Tesla Menantang Para Hacker, Bobol Sistem Keamanan Model 3 Ada Hadiah Miliaran

16/01/2020| Abdul

Tesla merupakan salah satu pabrikan asal Amerika Serikat (AS) dan salah satu kendaraan yang dimiliki adalah sedan model 3. Yang mana pihak Tesla menantang para hacker untuk menemukan celah keamanan yang terdapat pada Model 3. Apabila ada yang berhasil maka akan ada hadiah yang diberikan yakni uang tunai sebesar 1 juta dolar AS. Jika dirupiahkan mencapai Rp. 13,7 miliar dalam kurs Rp. 13.761/USD.

Gambar ini menunjukkan mobil Tesla model 3 warna merah tampak samping

Tesla Model 3 merupakan sebuah sedan yang sedang diperlombakan untuk diretas

>>> Baca Juga, Brand Mobil MG Akan Ikut Ramaikan Pasar Otomotif Indonesia, Sudah Daftar Di Gaikindo Lho!

Berkaitan dengan hal tersebut seperti dilansir dari Electrek pada tanggal 15/1/2020. Yang mana sebelumnya sudah ada sekelompok hacker yang dapat membobol sistem keamanan pada mobil yang terkoneksi. Akhirnya mereka mendapatkan hadiah berupa uang sebesar 35.000 dolar AS dan Tesla Model 3.

Kelompok hacker yang berhasil memenangkan hadiah tersebut bernama Fluoroacetate yang terdiri dari 2 orang yakni Richard Zhu dan Amat Coma. Selama kompetisi digelar, hecker tersebut bisa meretas sistem koneksi pada kendaraan. Dengan kesuksesan melakukannya maka pantas hadiah dapat dibawa pulang.

Target dari kebanyakan peretas adalah di bagian sistem hiburan yang ada pada Tesla Model 3. Nah dikabarkan pada kompetisi tahunan pada bulan Maret 2020 mendatang yakni Pwn20wn di Vancouver, mobil yang jadi korban adalah Tesla Model 3.

Jadi para peretas tidak hanya membobol sistem keamanannya saja, akan tetapi juga bisa membohongi sistem koneksi dari Model S. sehingga mobil melaju menuju jalur yang salah saat menggunakan metode adversarial attack yang dilakukan dengan teknik manipulasi pada sistem Machine Learning.

Tesla menantang para hacker pada kompetisi tersebut ada hadiahnya. Yang mana nantinya akan terbagi dalam beberapa kategori. Sementara yang cukup besar adalah menyerang 3 bagian penting dengan hadiah sebesar 250 ribu dolar atau jika dirupiahkan mencapai Rp. 3,5 miliar. 3 bagian tersebut merupakan yang paling aman pada Model 3.

Adapun 3 bagian tersebut adalah Gateway yang berfungsi pintu pusat untuk melakukan pemrosesan data. Data tersebut asalnya dari fungsi powertrain, sasis dan komponen lain yang penting. Sedangkan bagian kedua adalah Autopilot yang mempunyai fungsi untuk menjadi asisten pengendara. Yang mana sistem ini akan membantu pengemudi dalam melakukan perpindahan jalur di tempat parkir atau jalan raya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan interior mobil Tesla Model 3

Adanya hadiah bagi yang dapat membobol Sistem keamanan Tesla Model 3 untuk mengetahui bug yang ada

Sedangkan bagian ketiga adalah Vehicle Controller Secondary (VCSEC). Untuk fungsinya menjadi sistem keamanan seperti misalnya alarm kendaraan dengan hadiah terbesar. Alasannya adalah karena jika terjadi serangan pada bagian VCSEC bisa menjadi penyebab kecelakaan fatal dan berpotensi membahayakan pengendara.

Tesla menantang para hacker tersebut tujuannya untuk mendapat informasi apakah masih ada celah pada produknya. Karena memang Tesla sangat memperdulikan dan memberi perhatian yang khusus di bagian sistem keamanan.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • Sukses Diselenggarakan, Ini Rangkaian Program Pada Road to IMX 2021 Series

    30/03/2021| Abdul

    Sukses Diselenggarakan, Ini Rangkaian Program Pada Road to IMX 2021 Series

    Pasca pandemi kali ini diharapkan ekonomi dapat pulih. Banyak acara ikut berkontribusi dalam hal tersebut, salah satunya adalah acara yang digelar di Bali yakni Road to IMX 2021 Series. Jadi pemulihan yang dilakukan di Bali tersebut dengan menghadirkan kegiatan otomotif yang mempunyai kualitas mumpuni.

  • Sudah Bisa Beli Tiket, Road to IMX 2021 Series: Virtual Stage Makassar Akan Diadakan Tanggal 3 Juni 2021

    30/03/2021| Abdul

    Sudah Bisa Beli Tiket, Road to IMX 2021 Series: Virtual Stage Makassar Akan Diadakan Tanggal 3 Juni 2021

    Road to IMX 2021 Series: Virtual Stage Makassar nantinya akan dilakukan pada tanggal 3 Juni 2021. Dimana dalam acara tersebut akan ada Supergiveaway 1 unit mobil modifikasi dari Ridwan Hanif dan juga tim modifikator RHRC. Kita berharap acara tersebut akan kembali lancar seperti yang telah dilakukan di Bali dan bisa lebih meriah lagi.

  • IIMS Virtual 2021, Manfaatkan Beli Mobil Toyota Dengan Cicilan Rp. 2 Jutaan

    24/03/2021| Abdul

    IIMS Virtual 2021, Manfaatkan Beli Mobil Toyota Dengan Cicilan Rp. 2 Jutaan

    IIMS Virtual 2021 digelar selama Maret akhir hingga awal bulan April. Terdapat beragam program menarik yang ditawarkan. Jadi bagi Sobat yang berniat membeli mobil ini menjadi waktu yang tepat. Namun yang perlu diingat, saat membeli mobil persiapan harus matang. Jika membeli cash maka harus siap dananya dan jika beli kredit pertimbangkan setoran bulanannya.

International