Spesifikasi Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020: Ada Pilihan Varian 3 dan 7 Airbag Dengan Harga Berbeda

30/06/2021| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO CVT 2020

Sebelumnya dalam segmen kendaraan Hatchback diduduki oleh Toyota Starlet. Setelah itu kehadiran Yaris menggantikannya, rivalnya adalah Honda Jazz yang sama-sama jadi idaman anak muda. Pada awal kehadirannya mobil Yaris dengan tipe termahal dibanderol dengan harga Rp. 200 jutaan. Zaman semakin berkembang, mobil juga terdapat perkembangan dari segi tampilan, fitur dan juga harganya.

Toyota Yaris saat ini memiliki tampilan yang lebih sporty dan siap untuk  memuaskan masyarakat Indonesia, terutama para anak muda. Yaris sendiri terdapat pilihan 3 airbags dan 7 airbags yang mempunyai harga berbeda.

2. EKSTERIOR TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO CVT 2020

Sisi Depan Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Sisi depan terdapat aksen merah sebagai ciri khas varian TRD Sportivo

Varian facelift 2020 ini terdapat perbedaan utama yaitu pada bagian headlamp dan bumpernya. Di bagian DRL didesain menyatu dengan headlamp, lampu utama mengandalkan LED multi reflektor dan lampu sein masih menggunakan bohlam. Lampu DRLnya terdapat pada bagian headlamp bawah yang dapat menyala ketika mesin dinyalakan dengan transmisi berada di posisi D.

Di bagian depannya ini mempunyai tampilan yang lebih stylish dengan penggunaan desain baru. Untuk sisi depan, desain secara keseluruhan yang baru meliputi New Striking LED Headlamp Design, New LED Fog Lamp Design dan Attractive New front Grille & bumper.

Sisi Samping Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Gambar ini menunjukkan sisi samping mobil Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Desain eksterior dengan pre facelift tidak jauh berbeda

Ketika melihat pada bagian samping memang terlihat sama saja dengan varian sebelum dilakukan facelift tahun 2020. Velg mobil tetap sama yakni mengandalkan 16 inci yang mengandalkan machining alloy. Di bagian spion menggunakan sewarna bodi berpadu dengan handle pintu mobil beraksen warna krom. Tampilan tetap proporsional dengan adanya side skirt yang membuat mobil ini tampak lebih sporty. Sisi fender depan terdapat emblem tulisan Dual VVT-i menggunakan warna krom dan merah untuk huruf "i".

Sisi Belakang Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Gambar ini menunjukkan sisi belakang Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Tampilan sporty sampai ke sisi belakang

Sisi buritan juga tidak dilakukan banyak perubahan. Hanya saja dengan desain yang diberikan pada bagian bumper membuat tampilannya lebih sporty lagi. Pada bagian atasnya terdapat antena model shark fin dipadukan dengan rear upper spoiler, rear defogger dan rear wiper. Stop lamp juga masih sama dengan LED bar, dimana ketika dinyalakan saat malam hari bagian belakangnya terlihat menarik. Sisi tengah lampu belakang terdapat aksen garnish dengan aksen full black serta logo Toyota aksen krom pada bagian tengah.

Emblem TRD Sportivo di bagian kanan pintu  dan Yaris pada sisi kiri dipadukan dengan sensor parkir 2 titik. Sementaara di bagian bumper terdapat add on body kit TRD Sportivo dan reflektor sisi kanan dan kiri dengan ukuran cukup besar. Terdapat ciri khas garis aksen warna merah dan tulisan TRD Sportivo. Bagian bawah sendiri ada muffler dengan posisi di sebelah kanan.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO CVT 2020

Kabin Depan Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Gambar ini menunjukkan kabin depan Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Kabin depan tampak rapi dengan perpaduan warna hitam dan silver

Masuk ke dalam kabin depan Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020 akan dihadapkan tampilan desain sama dengan sebelum facelift. Pada bagian door trim mengandalkan aksen full black dengan bahan hard plastik. Sementara pada armrest diberikan bahan soft touch yang dipadukan dengan jahitan warna merah. Power window juga diberikan pada bagian ini dengan auto untuk sisi pengemudi depan. Tombol-tombol lainnya adalah power window lock, power door lock, electric mirror dan electric retract. Bagian ini terbilang komplit, apalagi ada speaker, door pocket dan cup holder.

Dashboard sebelah kanan terdapat tuas pembuka kap mesin dan laci penyimpanan tertutup . Beberapa tombol juga diberikan seperti headlamp leveling, Stability Control, drive mode dan tombol start/stop engine. Kisi-kisi AC mobil diposisikan di atasnya dengan bagian tengah ada aksen krom. Bahan dashboard mengandalkan hard plastik, sisi tengah dashboard terdapat head unit model monitor menggunakan ukuran 7 inci berpadu dengan Control Auto AC dengan Digital Display.

Di sisi tengah pengemudi dan penumpang depan terdapat tuas transmisi dan park brake mekanikal dengan ujungnya diberi aksen krom. Dibelakangnya terdapat power outlet yang dapat bermanfaat bagi pengemudi mobil. Kemudian untuk sisi kiri dashboard terdapat laci penyimpanan tertutup dengan model soft opening.

Kemudi mobil dilapisi dengan kulit yang mendapatkan jahitan warna merah. Pada palang sebelah kiri terdapat audio steering switch dan sisi kanan pengaturan layar MID. Dibalik kemudi terdapat fitur paddle shift membantu pengendaraan dalam mengendalikan mobil besutan Toyota ini. Pengaturan kemudi mobil belum ada telescopic tapi hanya tilt saja.

Jok Mobil Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Gambar ini menunjukkan jok Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

 Jok nyaman untuk 5 penumpang termasuk pengemudi

Kabin mobil Yaris dapat membawa 5 penumpang termasuk pengemudi. Kursinya empuk dan juga nyaman serta telah dibekali dengan headrest untuk setiap kursinya. Berkat headrest adjustable menjadikan penumpang bisa menyesuaikannya dengan postur yang dimiliki. Bahan material jok mobil adalah fabric dengan desain yang baik dalam menopang tubuh. Desainnya tersebut dapat memberikan kenyamanan ketika mobil digunakan untuk melakukan manuver. Di sisi jok mobil terdapat tuas untuk mengatur kursinya sehingga kenyamanan jadi bertambah karena bisa diatur sesuai keinginan.

>>> Baca Juga:

4. FITUR TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO CVT 2020

Fitur Hiburan Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Gambar ini menunjukkan head unit Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Head unit dapat memberikan hiburan kepada pengendara

Pihak Toyota memberikan hiburan kepada konsumennya dengan disematkan head unit touch screen ukuran 7 inci. Dimana pengaturan yang dapat dilakukan adalah Radio AM/FM, CD/DVD Player, Remote Apps dengan Smartphone, Multitasking Window, Internet Connectivity, Web Link, Miracast, iPod ready dan USB Port.

Kemudian di balik kemudi sudah mendapatkan layar MID yang mempunyai resolusi begitu baik dan informatif. Jadi Sobat bisa melihat beberapa informasi seperti kecepatan rata-rata, sisa jarak tempuh melalui sisa bahan bakar, odometer, tripmeter A&B, speedometer digital, suhu luar kabin, jam, konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM real time, waktu berkendara dan juga jarak tempuh.

Gambar ini menunjukkan layar MID Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Banyak informasi diberikan pada layar MID

Fitur Keamanan & Keselamatan Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Berhubungan dengan fitur keselamatan Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020, mobil ini dibekali dengan airbags dengan 2 pilihan yakni 3 airbags dan 7 airbags. Fitur selanjutnya yang diberikan adalah Vehicle Stability Control yang berguna untuk mencegah kendaraan supaya tidak hilang kendali ketika melakukan manuver. Sementara itu, sistem pengereman mengandalkan ABS, EBD dan BA sehingga keselamatan lebih meningkat. Fitur Hill Start Assist juga diberikan yang berfungsi untuk mencegah mobil mundur ketika berhenti di tanjakan. Untuk fitur lain yang diberikan adalah panic brake yang bisa memberikan keamanan lebih karena dipadukan dengan fitur Emergency Brake Signal pada kendaraan.

>>> Baca Juga, Review Mobil Toyota Etios Liva ex-Taksi 2013 : Mobil Sedan Harga Terjangkau

5. OPERASI TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO CVT 2020

Gambar ini menunjukkan mesin Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020

Mesin memiliki tenaga mumpuni siap mendukung pengendaraan

Beralih ke bagian performa, mesin yang diberikan pada Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020 adalah 2NR-FE 4 silinder. Dimana mesin tersebut masih sama dengan versi sebelum dilakukan facelift. Kapasitas silinder yang dimiliki adalah 1.496 cc dan menghasilkan torsi maksimal sebesar 140 Nm serta tenaga maksimalnya mencapai 107 Ps. Torsi dan tenaga maksimalnya tersebut dibantu dengan transmisi CVT dalam penyalurannya ke bagian roda depan.

Adapun ubahan yang dilakukan dan tidak begitu tampak adalah di bagian radius putarnya. Sebelumya radius putar yang dimiliki adalah 5,7 meter, setelah dilakukan facelift kini berubah menjadi 5,1 meter saja.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Mobil Toyota Yaris E CVT 2018 : Irit BBM Dengan Desain Menarik

6. SPESIFIKASI TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO CVT 2020

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020:

DIMENSI

Panjang

4.145 mm

Lebar

1.730 mm

Tinggi

1.500 mm

Jarak Sumbu Roda

2.550 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc 15 Inch & Solid Disc

Suspensi Depan

 MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Teknologi Safety Sasis

 G.O.A Body, Side Impact Beam

Velg

 Alloy, 16 inchi

Jenis Ban

 Bridgestone Turanza ER33 195/50R16

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

MESIN

Seri

 2NR-FE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

Kapasitas Silinder

 1,496 cc

Tenaga Maksimum

 105,5 Hp (107 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 140 Nm (14,3 Kgm) @ 4.200 rpm

Jumlah Katup

 16 katup (2 inlet dan 2 outlet per piston)

Tipe Transmisi

 Otomatis CVT with 7 Speed Sequential Mode & Manual 5-speed, Front Wheel Drive (FWD) 

Kapasitas Tangki BBM

 45 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO CVT 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai ruang kabin yang mumpuni

Terlalu rendah ground clearance yang dimiliki

Brand image Toyota dan Sparepart mobil cukup melimpah

Dibandingkan kompetitornya fitur yang dimiliki masih kalah

Tampilan mobil menggunakan desain sporty dan nyaman digunakan

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO CVT 2020

Pada saat membahas soal harga Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020, sebelumnya kami tekankan bahwa di beberapa wilayah bisa saja ada perbedaan. Jadi untuk informasi harganya ini bisa dijadikan pertimbangan ketika berniat membeli mobil Toyota Yaris. Berikut ini merupakan daftar harga mobil Toyota Yaris dilansir dari laman resmi Toyota pada akhir Juni 2021.

MODEL

HARGA

New Yaris G M/T 3 Airbag

Rp. 257.800.000

New Yaris G M/T 7 Airbag

Rp. 262.600.000

New Yaris G CVT 3 Airbag

Rp. 268.100.000

New Yaris G CVT 7 Airbag

Rp. 272.900.000

New Yaris TRD M/T 3 Airbag

Rp. 278.700.000

New Yaris TRD M/T 7 Airbag

Rp. 283.500.000

New Yaris TRD CVT 3 Airbag

Rp. 289.900.000

New Yaris TRD CVT 7 Airbag

Rp. 294.600.000

9. VIDEO TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO CVT 2020

10. KESIMPULAN TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO CVT 2020

Mobil Toyota Yaris TRD Sportivo CVT 2020 masuk dalam segmen kendaraan hatchback di pasar otomotif Indonesia. Tagline yang diusungnya adalah Let the Fun Begin untuk memberikan semangat kepada Toyota sendiri dan juga konsumennya. Dari segi tampilan, semakin kesini desainnya tambah sporty dan modern. Dengan begitu mobil besutan Toyota satu ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam menjalankan aktivitas keseharian. Bagi Sobat yang ingin membeli mobil Yaris tentu tidak perlu khawatir. Salah satu keunggulannya adalah brand image Toyota yang sudah tidak diragukan lagi. Ditambah lagi, konsumsi bahan bakar yang irit buat pengeluaran harian bisa lebih hemat.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa