Banyak Yang Absen di Frankfurt Motor Show 2019, Ada Apa?

16/09/2019| Fatchur Sag

Pameran otomotif Internationale Automobi-Ausstellung (IAA) atau Frankfurt Motor Show 2019 sedang digelar di Jerman dari tanggal 12 September 2019 lalu dan bakal berakhir tanggal 22 September 2019. Berbagai model terbaru diperkenalkan produsen-produsen mobil kelas dunia menawarkan berbagai keunggulan. Bukan hanya model baru yang langsung dipasarkan, Frankfurt Motor Show 2019 juga jadi ajang perkenalan mobil-mobil konsep masa depan.

Foto menunjukkan suasana di pameran Frankfurt Motor Show 2019

Pameran Frankfurt Motor Show 2019 meriah

>>> Lebih Unik Dan Sederhana, Logo Baru Volkswagen Diperkenalkan Di Frankfurt motor Show 2019

Meski cukup menghebohkan, ternyata banyak produsen ternama yang memutuskan tidak turut ambil bagian sebagai peserta. Padahal sebelumnya mereka adalah langganan. Setidaknya ada delapan merek yang absen yaitu Toyota, Nissan, Kia, Ferrari, Fiat Chrysler Automobiles, Peugeot, Citroen, dan Volvo. Sedangkan dua merek yang lain yaitu BMW dan Daimler masih ikut namun dengan skala yang lebih kecil dari sebelumnya.

Menurut handelsblaatt.com, selain banyak yang absen gelaran ajang Frankfurt Motor Show 2019 juga menuai banyak kritik baik dari produsen maupun pengamat otomotif. Banyak yang beranggapan kalau ajang tahun ini lebih mengedepankan sisi komersil dengan peluncuran banyak model baru, ketimbang fokus pada konsep mobilitas. Pameran juga dirasa off to date dan terlalu mahal. Wajar jika mereka absen atau mengurangi skala pameran baik dari sisi budget maupun pilihan booth.

"Kepentingan pameran otomotif telah berganti. Pada masa depan, fokus semestinya dikurangi pada produk dan lebih ke teknologi," tutur Nicolas Peter, kata bos keuangan BMW.

>>> Strategi Masa Depan Mengalir Di BMW Concept 4 Tanpa Tinggalkan Kesan Klasik

Foto menunjukkan BMW Concept 4 tampak dari samping depan

BMW pamerkan Concept 4 dengan desain grill baru

Mantan CEO Opel dan Volkswagen China, Karl-Thomas Neumann juga mengkritik IAA. Melalui akun Twitternya @KT_Neumann dia menulis Frankfurt Motor Show 2019 adalah kegagalan dan merupakan bayangan dari pencapaian sebelumnya. Dia juga bilang tidak akan ada IAA pada 2021.

It is obvious so let’s say it explicitly: The #IAA2019 is a huge fail. It’s just a sad shadow of what it used to be. There will not be an #IAA2021. End of story. \KTN
— Karl-Thomas Neumann (@KT_Neumann) September 11, 2019

Dikabarkan asosiasi industri otomotif Jerman, Verband der Automobilindustrie (VDA), selaku penyelenggara bakal mendiskusikan ide serta konsep masa depan buat IAA agar tidak lagi 'garing', mengingat di pameran tahun ini jumlah peserta pameran turun 20 persen dibanding sebelumnya menjadi 800. Begitu pula dengan luas lahan yang digunakan juga menyempit hingga 20 persen menjadi 168 ribu meter persegi.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International