat di bawah head unit berukuran 9.0 inci. Di depan setir sendiri terdapat kluster instrument full digital 10,2 inci yang menampilkan berbagai informasi berkendara.

>>> Denda Pajak Mobil Telat 1 Hari Harus Bayar? Berikut Perhitungannya

Kursi depan mendapatkan pengaturan jok elektris 8 arah, sedangkan kursi penumpang depan mendapatkan pengaturan 4 arah. Semua kursi dilengkapi dengan adjustable headrest serta armrest yang dipasang pada bangku belakang. Kursi berlapis kulit dipadukan dengan kombinasi faux-suede pun memberikan rasa nyaman layaknya mobil sport biasa.

Mesinnya masih membawa mode berkapasitas 1.5 liter 4-silinder yang mampu menawarkan tenaga maksimal 178 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 240 Nm pada 1.700 – 4.500 rpm. Mengalirkan tenaga ke roda depan menggunakan transmisi CVT yang sudah dibekali teknologi Earth Dreams untuk membuatnya semakin mulus berkendara.

interior sedan baru Honda Civic RS di Indonesia
Bagian dalam tak kalah mewah dan memberikan kenyamanan

Keunggulan mobil ini terdapat pada fitur Honda Sensing yang ditawarkan. Dipenuhi dengan berbagai fitur pendukung keselamatan dan pengendaraan untuk membantu Anda melaju lebih aman. Begitu pula mode berkendara Sport dan ECON yang bisa dipilih, serta Honda Smart Key Car, kunci berbentuk kartu tipis yang membuatnya semakin praktis dibawa.

Dengan segala kelengkapan fitur serta teknologi yang ditawarkan, tentu saja budget yang diperlukan cukup besar. Harga Honda Civic RS saat ini dibanderol mulai dari Rp 575 jutaan. Sedangkan harga pajak mobil Honda Civic RS saat ini tercatat mencapai Rp 6 jutaan. Bandingkan dengan pajak mobil Honda Civic 2020 yang tercatat ‘hanya’ Rp 5,3 jutaan.

>>> 7 Alasan Honda Civic Estilo Adalah Mobil Bekas Yang Cocok Untuk Anak Muda

Honda Civic Type R

Pertama kali dibawa ke Indonesia pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 silam, PT HPM memperkenalkan versi terbaru dari Honda Civic Type R pada bulan Mei 2021 silam. Sejumlah perubahan terlihat, termasuk penambahkan berbagai teknologi untuk membuatnya semakin garang di jalanan.

Kesan agresif langsung terasa dengan desain bumper depan dan belakang baru. Dimana bagian belakang mendapatkan diffuser dan wing spoiler untuk memberikan kesan sporty pada mobil ini. Ada pula velg alloy 20 inci yang sudah dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System yang akan memberikan informasi mengenai tekanan angin ketika berkendara.

mobil baru New Honda Civic Type R di Indonesia
Edisi baru Honda Civic Type R di Indonesia

Ubahan yang membuat Civic Type R semakin modern adalah kehadiran Wireless Charging untuk memudahkan pengendara mengisi daya smartphone sepanjang perjalanan. Termasuk desain baru pada Shift Knob dan setir berlapis kulit Alcantara yang memberikan ketebalan ideal untuk memberikan genggaman yang lebih baik.

Mengingat Civic Type dipasarkan sebagai mobil sport, maka tentu saja kenyamanan dan kepraktisannya tak begitu baik dibandingkan model sedan maupun hatchback. Head unit 7.0 inci memang masih tertinggal dibandingkan Civic RS. Tapi ada 8 speaker, Cruiser Control, dan Dual Zone Auto A/C untuk meningkatkan kenyamanan ketika di jalan.

>>> Mulai Pertengahan 2022, Mobil Honda Dilengkapi Google Built-In

Fitur i-MID yang dipasang pada mobil ini menawarkan berbagai desain berbeda pada mode berkendara, mulai dari Comfort, Sport, dan +R, serta display Throttle/Brake dan lap time recorder untuk memudahkan pengendara mengetahui berbagai informasi kendaraan.

Raungan mesin 2.0 liter VTEC Turbo yang mampu menghadirkan tenaga maksimal 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi puncak 400 Nm pada rentang 2.500 – 4.500 rpm masih menjadi daya tarik mobil ini. Apalagi membawa transmisi manual 6-percepatan bersanding Rev Match System yang memungkinkan Civic Type R mempertahankan tenaga maksimum saat perpindahan gigi.

interior mobil baru Honda Civic Type R di Indonesia
Bagian dalam Civic Type R menawarkan rasa berkendara khas mobil sport

Adu sporty tak perlu dipertanyakan lagi. Tapi tentu saja ada budget yang perlu diperhatikan. Harga Honda Civic Type R sendiri dipasarkan mulai dari Rp 1.1 miliar. Membuat besaran pajak mobil Honda Civic Type R saat ini berada di kisaran Rp 12 juta hingga 15 jutaan. Harga yang memang cukup tinggi untuk pajak per tahun.

Kedua mobil memang menjadi tumpuan Honda Civic setelah saudaranya Civic Hatchback RS tak lagi dipasarkan. Dibandingkan dengan model Honda lainnya, pajak mobil Honda Civic memang lebih tinggi, mengingat banderolnya yang juga selangit. Tapi tentu saja, harga yang dibayar setara dengan rasa berkendara yang ditawarkan oleh mobil ini.

>>> Review Honda Civic Type-R TCR 2018 : Mobil Dengan Desain Interior Keren 

Berita sama topik