Mengenal Lebih Dalam Compund Turbo, Si Twin Turbo 'Banci'

28/05/2019 Arfian Alamsyah TOP mobil

Dalam dunia mesin induksi paksa alias turbocharger, ada yang disebut dengan compound turbo. Ini adalah suatu sistem turbocharger yang mengandalkan dua buah turbo namun satu turbonya 'banci'. Inilah penjelasan lengkap dari kami, mengenal lebih dalam compound turbo, si twin turbo 'banci'.

Dalam dunia mobil dengan mesin turbo alias mesin dengan sistem induksi udara paksa ada yang disebut dengan compound turbo. Compound turbo adalah salah satu cara untuk mengkail tenaga yang merata antara putaran bawah dengan putaran atas, Namun, sistem ini sering juga disebut dengan twin turbo 'banci'. Ini dikarenakan ada dua buah turbo (twin turbo) namun ukurannya berbeda, mari kita mengenal lebih dekat compound turbo ini.

>>> Berikut ini adalah jenis-jenis kerusakan yang dapat menimpa turbo di mobil Anda

Sebuah sistem compound turbocharger

Compound turbocharger system itu terdiri dari dua buah turbo dengan ukuran yang berbeda

Compound turbo penjelasan mudahnya adalah mesin yang dilengkapi dengan turbo ganda atau twin turbo namun ukurannya berbeda. Tujuannya agar tenaga yang dikail lebih merata, baik di putaran bawah maupun putaran atas. Compund turbo adalah sebuah solusi untuk memaksimalkan tenaga pada setiap putaran mesin. Biasanya, compound turbo mengandalkan dua buah turbo yang ukurannya berbeda.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Tampak sistem turbocharger di mobil reli Skoda Fabia R5

Tak heran, sistem single turbo lebih diminati karena tidak terlalu rumit sistem kontrolnya

Cara kerja dari sistem compound turbo ini terbagi dalam tiga step besar, yaitu pertama udara masuk ke turbo yang ukurannya lebih kecil terlebih dahulu, lantas gas buang masuk ke dalam turbo yang lebih besar, ketiga turbo besar akhirnya spooling atau hidup. Namun, sistem ini membutuhkan pengontrolan elektronik yang rumit, sama halnya seperti sequential turbo yang pernah kita bahas. Selain itu, konstruksinya juga rumit.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca