Spesifikasi Mobil Suzuki Swift GS 2016: Mobil Hatchback Perkotaan Tampilan Modern

25/01/2021| Abdul

1. PENGANTAR SUZUKI SWIFT GS 2016

Mobil bekas menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin punya mobil tapi hanya memiliki budget paspasan. Apalagi mobil bekas juga dapat dibeli menggunakan sistem kredit, tentunya untuk setoran bulanannya lebih ringan dibandingkan mobil baru.

Bagi Sobat yang mau membeli mobil bekas bisa memilih Suzuki Swift keluaran tahun 2016. Dengan tampilan mungil mobil ini dapat digunakan di jalanan perkotaan atau untuk pergi wisata ke tempat yang diinginkan. Daripada penasaran dengan mobil Hatchback satu ini, mari kita simak ulasannya mengenai spesifikasi serta keunggulan yang dimiliki.

2. EKSTERIOR SUZUKI SWIFT GS 2016

Sisi Depan Suzuki Swift GS 2016

Gambar ini menunjukkan bagian depan Mobil Suzuki Swift GS 2016

Tampilan depan terlihat menyenangkan untuk dipandang

Di bagian depan mobil ini terlihat menarik dan memancarkan aura kebahagiaan dengan desain yang diberikan. Sisi depannya ini terdapat headlamp yang mengandalkan HID projector yang sudah diberikan teknologi auto levelling. Untuk ukurannya sendiri cukup besar yang dapat memberikan pencahayaan yang maksimal. Pada bagian tengahnya ada grille ukuran sedang desain memanjang dipadukan dengan logo Suzuki di sisi tengah dengan aksen krom. Kemudian di sisi bawahnya ada dudukan plat nomor baru grill bumper dengan diapit fog lamp pada sisi kanan dan kirinya.

Sisi Samping Suzuki Swift GS 2016

Gambar ini menunjukkan sisi samping Suzuki Swift GS 2016

Sebuah Hatchback mungil desain sporty

Untuk sisi samping tampak mungil dan juga terlihat keren dengan desain jendelanya. Yang mana dari depan besar sampai belakang agak lebih kecil. Hal tersebut juga membuat tampilannya tampak sporty, apalagi dengan adanya spoiler di bagian belakang. Di bagian handle pintu dan spion diberikan aksen sewarna dengan bodi dan di atas roda depan terdapat emblem logo VVT. Sementara itu, pada rodanya mengandalkan pelek ukuran 16 inci dipadukan dengan ban 185/55 R16.

Sisi Belakang Suzuki Swift GS 2016

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Suzuki Swift GS 2016

Tidak terlalu banyak aksen pada bagian belakang

Ketika melihat sisi belakang akan tampak mungil dengan desain yang menurut kami seperti pipi tembem. Di bagian paling atas terdapat spoiler yang diberikan stoplamp LED sehingga menjadikannya tampil sporty. Kaca berukuran sedang dengan diberikan wiper dan sisi bawahnya terdapat logo Suzuki di bagian tengah dan sisi kanan emblem bertuliskan Swift. Sementara emblem GS berada di bawahnya lagi. Lampu belakang didesain meruncing ke depan berpadu dengan bumper yang dibuat polos.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR SUZUKI SWIFT GS 2016

Dashboard Dan Kemudi Suzuki Swift GS 2016

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard mobil Suzuki Swift GS 2016

Dashbord terlihat sederhana dengan auto AC Climate Control

Pada sisi dashboardnya tampak sederhana dan minimalis. Bagian ini terdapat head unit yang dapat digunakan untuk mengoperasikan CD, USB dan Radio AM/FM. Kemudian untuk bagian AC mengandalkan model digital yang sudah diberikan juga fitur auto climate control sehingga nyaman di dalam mobil bisa didapatkan.

Di bagian kemudi mobil mengandalkan desain 3 palang dan terdapat tombol fitur di bagian kiri. Di sisi tengah ada logo Suzuki dengan mengandalkan aksen krom. Sementara itu, untuk pengaturan kemudi mobil sudah mendapatkan Tilt dan Telescopic yang bisa memberikan kenyamanan sesuai dengan postur pengemudi.

Jok Mobil Suzuki Swift GS 2016

Gambar ini menunjukkan jok Suzuki Swift GS 2016

Jok cukup lega hanya saja terasa kurang untuk penumpang tinggi di atas 170 cm

Sebagai sebuah kendaraan Hatchback, mobil Swift GS 2016 dapat menampung 5 orang penumpang. Kalau dari segi kenyamanan sudah cukup lah, namun bagi seseorang dengan postur lebih dari 170 cm akan terasa ada yang kurang karena tidak terlalu besar untuk legroom pada bangku belakang. Pada pengemudi dan penumpang depan telah mendapatkan headrest, namun pada sisi penumpang belakang  hanya 2 buah saja dan di sisi tengah tidak mendapatkannya. Hanya saja ketiga penumpang belakang telah mendapatkan seatbelt 3 titik untuk memberikan keamanan selama perjalanan.

>>> Baca Juga:

4. FITUR SUZUKI SWIFT GS 2016

Salah satu fitur pertama yang didapatkan ketika masuk ke kabinnya adalah dalam menyalakan mesin. Kemudahan akan didapatkan karena hanya dengan menekan pedal kopling dan memencet tombol Engine Start/Stop saja. Pada bagian kenyamanan diberikan Ac yang sudah Auto climate control. Desainnya cukup menarik dengan adanya layar digital dan tombol serta knop putar untuk pengaturan.

Gambar ini menunjukkan head unit Suzuki Swift GS 2016

Fitur masih sederhana dan tidak bisa dihubungkan dengan smartphone

Kemudian di bagian head unit dapat digunakan untuk mengoperasikan Radio AM/FM, CD dan USB. Hanya saja belum dibekali dengan bluetooth sehingga pengendara tidak bisa menyambungkannya dengan smartphone yang dimiliki.

Menuju ke sisi keselamatan, fitur Suzuki Swift GS 2016 cukup mumpuni dengan adanya sistem pengereman ABS, EBD dan BA. Masih berhubungan dengan pengereman, pada bagian rem depan dan belakang menggunakan rem cakram. Dual SRS Airbag juga diberikan untuk melindungi pengendara dan penumpang depan saat terjadi kecelakaan atau benturan keras.

Yang menarik adalah dalam pembuatannya. Teknologi Total Effective Control Technology (TECT) diandalkan dalam membuat mobil ini dengan memakai baja super kuat. Dengan begitu bobot bodi jadi lebih ringan dan keamanannya lebih terjamin. Selain itu, untuk perlindungan ekstra mobil ini telah diberikan fitur side impact beam untuk melindungi pengendara ketika mobil mengalami benturan dari belakang dan samping di pintu depan.

Kenyamanan juga dirasakan pada saat ingin masuk ke dalam kabin. Hal tersebut berkat penggunaan fitur keyless entry. Sebagai fitur yang digunakan agar mobil aman diberikan fitur Immobilizer.

>>> Klik disini untuk cek harga mobil idaman Anda

5. OPERASI SUZUKI SWIFT GS 2016

Gambar ini menunjukkan mesin Suzuki Swift GS 2016

Jalanan stop and go akan nyaman dilewati dengan performa yang dimiliki

Menuju ke bagian performa, mesin Suzuki Swift GS 2016 yang diberikan adalah K14B yang mempunyai kapasitas 1.372 cc berkonfigurasi dengan 4 silinder. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 96 Hp dengan torsi puncaknya adalah 130 Nm. Tenaga dan mesin disalurkan ke bagian roda depan yang menjadi penggerak utamanya dengan mengandalkan sistem transmisi otomatis 4 speed dan manual 5 speed. Memang tidak begitu fantastis untuk performanya, namun terbilang baik saat putaran bawah karena mempunyai rentang tenaga yang optimal sehingga dapat menunjang pengendaraan di dalam kota.

>>> Baca Juga, Spesifikasi Mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016 : Kabin Luas Nyaman Dikendarai

6. SPESIFIKASI SUZUKI SWIFT GS 2016

Inilah tabel spesifikasi mobil Suzuki Swift GS 2016:

DIMENSI

Panjang

3.850 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.510 mm

Ground Clearence

170 mm

HANDLING DAN SUSPENSI

Rem Depan

Disc Brake

Rem Belakang

Disc Brake

Suspensi Depan

McPherson strut coil spring

Suspensi Belakang

Torsion beam type coil spring

Pelek

185/55 R16

MESIN

Tipe Mesin

K14-B 1.372cc 4-Silinder

Transmisi

Manual 5-Speed/Automatic 4-Speed

Sistem Penggerak

Front-Wheel Drive

Tenaga Maksimal/rpm

95 HP / 6.000 rpm

Torsi Maksimal/rpm

130 Nm /4.000 rpm

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI SWIFT GS 2016

Berikut kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki Swift GS 2016:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

mempunyai tampilan yang keren terutama di bagian eksteriornya dan tampak modern tidak kalah dengan mobil saat ini

Pada saat berada di putaran tinggi performa mesinnya tergolong biasa saja

Pada mobil yang menggunakan transmisi otomatis telah diberikan fitur cruise control

Konektivitas pada head unit masih kurang karena tidak bisa dihubungkan dengan smartphone

Rem depan dan belakang sudah cakram serta dibekali dengan sistem pengereman ABS, EBD dan BA

Di bagian jok belakang untuk leg room nya tergolong kurang apalagi bagi penumpang dengan tinggi lebih dari 170 cm

8. DAFTAR HARGA SUZUKI SWIFT GS 2016

Berhubungan dengan harga terbilang cukup lumayan. Hal tersebut dikarenakan masih lebih dari angka 100 jutaan. Di pasaran mobil bekas harga Suzuki Swift GS 2016 dibanderol kisaran Rp. 155 juta sampai Rp. 190 jutaan tergantung kondisi dan wilayah pembelian.

9. VIDEO SUZUKI SWIFT GS 2016

10. KESIMPULAN SUZUKI SWIFT GS 2016

Sebuah kendaraan Hatchback yang dapat dipilih bagi Sobat yang ingin sebuah mobil untuk melakukan aktivitas keseharian. Dari segi tampilan juga sudah modern sehingga bisa meningkatkan rasa pede saat mengemudikannya. Hanya saja dari segi akomodasi terbilang kurang. Namun soal pengemudian cukup responsif dengan diberikan mesin yang dapat menunjang performa yang dimiliki mobil Suzuki Swift GS 2016.

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Review mobil serupa

International