Ternyata Ini Penyebab Mobil Tidak Bertenaga Di Tanjakan

17/02/2018 Mobilmo.com Tips & Trik

Pada saat melintasi tanjakan diperlukan tenaga yang lebih dibandingkan jalanan yang datar atau menurun. apabila tenaga yang dihasilkan oleh mesin Mobil bisa terjadi mesin mati di tengah jalan karena tidak kuat menanjak.

Pada saat melintasi tanjakan diperlukan tenaga yang lebih dibandingkan jalanan yang datar atau menurun. apabila tenaga yang dihasilkan oleh mesin Mobil bisa terjadi mesin mati di tengah jalan karena tidak kuat menanjak. Daerah yang banyak tanjakan adalah pegunungan yang rata-rata hampir semuanya menanjak. Oleh sebab itu saat melintasi jalanan tersebut dibutuhkan performa yang maksimal dan kondisi Mobil prima. Tentunya jika mengalami hal ini ada masalah yang perlu diwaspadai. Lantas apa yang menjadi penyebab Mobil tidak bertenaga di tanjakan? Dalam artikel ini terdapat 6 penyebab yang bisa menambah kewaspadaan pada Mobil Anda dan dilakukan pemeriksaan supaya dapat menaiki tanjakan dengan lancar.
  1. Berkurangnya pasokan udara yang menuju mesin

Adapun masalah pertama yang menjadi penyebab Mobil tidak bertenaga di tanjakan adalah pasokan udara pada mesin kurang. Udara sendiri mempunyai pengaruh terhadap mesin Mobil, walaupun sebenarnya untuk udara di daerah pegunungan mempunyai efek yang baik pada mesin. akan tetapi tenaga bisa saja hilang jika ada masalah yang terjadi pada sektor induction system. Oleh sebab itulah tenaga menjadi hilang karena pasokan udara yang mengarah pada mesin berkurang. Baca juga: Cara Berhenti Di Tanjakan dan Berjalan kembali dengan Mobil Manual Biasanya hal ini terjadi apabila filter udara pada mesin Mobil mengalami masalah seperti kondisinya yang kotor. Tidak hanya itu, pada Mobil yang telah menggunakan teknologi EFI dan DBW menjadikan thortle body tersumbat. Apabila ini terjadi maka saat menaiki tanjakan dengan paksa maka power yang dimiliki akan menurun. hal ini bisa menjadikan Mobil mati di tanjakan dan tentunya sangat berbahaya. Adapun solusinya adalah dengan membersihkan filter udara atau menggantinya dengan yang baru apabila permukaan filter sudah mulai berwarna hitam.
  1. Saluran Bahan bakar dalam kondisi kotor
Selanjutnya yang menjadi penyebab Mobil tidak bertenaga di tanjakan adalah sistem saluran bahan bakar dalam kondisi kotor. Pada sebuah Mobil, saluran bahan bakar terbagi menjadi injektor dan tangki bahan bakar. Apabila kotoran dapat masuk menuju sistem injeksi, maka bisa menyebabkan tersumbat sehingga mesin Mobil menjadi loss power dan membuat mesin Mobil mati mendadak. Komponen yang sering kotor dan harus dibersihkan adalah filter bensin, karena jika kotoran menumpuk pada bagian ini membuatnya tersumbat dan aliran bahan bakar terhalang.
  1. Terjadi masalah pada Turbo vane

Untuk penyebab yang satu ini berlaku pada Mobil dengan mesin diesel. Jadi Mobil yang menggunakan komponen turbo telah dilengkapi juga dengan turbo vane yang memiliki fungsi untuk mengatur boost preasure yang asalnya dari turbo. Apabila boost preasur tidak biasa dilakukan pengaturan maka menyebabkan suplay udaranya menjadi berlebihan sehingga timbul rasio Mobil yang mengalami peningkatan. Hal ini dapat menyebabkan Mobil tidak bertenaga dan juga dapat membuat mesin Mobil overheat. Untuk solusinya adalah membawanya ke bengkel khusus yang menangani mesin jenis diesel. Karena turbo vane memiliki beberapa komponen yang rumit sehingga sangat diperlukan tenaga yang ahli dalam bidangnya.
  1. Kampas kopling sudah mulai habis

Selanjutnya adalah kampas kopling yang mulai habis bisa menyebabkan tenaga Mobil berkurang saat di tanjakan. Kebanyakan orang saat menanjak menggunakan setengah kopling, padahal hal tersebut justru membuat kampas kopling cepat aus. Hal tersebut dikarenakan terjadi pergesekan antara plat kopling dengan preassure plat. Adapaun ciri dari kampas kopling habis adalah saat memindahkan gigi transmisi terasa sedikit sulit tidak seperti biasanya. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Jangan memaksakan untuk tetap melintasi tanjakan karena bisa berbahaya bagi diri Anda sendiri.
  1. Tapak ban terlalu lebar

Untuk penyebab Mobil tidak bertenaga di tanjakan mengenai pergantian ban yang digunakan. apabila tapak ban Mobil terlalu lebar maka tenaga yang dibutuhkan harus besar. Memang tampang mobil menjadi lebih gagah, namun perlu mesin dengan tenaga besar untuk membuatnya berjalan dengan normal. Dengan menggunakan tapak ban lebar membuat beban yang diterima menjadi lebih besar. Oleh sebab itu sebaiknya memilih ban yang telah direkomendasikan oleh pihak pabrikan supaya Mobil dapat melintasi jalanan dengan lancar.
  1. Beban pada Mobil terlalu berlebihan
 

Adapun penyebab Mobil tidak bertenaga di tanjakan yang terakhir adalah Mobil membawa beban yang terlalu banyak melebihi kapasitas yang direkomendasikan. Biasanya masalah yang satu ini terjadi pada Mobil dengan segmen low MPV ataupun jenis LCGC. Pemilik memaksakan membawa banyak barang padahal kapasitas mesin yang digunakan hanya 1.0 l sampai 1.5 l saja. Solusinya adalah dengan membawa barang secukupnya saja sekiranya Mobil Anda mampu untuk membawanya terutama saat melintasi tanjakan.  

Mungkin anda ingin baca

  • Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa
    Tips & Trik Abdul Kosim

    Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa

    09/05/2018

    Sebentar lagi akan datang bulan yang penuh rahmat yakni Ramadhan. Yang dimana umat Islam akan melangsungkan puasa sebulan penuh baik bagi pria, wanita, pekerja ataupun pengangguran. Meskipun sedang berkendara tetap harus melakukan puasa dan berbuka di waktu maghrib tiba. Berkendara dengan Mobil saat berpuasa bukan membutuhkan daya konsentrasi lebih. Apalagi saat di siang hari yang panas sehingga sangat melelahkan dan sering mengantuk.

  • Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman

    07/05/2018

    Salah satu jenis kendaraan yang difavoritkan anak muda adalah Mobil sedan. Hal tersebut karena tampilannya yang sporty dan begitu menawan.

  • Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman

    07/05/2018

    Mudik merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh sebagian orang untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Pada umumnya dilakukan oleh keluarga yang tinggal jauh dengan orang tua saat libur panjang atau ketika lebaran tiba.