Review Honda Civic Type-R TCR 2018 : Mobil Dengan Desain Interior Keren

01/08/2019| Abdul

1. PENGANTAR HONDA CIVIC TYPE - R TCR 2018

Kehadiran Civic TCR 2018 mewujudkan harapan demi melanjutkan kesuksesan Honda Civic di kompetisi Touring Car Racing Championship. Sejak tahun 2002, pihak Honda telah resmi menggandeng J.A.S Motorsport dan bersama cabang dari Asia sukses memperkenalkan Honda Civic Type-R TCR ke publik dengan sejumlah penambahan dan peningkatan performa dari pada tahun-tahun sebelumnya. Kita akan mengulas performa kendaran ini mulai dari eksterior, interior, kemampuan mesin, serta kelebihan dan kekurangannya.

2. EKSTERIOR HONDA CIVIC TYPE - R TCR 2018

Review Honda Civic Type-R TCR 2018 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan dan kanan Honda Civic Type-R TCR 2018

Desain depan hampir sama dengan Civic yang dijual masal tapi berbeda

Sekilas melihat bagian depan kendaraan ini, banyak orang mungkin mengira tidak ada perbedaan dengan Honda Civic pada umumnya yang dijual bebas. Jika kita amati body kendaraan memang ada kesamaan namun perbedaannya adalah material yang digunakan. Jenis Honda Civic yang dijual bebas menggunakan material galvanis dan plastik. Sedangkan Honda Civic Type-R TCR 2018 menggunakan material dari komposit yang lebih ringan dan kokoh. Bentuk kendaraan yang nampak cebol ini didesain untuk tujuan racing supaya nilai hambatan aerodinamika-nya berkurang. Bagian moncong depan dilengkapi dua lubang untuk mengarahkan angin sebagai pendingin di sistem pengereman.

Review Honda Civic Type-R TCR 2018 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Honda Civic Type-R TCR 2018

Mobil tampak ceper dengan desain sporty

Dilihat dari samping, Honda Civic Type-R TCR 2018 makin nampak ceper. Sistem suspensi yang memakai lansiran Ohlins original di bagian depan dan belakang serta menggunakan sistem 3 arah mampu dikombinasikan maksimal bersama body kit yang nampak gahar, agresif, dan siap tempur.

Review Honda Civic Type-R TCR 2018 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Honda Civic Type-R TCR 2018

Sayap bagian belakang desainnya sangat mendominasi

Bagian belakang memiliki sayap lebar yang didesain untuk menjaga kerapatan dengan aspal sirkuit. Ukuran dan desain sayap ini begitu mencolok dan menguatkan karakteristik Honda Civic Type-R TCR 2018 sebagai kendaraan racing yang tangguh. Menariknya lagi, bentuk sayap melebar di bagian belakang yang sangat dominan ini begitu menyatu dalam desain body kendaraan secara keseluruhan.

>>> Mungkin Tertarik:

3. INTERIOR HONDA CIVIC TYPE - R TCR 2018

Review Honda Civic Type-R TCR 2018 : Bagian Dashboard & Kemudi

Jangan bayangkan Honda Civic Type-R TCR 2018 ini sama dengan kendaraan Civic versi jalan raya. Versi jalan raya tentunya dirancang demi kenyamanan semua penumpang untuk menikmati perjalanan dengan kecepatan standar, serta ditunjang fitur-fitur hiburan lainnya. Nah, kita amati bagian interior dashboard dan kemudi Civic TCR 2018 ini, nampak perbedaan yang sangat kontras. Bagian dashboard kendaraan dirancang sangat simpel supaya pengemudinya lebih cepat beradaptasi dan menjaga konsentrasi sepanjang sirkuit. Di bagian dashboard ini sudah disematkan semua tombol fitur untuk racing termasuk LCD MoTec C127, start stop engine, turning signal, radio komunikasi, speed limiter, dan lain-lain. Sedangkan bagian setir dirancang dari perpaduan suede yang memudahkan dan memperkuat genggaman memakai sarung tangan racing.

Gambar ini menunjukkan kemudi mobil Honda Civic Type-R TCR 2018 dengan banyak tombol

Bagian interior sangat simpel karena khusus balapan

Review Honda Civic Type-R TCR 2018 : Bagian Jok Mobil

Lapisan jok kendaraan ini pastinya berbeda dari Civic versi jalan raya. Duduk di dalam kursi driver, sobat akan merasakan sensasi sebagai seorang pembalap profesional. Level kenyamanannya sudah pasti berbeda dari jok mobil Civic versi jalan raya, dan tidak mungkin juga membandingkannya karena tujuan utama didesain jok supaya driver tetap fokus namun tidak lengah akibat permukaan jok yang terlalu mulus.

Berhubung  Honda Civic Type-R TCR 2018 adalah mobil racing, tentu aneh jika ada bagasi di kabin. Oleh karena itu, desain interior ini didesain seefektif mungkin bagi driver dan co-driver dan seringan mungkin supaya dapat melesat cepat di sepanjang sirkuit.

>>> Mungkin Anda juga Tertarik:

4. FITUR HONDA CIVIC TYPE - R TCR 2018

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda Civic Type-R TCR 2018

Mekanisme otomatis telah diterapkan mulai bagian depan sampai belakang

Honda Civic Type-R TCR 2018 tidak menggunakan sistem aerodinamis aktif yang mengoperasikan bagian sayap dan sirip, tapi yang diterapkan adalah mekanisme otomatis dari bagian depan hingga belakang. Sistem pendingin dijalankan dari dorongan angin dari arah depan yang terkumpul dan dialirkan ke arah belakang, kemudian sisa udara dialirkan menuju sayap belakang sehingga daya cengkram ban lebih maksimal.

>>> Ini Sederet Fitur All New Honda Accord Yang Cukup Menggoda

5. OPERASI HONDA CIVIC TYPE - R TCR 2018

Gambar ini menunjukkan mesin yang terdapat pada mobil Honda Civic Type-R TCR 2018

Soal mesin tidak diragukan lagi karena untuk balapan

Kendaraan ini menggunakan mesin bawaan tipe R yang overbore yang dikenal sangat kencang. Tapi pihak J.A.S. menerapkan modifikasi dan peningkatan, termasuk penurunan total transmisi peranti kelistrikan dan mesin, kemudian melakukan penyeimbangan dalam proses blueprint engine. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 340 HP dengan torsi maksimal sebesar 420 Nm. Mesin Honda Civic Type-R TCR 2018 memakai transmisi sekuensial SADEV dan XTRAC yang jika dipacu secara maksimal dapat mencapai 800 Nm lebih.

>>> Honda BR-V Mesin Diesel lebih Irit ketimbang Mesin Bensin

6. SPESIFIKASI HONDA CIVIC TYPE - R TCR 2018

MESIN

Tipe

K20C, VTEC Turbocharger 4 Silinder

Kapasitas

1.996 cc

Bore x Stroke

86 mm X 85,9 mm

Tenaga Maksimal

340 HP

Torsi Maksimal

420 Nm

Sistem Transmisi

6 Percepatan Sekuensial dengan Paddle Shift SADEV Transmission dan opsi transmisi XTRAC

Kapasitas Tangki

80 Liter dengan FIA Homologation Safety Tank

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc 6 Pot Piston - 380 mm

Rem Belakang

Solid Disc 2 Pot Piston - 258 mm

Suspensi Depan

Ohlins TTX MacPherson Strut dengan Coil Spring, adjustable anti-roll bar 3 position

Suspensi Belakang

Ohlins S46 eye-eye Torsion beam, dengan coil spring, adjustable anti-roll bar 3 position

Velg

O.Z. Racing 18x10 inch

Jenis Ban

Soft Compound atau Racing Slick

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA CIVIC TYPE - R TCR 2018

Honda Civic TCR 2018 benar-benar menghadirkan konsep kendaraan racing yang visioner dan terbukti mendapatkan sambutan meriah selama ini. Namun yang namanya produk otomotif keluaran terbaru, ada sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlahan nampak jika dicermati. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Honda Civic Type-R TCR 2018.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Performa mesin gahar yang menunjukkan karakternya sebagai kendaraan racing dan overbore. Civic TCR 2018 telah teruji melalui ajang gelaran sirkuit dan kemampuan efektif menempuh jarak tercepat

Tidak diperdagangkan secara bebas, yang berarti sangat sulit memperolehnya di pasar otomotif reguler

Reputasi yang sangat baik di ranah racing

Cuma diijinkan dikendarai selama di sirkuit, sehingga kita tidak dapat menggunakannya sembarangan di jalanan

Tampilan eksterior keren dan kenyamanan interior bagi pembalap

Tidak tersedia di Indonesia, dan harganya yang sangat mahal, sedangkan di sini pun masih terbilang jarang peminatnya

>>> Baca Juga:

8. DAFTAR HARGA HONDA CIVIC TYPE - R TCR 2018

Satu hal yang harus sobat ketahui, kendaraan ini tidak dijual secara bebas, dan tidak tersedia di pasaran Indonesia. Semisal mau mendatangkan kendaraan ini, harga Honda Civic Type-R TCR 2018 kira-kira mencapai nilai sekitar 1,5 miliar rupiah dan itu pun masih belum termasuk pajak dan beban biaya masuk ke Indonesia.

9. VIDEO HONDA CIVIC TYPE - R TCR 2018

10. KESIMPULAN HONDA CIVIC TYPE - R TCR 2018

Bagaimanapun juga, Honda Civic Type-R TCR 2018 memang khusus untuk racing di sirkuit sehingga yang ditonjolkan adalah performa mesin dan kecepatannya. Sebenarnya bisa saja sobat mengendarainya layaknya kendaraan biasa di jalanan umum, namun akan terasa kurang maksimal dan nyaman, apalagi ruang kabin tidak menggunakan mesin penyejuk udara, sistem suspensi keras, dan lapisan jok yang memang khusus didesain bagi para pembalap. Tapi sebagai koleksi tentu sangat keren dan sesekali sobat mencobanya memacu di sirkuit layaknya seorang profesional.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review All New Honda Jazz 2020: Generasi Jazz Terbaik?

    16/11/2019| Arfian Alamsyah

    Review All New Honda Jazz 2020: Generasi Jazz Terbaik?

    Tampangnya memang bukan selera semua orang, Bahkan ia kalah sporty dari rivalnya All New Toyota Yaris 2020. Lantas, apakah Honda Jazz ini layak disebut sebagai generasi Jazz terbaik?

  • Review Honda Brio 2015 : Mobil LCGC Terjangkau Dengan Performa Tinggi

    17/10/2019| Abdul

    Review Honda Brio 2015 : Mobil LCGC Terjangkau Dengan Performa Tinggi

    Kesuksesan yang dituai Honda Brio pada 2012 silam mendorong PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda di Indonesia memperkenalkan Honda Brio Satya pada 2013. Lain dari versi pendahulunya, kendaraan tersebut adalah versi LCGC (Low Cost Green Car) dari city car tersebut. Nah Untuk kali ini kami akan membahas spesifikasi Honda Brio 2015, mari kita simak.

  • Review New Honda Mobilio S MT 2019

    04/10/2019| Fatchur Sag

    Review New Honda Mobilio S MT 2019

    Jika Anda ingin kendaraan dengan value tinggi tapi terjangkau, Anda tentu bisa memilih New Honda Mobilio S MT 2019. Walaupun pada versi kendaraan ini ada model RS yang lebih premium, versi S dengan transmisi manual ini tentu tidak kalah dalam memberikan kenyamanan berkendara. Jika Anda masih ragu tentang mobil ini, mari bahas bersama!.

International