Review Toyota Hilux Single Cabin 2015 : Mobil Yang Cocok Untuk Angkut Beban Berat

02/09/2019 | Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA HILUX SINGLE CABIN 2015

Mobil besutan Toyota satu ini menjadi kelas yang paling bawah dari seri All New Toyota Hilux yang hadir dengan 2 tipe pilihan mesin yaitu diesel dan bensin. Jika dibandingkan dengan varian Toyota Hilux Double Cabin dan Extra Cabin, mobil Toyota Hilux Single Cabin 2015 mempunyai sejarah yang cukup panjang dan menjadi kendaraan yang legendaris yang pernah diluncurkan Toyota. Pertama kalinya mobil Toyota Hilux diperkenalkan pada tahun 1968, dan generasi Toyota Hilux Single Cabin 2015 merupakan generasi ke-8.

Dan bagi sobat yang berencana membeli mobil yang satu ini, mungkin review Toyota Hilux Single Cabin 2015 lengkap di bawah ini bisa membantu.

2. EKSTERIOR TOYOTA HILUX SINGLE CABIN 2015

Secara umum, eksterior Toyota Hilux Single Cabin 2015 memang mempunyai banyak perubahan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Perubahan tersebut meliputi pilihan warna, mesin, dimensi, hingga desain baru yang lebih stylish. Toyota Hilux Single Cabin 2015 kini hadir dengan 4 pilihan warna yang menarik seperti Silver Metallic, Dark Grey Mica Metallic, Super White, dan Attitude Black.

Review Toyota Hilux Single Cabin 2015 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Toyota Hilux Single Cabin 2015

Tampilan depan tampak gagah dan lebih stylish

Untuk eksterior bagian depan, Toyota membekalinya dengan grill yang tampil lebih stylish dan menempatkan logo Toyota di bagian tengah. Bezel yang berwarna hitam di bagian fog lamp mempunyai sisi miring serta headlamp nya yang mempunyai bentuk menyempit dan melengkung di bagian ujung.

Review Toyota Hilux Single Cabin 2015 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Hilux Single Cabin 2015

Kendaraan fungsional dengan cargo besar

Untuk bagian samping Toyota Hilux Single Cabin 2015 terlihat lebih fungsional berkat kehadiran cargo dengan ukuran 1.980 mm x 1.575 mm x 480 mm yang bisa menunjang untuk berbagai kegiatan pengangkutan pengguna. Apalagi bagi Sobat yang sering bepergian dengan membawa banyak barang, maka mobil ini memang jadi pilihan yang terbaik.

Review Toyota Hilux Single Cabin 2015 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Hilux Single Cabin 2015

Desain lampu belakang lebih melebar agar mudah dilihat

Sedangkan di bagian belakang mobil ini, bisa terlihat jika eksteriornya menempatkan rear combination stop lamp yang tampil elegan. Dan untuk bagian lampu belakangnya didesain lebih melebar di bodi samping sehingga dapat terlihat mudah oleh pengendara lainnya dari samping.

>>>  Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA HILUX SINGLE CABIN 2015

Review Toyota Hilux Single Cabin 2015 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Toyota Hilux Single Cabin 2015

Fitur yang diberikan di dashboard sesuai kebutuhan pemiliknya

Di bagian interior yang tampil cukup sederhana, akan tetapi tetap tampil stylish meskipun fungsi mobil hanya sering digunakan untuk kegiatan berniaga. Terutama di bagian dashboard dan kemudi mobil, bisa terlihat tampilan yang simpel dan stylish karena penataan interiornya yang sangat presisi.

Hanya saja sayangnya tidak terdapat fitur-fitur istimewa, bahkan Toyota juga tidak menyematkan head unit sama sekali. Sehingga head unit adalah fitur opsional yang terdapat pada mobil ini. Meskipun begitu, untuk menunjang kenyamanan ketika berkendara menggunakan Toyota Hilux Single Cabin 2015 tetap diberikan AC kontrol sehingga pengemudi tidak akan kepanasan. Untuk bagian setir mobil, memang terlihat sederhana yang didesain 3-spoke serta sudah menggunakan Power Steering yang semakin memudahkan pengemudi ketika mengendalikan setir kemudi.

Review Toyota Hilux Single Cabin 2015 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Hilux Single Cabin 2015

Kapasitas hanya 2 orang karena bukan kendaraan penumpang

Masih seputar interior mobil, di bagian jok mobil Toyota Hilux Single Cabin 2015 hanya mempunyai 1 baris dan dapat menampung dengan kapasitas penumpang hanya 2 orang saja. Material jok mobil yang digunakan sebenarnya biasa saja, namun tetap memberikan kenyamanan saat sedang berkendara.

Review Toyota Hilux Single Cabin 2015 : Bagian Cargo Dek

Untuk edisi Toyota Hilux Single Cabin 2015, cargo dek untuk tipe S-cab ini diperbaiki dengan menguatkan header panel. Ketebalannya pun juga ditambah serta mengoptimalkan bantalan yang terdapat pada wheel house. Dengan luas deck yang cukup besar, maka otomatis ini akan lebih menguntungkan dikarenakan volume barang yang diangkut juga bisa lebih besar.

>>> Mungkin Anda juga Tertarik:

4. FITUR TOYOTA HILUX SINGLE CABIN 2015

Review Toyota Hilux Single Cabin 2015 : Fitur Keselamatan

Dari segi keselamatan dan keamanan, tak perlu sobat ragukan lagi mengenai kemampuan dari Toyota Hilux Single Cabin 2015. Performa mesinnya dilengkapi fitur-fitur keselamatan terkini yang menjadi keunggulan dari Toyota. Dimulai dari keberadaan sistem pengereman ABS dan EBD yang semakin membuat kerja pengereman maksimal. Dan tak lupa pula Toyota juga membekalinya dengan seat belt yang dilengkapi Dual SRS Airbag yang semakin melindungi penumpang di dalamnya dari risiko cedera saat terjadi benturan atau kecelakaan.

Gambar ini menunjukkan fitur airbags pada Toyota Hilux Single Cabin 2015

Fitur keselamatan turut diberikan seperti Dual SRS Airbag

Review Toyota Hilux Single Cabin 2015 : Fitur Hiburan

Seri Toyota Hilux S-Cab untuk semua tipe memang tidak diberikan fitur Audio yang dapat menjadi hiburan. Namun tersedia ruang yang dapat digunakan sebagai tempat audio jika sobat ingin memodifikasi dengan penambahan Audio Unit.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

5. OPERASI TOYOTA HILUX SINGLE CABIN 2015

Dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya, ada banyak perubahan yang bisa ditemukan dalam Toyota Hilux Single Cabin 2015. Toyota Hilux Single Cabin 2015 sendiri hadir dalam pilihan mesin bensin dan diesel. Untuk mesin yang digunakan sudah menggunakan teknologi dual VVT-I yang membuat kerja mesin jadi lebih bertenaga dan efisien. Untuk tipe bensin 2.0L menggunakan mesin 1TR-FE 4 silinder segaris 16 Katup DOHC yang dilengkapi teknologi Dual VVT-i. Mesin mobil berkapasitas 1.998 cc yang dapat menghasilkan tenaga hingga maksimal 139 Ps dalam putaran 5.600rpm. Sedangkan untuk torsi mencapai maksimal 183 Nm untuk putaran 4.000rpm.

Gambar ini menbunjukkan ilustrasi mesin mobil pada Toyota Hilux Single Cabin 2015

Terdapat 2 pilihan mesin yakni bensin dan diesel

Sedangkan mesin Diesel 2.5 L nya menggunakan tipe 2KD-FTV, 4 silinder segaris, 16 katup DOHC yang berkapasitas 2.494 cc. Mesin dieselnya ini mampu menghasilkan tenaga hingga maksimal 102 Ps untuk putaran 3.600rpm sedangkan torsi maksimal mencapai 200 Nm untuk putaran 1.200-3.400rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh kedua mesin ini menggunakan transmisi manual 5 percepatan.

>>> Review Isuzu D-Max 2019 : Mobil Pick Up Truck Gahar Dengan Fitur Mumpuni

6. SPESIFIKASI TOYOTA HILUX SINGLE CABIN 2015

Berikut ini merupakan spesifikasi Toyota Hilux Single Cabin 2015:

DIMENSI

Wheelbase

3.085 mm

Panjang

4.930 mm

Lebar

1.800 mm

Tinggi

1.685 mm

MESIN

BENSIN

DIESEL

Tipe Mesin

1TR-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i

2KD-FTV 4 silinder segaris 16 katup DOHC

Kapasitas

1.998 cc

2.494 cc

Daya Maksimum

139 Ps / 5.600 rpm

102 Ps / 3.600 rpm

Torsi Maksimum

183 Nm / 4.000 rpm

200 Nm / 1.200-3.400 rpm

Diameter x Langkah

86,0 x 86,0 mm

92,0 x 93,8 mm

HANDLING & SUSPENSI

Suspensi Depan

Double Wishbone

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA HILUX SINGLE CABIN 2015

Jika melihat dari review Toyota Hilux Single Cabin 2015 dan spesifikasi yang telah dijelaskan, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil seri Toyota Hilux ini yang mungkin bisa Sobat jadikan sebagai bahan pertimbangan, antara lain adalah:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mesin yang bertenaga dan mumpuni

Bukan dipergunakan sebagai mobil pribadi atau mobil keluarga

Konsumsi BBM untuk mesin diesel relatif lebih irit

Kapasitas penumpang hanya 2 orang saja

Handling lumayan baik untuk sekelas mobil D-cab

Tidak adanya fitur-fitur penunjang di dalam kabin mobil

Desain eksterior yang simple, namun tetap terlihat tangguh dan elegan

Transmisi yang kurang responsif

Peredaman cukup baik

Putaran bawah agak lambat

Sparepart mobil relatif murah dan bisa ditemukan mudah di manapun

 

Cocok untuk Sobat yang sering menggunakan mobil untuk mengangkut beban berat

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA HILUX SINGLE CABIN 2015

Toyota Hilux menjadi salah satu kendaraan yang dapat dipakai untuk kebutuhan angkut barang. Bahkan untuk usaha seperti dagang dan jualan barang bisa memakai mobil besutan Toyota ini. Berikut ini merupakan daftar harga Toyota Hilux Single Cabin 2015.

TIPE

HARGA

Toyota Hilux 2.0 Gasoline M/T Single Cabin

Rp 197.400.000,-

Toyota Hilux 2.5 Diesel M/T Single Cabin

Rp 214.900.000,-

Nb. Harga dapat berubah sewaktu - waktu

9. VIDEO TOYOTA HILUX SINGLE CABIN 2015

10. KESIMPULAN TOYOTA HILUX SINGLE CABIN 2015

Toyota Hilux Single Cabin 2015 dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan pengangkutan barang. Sehingga bila terdapat seseorang yang berniat menggunakannya sebagai mobil pribadi, maka hal tersebut tidak disarankan. Dengan facelift yang dilakukan, mobil ini tampilannya terlihat tangguh dan juga segar.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 17/11/2018 | Padli Nurdin

    Review Toyota Hilux Invincible 50 2018

    Tak terasa, Toyota Hilux sudah menghabiskan 50 tahun terakhir membantu konsumen terlebih mereka yang bekerja di bidang perdagangan dengan memberikan kendaraan bertenaga yang kuat. Untuk merayakan setengah abad perjalanannya, Toyota Hilux Invincible 50 2018 siap dihadirkan dengan spesifikasi yang mumpuni.

  • 03/10/2019 | Abdul

    Review Toyota Alphard 2015 : Mobil MPV Premium Untuk Keluarga Indonesia

    Ketika mendengarkan MPV (Multi-purpose Vehicle), apa yang bakal terbayang dalam benak Sobat? Ya, mobil berbodi bongsor dengan kapasitas besar. Spesifikasinya yang mumpuni pun membuat MPV jadi salah satu jenis mobil yang difavoritkan masyarakat Indonesia, terutama bagi target yang membutuhkan family car. Toyota Alphard 2015 adalah satu dari sekian MPV dengan reputasi terbaik di Tanah Air. Berikut kami ulas Spesifikasi Toyota Alphard 2015.

  • 02/10/2019 | Fatchur Sag

    Review Toyota Sienta Q CVT Facelift 2019

    Jika Anda butuh MPV untuk keluarga dengan tampilan menarik dan juga fitur yang cukup lengkap, Toyota Sienta bisa jadi pilihan. Toyota Sienta versi 2019 memiliki penampilan paling menarik daripada generasi sebelumnya. Selain itu model Toyota Sienta Q CVT merupakan model paling premium dan transmisi CVT adalah transmisi otomatis paling populer saat ini di pasaran.