Mengapa Tuas Transmisi Pick Up Modern Di Pasang Menyatu Dasbor? Ini Alasannya

31/07/2019| Arfian Alamsyah

Pernahkah Anda berpikir mengapa posisi tuas transmisi mobil pick up modern saat ini didesain menyatu dengan dasbor? Nyaris semua produk pick-up kekinian seperti New Suzuki Carry Pick Up, DFSK Super Cab, hingga mobil Daihatsu Gran Max semua mobil pick modern tersebut telah menerapkan posisi tuas transmisi yang menyatu dengan dasbor di semua tipe maupun varian mesin yang dijualnya di tanah air.

>>> Beli New Suzuki Carry Pick Up kini lebih ringan biaya perawatannya karena hal ini

Tampak posisi tuas transmisi mobil DFSK Super Cab 2019

Posisi tuas transmisi di bagian tengah akan mempermudah driver dalam menggapai tuas transmisi

Ternyata penempatan tersebut ada alasan teknis khusus. Yakni kelegaan kabin dan egronomika. Dengan posisi tuas transmisi berada di dasbor mobil, secara otomatis tangan kiri dari pengemudi akan lebih mudah dalam meraih tuas transmisi tersebut. Meski tidak semua hal positif, dari sisi teknis contohnya, penempatan posisi tuas transmisi di bagian dasbor membutuhkan kabel penghubung ke transmisi yang lebih panjang.

>>> Ini pendapat kami mengenai Suzuki Carry Pick Up terbaru di Indonesia

Kabin mobil DFSK Super Cab 2019

Dengan posisi tuas transmisi berada di dasbor maka kabin jadi lebih lega

Namun demikian, posisi penempatan tuas transmisi di bagian dasbor saat ini dinilai paling baik dari segi egronomika, dan juga dari segi kelegaan kabin. Maka tak heran hampir semua pick up modern kekinian menempatkan posisi tuas transmisinya pada bagian dasbor. Dan nyaris semua pick up yang ada di Indonesia kini sudah mampu memuat 3 orang penumpang termasuk pengemudi di kabinnya.

>>> Dapatkan tips dan trik serta hal-hal menarik seputar teknis mobil hanya di Mobilmo.com

Berita sama topik

International