Review Suzuki Ertiga 2018, Bisakah Kembali Menjadi Avanza Killer?

22/05/2018 Ryan Sugandy Review Suzuki

Suzuki Ertiga sempat menjadi salah satu mobil MPV keluarga yang cukup laris ketika diperkenalkan pertama kali di tahun 2012. Keberhasilan Ertiga di masa awal peluncurannya bahkan sempat digadang-gadang sebagai Avanza Killer yang mampu bersaing dalam angka penjualan. Setelah sempat meredup selama beberapa tahun ini, Suzuki kembali merilis All New Suzuki Ertiga 2018 dengan berbagai perubahan signifikan dibandingkan pendahulunya.

1. PENGANTAR

Review Suzuki Ertiga 2018 Indonesia - Hadir dengan berbagai peningkatan dari sisi body dan eksterior. Bentuknya saat ini menjadi lebih dinamis dibandingkan dengan seri terdahulunya. Dengan bentuk yang lebih besar dan luas, mobil ini menjanjijkan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

Tetapi, hal ini bukan berarti tidak ada pengorbanan yang dilakuan oleh Suzuki. Dengan bentuknya yang lebih besar dan panjang, Ertiga harus menurunkan ground clearancenya. Hal ini dilakukan  agar mobil ini menjadi lebih stabil ketika digunakan di jalan raya.

Selain perubahan dalam hal body dan eksterior, apa saja yang  ditawarkan oleh New Suzuki Ertiga 2018? Berikut ulasannya!

2. EKSTERIOR

  • Desain Lebih Dinamis

Gambar mobil Suzuki Ertiga 2018 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Tampilan baru New Suzuki Ertiga 2018

Dengan mengandalkan bentuk yang lebih panjang dan besar, New Suzuki Ertiga 2018 Indonesia bisa dibilang tampil lebih dinamis untuk tahun 2018 ini. Garis-garis lekukan di bagian eksterior lebih jelas terlihat sehingga tidak nampak kaku dibandingkan generasi sebelumnya.

Tampilannya yang lebih besar ini rupanya diimbangi dengan wajah yang lebih segar di bagian headlamp dan juga dibagian belakang. Penurunan ground clearance membuat mobilini nampak lebih kokoh dengan sesuai dengan bentuknya yang saat ini lebih besar.

  • Desain bagian depan

Tampilan sisi depan mobil Suzuki Ertiga 2018 berwarna abu-abu

Sisi depan Ertiga 2018 Indonesia

Bagian depan dari mobil ini dibuat lebih dinamis dengan tampilan headlamp dan juga grill baru. Bentuk headlamp dibuat lebih tajam sementara bagian grill menggunakan chrome sehingga nampaklebih mewah.

  • Desain bagian samping

Bagian samping mobil Suzuki Ertiga 2018 berwarna abu-abu

Bagian samping Ertiga 2018 Indonesia

Di bagian samping, tarikan body mobil ini terlihat lebih jelas ehingga menimbulkan ksan yang dinamis. Hal ini sebenarnya cukup dibutuhkan mengingat trend mobil MVP di Indonesia yang saat ini tampil lebih dinamis dan tidak kaku.

  • Desain Bagian belakang

Gambar bagian belakang mobil Suzuki Ertiga 2018 berwarna abu-abu

Tampilan belakang Ertiga 2018 Indonesia

Untuk bagian belakang, desainnya cukup sederhana dengan palang chrome dan juga rear light reflector saja. Tidak terlalu berlebihan tetapi cukup berkelas walaupun tidak bisa dibilang sangat menarik perhatian.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

  • Ruang Nyaman

Dengan dimensi yang lebih besar, bagian kabin mobil ini juga menjadi sedikit lebih besar dan lega untuk penumpang di dalam kabin. Bagian dalam mobil ini menggunakan material dari plastik dan juga bahan fabric. Perpaduan penggunaan bahan ini menghasilkan sebuah impresi yang cukup nyaman dan mewah di bagian dalam mobil terutama di bagian dashboard.

Kekurangan terbesar dari bagian interior mobil ini adalah tidak adanya perubahan yang cukup signifikan dari segi teknologi dibandingkan dengan versi sebelumnya.

  • Desain bagian dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Suzuki Ertiga 2018

Dashboard cukup mewah

Bagian dashboard mobil ini terlihat cukup mewah dengan adanya wood panel menghiasi bagian dashboard. Kekurangannya adalah material yag digunakan sebgianbesar masih mengunakan plastik yang tidak terlalu kuat untuk bagian dashboard.

  • Desain bagian setir

Gambar bagian setir mobil Suzuki Ertiga 2018

Setir mobil Ertiga 2018 Indonesia

Bagian setir untuk tipe tertiggi dari mobil ini sudah dibalut degan menggunakan kulit serta menggunakan sentuhan wood panel untuk membuatnya semakin mewah. Kekurangan dari setir ini masih belum telescopic sehingga tingkat kenyamannya belum maksimal.

  • Desain kursi

Gambar bagian kursi mobil Suzuki Ertiga 2018

Kursi dengan leg room yang cukup lapang

Bagian kursi mobil ini sudah cukup nyaman dengan leg room yang cukup lapang. Sayangnya kursi baris ketiga memiliki headroom terbatas, sehingga penumpang yang cukup tinggi hanya memiliki ruang yang sangat sedikit dibagian kepala.

  • Ruang bagasi

Ruang bagasi mobil Suzuki Ertiga 2018

Ruang bagasi Ertiga 2018 cukup besar

Ruang bagian bagasi mobil ini memiliki tambahan 1.300 mm sehingga kapasitas bagasinya menjadi lebih luas dibandingkan seri sebelumnya.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Dari sisi fitur  Suzuki Ertiga 2018 memiliki fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut:

  • Fitur keselamatan

Mobil ini memmiliki fitur keselamatan yang cukup standar untuk sebuah MVP seperti adanya safety airbag, side impact beam dan juga parking sensor. Selain itu untuk tipe tertinggi sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS + EBD untuk pengereman yang lebih presisi dan aman. Sementara dibagian keamanan mobil ini sudah menggunakan sistem keyless entry dan immobilzer.

  • Fitur hiburan

Di bagian hiburan, mobil ini menggunakan headunit 2din yang sudah bisa terkoneksi dengan smartphone untuk memainkan hiburan dari CD, DVD dan juga Aux.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mobil-mobil lainnya, klik sini saja

5. OPERASI

Mesin mobil Suzuki Ertiga 2018

Mesin K15B mobil Suzuki Ertiga 2018

Perubahan lainnya yang cukup signifikan dari Suzuki Ertiga 2018 adalah perubahan mesin yang digunakan. Untuk tipe terbarunya ini Ertiga menggunakan mesin K15B dengan kapasitas silinder 1.500 cc DOHC VVT.  Mesin bertipe bensin ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 PS dan torsi maksimal hingga 130 Nm.

Sementara dibagian kaki-kai didukung dengan suspensi McPherson Strut untuk suspensi bagian depan dan juga belakang. Untuk ukuran velg yang digunakan, mobil ini menggunakan velg berukuran 15 inci dan sudah menggunakan ventilated disc brake.

6. SPESIFIKASI

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari  Suzuki Ertiga 2018.

Spesifikasi Suzuki Ertiga 2018

Mesin

Jenis Mesin

K15B, DOHC, VVT

Isi Silinder

1.462 cc

Jumlah Katup

16

Jumlah Silinder

4

Diameter x Langkah

10,5

Perbandingan Kompresi

104,7/6.000 PS/rpm

Daya Maksimum

138/4.400 Nm/rpm

Torsi Maksimum

130Nm/4,000rpm

Sistem Bahan Bakar

Multipoint injection

Dimensi

Panjang

4.395 mm

Lebar

1.735 mm

Tinggi

1.690 mm

Jarak Pijak Belakang

1,490 mm

Jarak Terendah

180 mm

Radius Putar Minimum

5.2 m

Rangka

Sistem Kemudi

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Coil Spring

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Leading / Training Drum

Ukuran Ban

Alloy 15 inci 185/65

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga 2018 yang bisa Anda perhatikan sebelum Anda membeli kendaraan ini.

Kelebihan

Kekurangan

Mesin Baru lebih mumpuni

Tidak ada perubahan signifikan dibagian teknologi

Bagian kabin cukup nyaman

Minim fitur dibandingkan dengan pesaingnya

Harga relatif terjangkau dibandingkan pesain

 

8. DAFTAR HARGA

Berikut ini adalah daftar harga Suzuki Ertiga 2018 untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya.

Tipe

Harga on the Road

Suzuki Ertiga GL A/T

Rp 219,500,000

Suzuki Ertiga GL M/T

Rp 206,500,000

Suzuki Ertiga GA

Rp 190,000,000

Suzuki Ertiga GX A/T ABS

Rp 231,000,000

Suzuki Ertiga GX M/T ABS

Rp 218,000,000

*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu, harga bekas akan lebih murah dan sesuai dengan kondisi kendaraan

9. VIDEO

 

10. KESIMPULAN

Secara garis besar, perubahan mendasar dari Suzuki Ertiga 2018 terletak pada perubahan body eksterior dan juga mesin yang digunakan. Bila dibandingkan dengan kompetitornya, Suzuki Ertiga 2018 tidak memiliki keunggulan yang signifikan bila dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander ataupun Toyota Rush terbaru.

Tetapi bila menilik dari segi harga, mobil ini tentunya lebih ramah dikantong bagi Anda yang memiliki budget yang terbatas.  Dari segi kenyamanan untuk berkendara, mobil ini bisa dibilang cukup nyaman dengan kapasitas yang sudah meningkat dibandingkan dengan pendahulunya.

Apakaha mobil ini bisa bersaing dengan mobil di kelas MPV dari merk lainnya saat ini? Kita nantikan saja bagaimana kiprah Suzuki Ertiga 2018 di masa mendatang.  Dapatkan berbagai informasi terbaru mengenai Suzuki Ertiga 2018 dengan mudah melalui cintamobil.com!

Mungkin anda ingin baca

  • Review Honda HR-V 2018 Facelift: Semakin Menggiurkan dan Mewah
    Review Honda Metodius

    Review Honda HR-V 2018 Facelift: Semakin Menggiurkan dan Mewah

    16/08/2018

    Pasar otomotif di tanah air begitu menggiurkan bagi banyak produsen otomotif di dunia. Kini Honda pun tidak ingin ketinggalan dalam menjangkau pasar potensialnya di Indonesia. Honda memang memiliki beragam segmen, salah satunya SUV. Honda memiliki HR-V yang merupakan SUV dengan kapasitas 5 orang penumpang. HR-V pertama kali hadir di Tokyo Motor Show 2013, mobil ini pertama kali muncul dengan nama Honda Vezel.

  • Review Honda All New Brio RS 2018
    Review Honda Metodius Getan Plue

    Review Honda All New Brio RS 2018

    15/08/2018

    Honda selain melahirkan banyak mobil diberagam segmen, ada satu segmen yang menjadi andalannya yaitu city car atau hacthback. Di kelas ini, ada dua jagoan Honda yaitu Jazz dan Brio, special untuk kali ini, Mobilmo.com akan membahas lebih jauh seputar Honda All New Brio 1.2L 2018. Di 2018 ini Honda All New Brio hadir dengan percaya diri, kepercayaan diri tersebut disambut baik oleh konsumen di Indonesia. Jadi bagi Anda yang ingin membeli Brio dalam waktu dekat, simak ulasannya.

  • Review Wuling Cortez 1.5L 2018: Varian Terjangkau Dari Seri Cortez
    Review Wuling Metodius

    Review Wuling Cortez 1.5L 2018: Varian Terjangkau Dari Seri Cortez

    14/08/2018

    Siapa tak mengenal Wuling, pabrikan asal Tiongkok ini menggebrak dengan MPV murahnya. Wuling Cortez adalah model kedua yang diluncurkan oleh pabrikan negeri tirai bambu. Setelah Confero, seri Cortez hadir disegmen yang sama untuk mendongkrak nama Wuling di tanah air. Pada tahap awal, Wuling memang fokus ke segmen MPV, Wuling Cortez hadir sebagai MPV premium dari Wuling, seri Cortez ini hadir di Indonesia pada desember 2017.