Review Suzuki Grand Escudo XL-7 2003: SUV Tangguh Untuk Berpetualang

30/04/2020| Abdul

1. PENGANTAR SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Review Suzuki Grand Escudo XL-7 2003 – Mobil ini mempunyai sejarah yang begitu panjang. Untuk pertama kali diuncurkan oleh PT Indomobil Niaga International (INI) adalah 17 tahun silam yang bertepatan pada ajang Gaikindo Auto Expo. Adapun namanya menunjukkan Xtra Large dan menjadi implementasi adanya tambahan dimensi. Untuk panjangnya dibandingkan Grand Vitara lebih 457 mm dan terdapat tambahan jok mobil untuk baris ketiga.

Adapun produksi pertama kali dari XL-7 adalah pada tahun 1998 dan masuk dalam segmen SUV menengah. Kemudian disusul generasi keduanya setelah berselang 8 tahun dengan membawa 3 pilihan mesin yang berupa 2.0L (versi Inggris), 2.5L dan 2.7L. Sementara dikala itu, untuk Indonesia hanya dibawa pilihan mesin V6 2.5L saja. Mesinnya terbilang tangguh, hal tersebut dibuktikan dengan masih adanya mobil tersebut di pasar mobil bekas.

Mobil XL-7 pada dasarnya adalah versi yang memiliki ukuran wheelbase lebih panjang bila dibandingkan dengan Vitara ataupun Escudo gen 2. Awal mula dihadirkan mobil besutan Suzuki ini masuk dalam segmen SUV Premium, sehingga tidaj heran bila kelengkapan fitur cukup mumpuni di zamannya.

2. EKSTERIOR SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Review Suzuki Grand Escudo XL-7 2003 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Sisi depan tampak gagah dan ada spion tanduk sebelah kiri

Saat melihat bagian depan akan terlihat desainnya yang maskulin. Hal tersebut berkat penggunaan garis kap mobil yang dibuat  mengkotak dan terlihat kaku. Sementara untuk bagian grille terdapat aksen chrome yang juga terdapat paa lampu depan yakni bagian luarnya. Dengan desain yang diberikan tersebut, kemewahan terpancar saat menatapnya dari arah depan.

Dilanjutkan pada bagian headlamp, lampu yang digunakan masih mengandalkan bohlam halogen. Selain itu masih ditemukan pula spion tanduk pada sisi kiri yang berfungsi untuk membantu pengemudi dalam mendapatkan visibilitas dan mengurangi area blind spot. Hal tersebut karena bodinya yang bongsor sehingga menempatkan spion model tanduk. Dilanjutkan dengan bagian bumper yang telah diberikan fog lamp untuk membantu pencahayaan saat melintasi jalanan berkabut.

Review Suzuki Escudo XL-7 2003: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Pelek pada gambar sudah dilakukan penggantian

Berlanjut ke bagian samping Suzuki Grand Escudo XL-7 2003. Ketika melihatnya akan nampak side moulding yang menggunakan aksen sewarna bodi. Dengan mengandalkan desain yang lebar serta mempunyai overfender yang tiap sisinya dibuat sewarna dengan bodi. Selanjutnya, pada ground clearance yang dimiliki adalah 185 mm dipadukan dengan penggunaan pelek 16 inci terbalut dengan ban ukuran 235/60 R16.

Review Suzuki Grand Escudo XL-7 2003 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Masih menggunakan ban cadangan yang ditempatkan di pintu belakang

Menuju ke area belakang, yang mana akan terlihat kesan bongsornya dengan jelas. Pada model ini masih mengandalkan ban serep yang ditempatkan di bagian pintu belakang. Dengan desainnya tersebut menjadikan kesan khas SUV tradisional terpancar dengan jelas. Sedangkan untuk penempatan posisi plat nomor diletakkan pada bagian kiri d bawah pgagang pintu.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Review Suzuki Escudo XL-7 2003: Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Tampilan dashboard sangat menarik dan tidak ketinggalan zaman sampai saat ini

Sebagai mobil yang sudah berumur 17 tahunan, tampilan yang dimiliki tidak terlalu kuno. Hal tersebut terlihat dari bagian dashboard yang dimiliki. Pada bagian ini dibekali dengan head unit 2DIN yang bisa dikoneksikan dengan melalui AUX. Adanya fitur tersebut dapat digunakan untuk mengiperasikan radio. Ditambah lagi terdapat jam digital yang ditempatkan di bawah layar berpadu dengan adanya emblem Grand Escudo di sebelahnya.

Tidak hanya itu saja, untuk menambah kesan premium diberikan pula aksen kayu pada bagian konsol tengah dan head unit. Diberikan pula cup holder yang ditujukan untuk penumpang belakang apabila penutupnya dibuka dan diputar 180 derajat. Di bawah tombol AC pun ada tambahan cup holder lagi.

Pada bagian kemudi mobil menggunakan desain 3 palang dengan lapisan kulit, alhasil kenyamanan saat digenggam bisa didapatkan. Kemudi Suzuki Grand Escudo XL-7 2003 tersebut dapat dilakukan pengaturan tilt dan telescopic yang bisa membuat pengemudi menyesuaikannya dengan kenyamanan yang dirasakan.

Review Suzuki Grand Escudo XL-7 2003 : Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan bagian jok mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Busa tebal sehingga jok nyaman saat diduduki

Mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003 memiliki posisi duduk yang ergonomis walaupun tidak terlalu tinggi. Untuk pengaturan jok bisa 6 arah dan mengandalkan manual pada jok pengemudi. Untuk pelapisnya menggunakan bahan kulit dengan warna yang sama dengan interior, ditambah lagi busanya cukup tebal sehingga saat diduduki akan terasa empuk. Kapasitas yang dimiliki adalah 7 penumpang, hanya saja pada baris ketiganya kurang begitu lapang untuk ditempati orang dewasa.

Review Suzuki Grand Escudo XL-7 2003 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagian bagasi mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Untuk mendapat ruang bagasi lebih luas perlu melipat kursi belakang

Memang interior yang dimiliki tidak begitu lapang, akan tetapi kompartemennya telah disebar pada bagian kabin. Sementara untuk bagasinya hanya daoat digunakan untuk menempatkan beberapa tas kecil saja. Untuk mendapatkan ruang yang lebih maka Sobat perlu melakukan pelipatan kursi baris ketiganya.

>>> Lihat Artikel menarik Lainnya :

4. FITUR SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Gambar ini menunjukkan head unit pada mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Fitur cukup mumpuni di zamannya

Fitur yang diberikan pada mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003 terbilang cukup lengkap. Hal tersebut tampak pada pemberian sistem infotainment 2DIN yang sudah AUX dipadukan dengan 4 buah speaker. Selain itu terdapat pula 3 buah power socket dengan tegangan 12V. Yang menarik adalah pada panel Instrument optitron yakni dengan kehadiran kata Hello yang terdapat pada bagian odometer pada saat dihidupkan.

Fitur lain yang diberikan pada mobil ini adalah AC yang sudah menggunakan blower belakang, electric mirror dan pawer window yang sudah menggunakan central lock. Untuk fitur keselamatan yang diberikan adalah dual airbags depan, sistem pengereman ABS dan juga sistem alarm yang dapat meningkatkan keamanan mobil.

>>> Klik Di Sini Jika Berminat Membeli Mobil Suzuki

5. OPERASI SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003

Mesin tangguh tapi boros bahan bakar

Seperti yang telah disebutkan, bahwasanya mesin yang dibawa di Indonesia hanya ada satu yakni V6 H25A 2.5L. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 160 Ps dan torsi puncaknya adalah 213 Nm. Tenaga mesin disalurkan menuju ke bagian roda belakang dengan mengandalkan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Perpindahan gigi yang dimiliki terbilang responsif dan bantingan suspensi yang dimiliki sangat nyaman.

>>> Review Suzuki Baleno Hatchback AT 2018: Mobil Nyaman Fitur Keselamatan Mumpuni

6. SPESIFIKASI SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Suzuki Grand Escudo XL-7 2003 :

DIMENSI

Panjang

4.760 mm

Lebar

1.781 mm

Tinggi

1.727 mm

Ground Clearance

185 mm

Jarak Poros Roda

2.799 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.5L H25A DOHC V6

Konsumsi Bahan Bakar

5-8 km/l (dalam kota) dan 7-10 km/l (luar kota)

Transmisi

Manual 5-speed atau Otomatis 4-speed

Tenaga Maksimal

160 PS @ 6.500 rpm

Torsi Maksimal

213 Nm @ 3.500 rpm

Kapasitas Silinder

2.493 cc

Sistem Penggerak

Rear-wheel drive

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Tipe Ban

235/60 R16

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-link

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Memiliki harga yang terjangkau

Saat berada di kecepatan tinggi akan terasa gejala limbung

Mesin menggunakan seri V yang tangguh dan terkenal halus

Bahan bakar boros

Sampai saat ini desainnya masih cukup diminati

Dapat menampung 7 penumpang tapi terbilang sempit untuk bagian kabinnya

8. DAFTAR HARGA SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Dengan mesin yang bandel menjadikan mobil ini masih banyak diminati sampai saat ini. Ditambah lagi dimensinya yang besar membuatnya terlihat gagah. Untuk harga Suzuki Grand Escudo XL-7 2003 bekas ada beragam, ada yang menjualnya lebih dari Rp. 100 juta. Namun di situs jual beli Cintamobil.com mobil tersebut dihargai mulai Rp. 65 juta sampai Rp. 85 jutaan.

9. VIDEO SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

10. KESIMPULAN SUZUKI GRAND ESCUDO XL-7 2003

Suzuki Grand Escudo XL-7 2003 merupakan sebuah mobil SUV yang harganya sekitar Rp. 100 jutaan. Dengan mengandalkan mesin V6 yang terkenal kehalusannya siap menerjang segala medan jalan dengan mudah. Meskipun begitu, tenaganya memang besar namun mengorbankan keefisiensi bahan bakar yang dimiliki. Bagi Sobat yang ingin mempunyai sebuah SUV bekas yang tangguh dengan harga terjangkau, maka mobil satu ini bisa dipertimbangkan.

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Review mobil serupa

  • Review Suzuki Celerio 1.0 MT 2015: Mobil Hatchback Lincah Suspensi Stabil

    20/07/2020| Abdul

    Review Suzuki Celerio 1.0 MT 2015: Mobil Hatchback Lincah Suspensi Stabil

    Mobil Suzuki Celerio merupakan sebuah kendaraan Hatchback yang bisa dijadikan pilihan. Selain transmisi CVT, mobil ini mempunyai transmisi manual yang tentunya akan menghadirkan sensasi yang berbeda ketika berkendara. Untuk lebih jelas mengenai mobil ini mari kita simak ulasannya dalam Review Suzuki Celerio 1.0 MT 2015.

  • Review Suzuki Ignis 2020: Mobil SUV Fitur Lengkap Dengan Ubahan Minor

    06/05/2020| Abdul

    Review Suzuki Ignis 2020: Mobil SUV Fitur Lengkap Dengan Ubahan Minor

    Suzuki Ignis 2020 diluncurkan pada saat pandemi virus corona terjadi. Mobil besutan Suzuki tersebut dihadirkan dengan membawa beberapa perubahan minor. Hal tersebut dilakukan untuk masalah eksistensinya. Lantas bagaimana spesifikasi dan berapa harganya?

  • Review Suzuki Grand Escudo XL-7 2003: SUV Tangguh Untuk Berpetualang

    30/04/2020| Abdul

    Review Suzuki Grand Escudo XL-7 2003: SUV Tangguh Untuk Berpetualang

    Mungkin Sobat mengenal yang namanya Suzuki XL7 yang dihadirkan di Indonesia. Tapi tahukah Sobat bahwa sebelum mobil tersebut diluncurkan terdapat mobil Suzuki Grand Escudo XL-7 2003. Yang mana mobil ini merupakan kendaraan SUV yang harga bekasnya cukup terjangkau.

International