Review Suzuki Swift 2019

09/10/2018| Arfian Alamsyah

1. PENGANTAR SUZUKI SWIFT 2019

Tampak sebuah Suzuki Swift 2019

Suzuki Swift merupakan andalan Suzuki untuk melawan Honda Jazz, dan Toyota Yaris

Review Suzuki Swift 2019 - Menilik Suzuki Swift generasi sebelumnya, rentang harga yang ditawarkan cukup terjangkau serta cocok untuk bersaing dengan Toyota Yaris maupun Honda Jazz yang sama-sama berdiri di kelas serupa. Mengingat Suzuki Swift terbaru ini dirancang dengan teknologi yang benar-benar mumpuni, maka ditakutkan harganya akan melonjak tinggi dan tidak dapat bersaing dengan kedua kompetitornya. Uchiki Ryohei selaku General Manager Strategic Planning Department SIS juga menuturkan hal senada, “Kalau Suzuki membayar biaya distribusi dan bayar beberapa pajak, harganya akan tidak sesuai, takutnya.” So apakah Suzuki Swift ini layak ditunggu?

2. EKSTERIOR SUZUKI SWIFT 2019

Melihat sisi eksterior Suzuki Swift 2019, tampilannya cukup banyak berubah. Jika pendahulunya lebih menonjolkan kesan stylishgenerasi terbaru Suzuki Swift menerapkan banyak siluet bergaris tegas dan patahan. Perubahan ini menjadikannya nampak sangat sporty mengikuti tren anak muda masa kini. Belum lagi tersedia lima pilihan warna sebagai pemanisnya yakni Champion Yellow, Burning Red Pearl Metallic, Speedy Blue Metallic, Pure White Pearl, Mineral Grey Metallic dan Super Black Pearl.

Tampak Suzuki Swift 2019 dengan berbagai pilihan aksesoris

Suzuki Swift dapat hadir dalam beragam aksesoris dan juga pilihan warna yang menarik

Review Suzuki Swift 2019: Eksterior Depan

Tampak sebuah Suzuki Swift 2019 bila dilihat dari depan

Tampangnya berubah total jika dilihat dari depan

Fascia depannya kini benar-benar berubah seperti absennya garis merah pada generasi sebelumnya. Meski begitu, tampilannya masih menerapkan desain grill horizontal berkelir hitam yang dihias apik dengan logo besar kebanggaan Suzuki. Adapun lampu kabutnya kini memiliki ruang tersendiri atau yang biasa disebut rumah Fog lamp. Dikemas lebih kekar dengan beberapa tonjolan serta garis-garis tegas sehingga mampu menciptakan nuansa yang benar-benar All New alias semua baru. Sedangkan untuk lampu utama, Suzuki Swift 2019 sudah dilengkapi positioning lamp yang memiliki fitur automatic headlamp leveling serta guide me home light function. Tentunya akan semakin menyenangkan dengan adanya tambahan fitur ini.

Review Suzuki Swift 2019: Eksterior Samping

Tampak samping sebuah Suzuki Swift 2019

Bentuknya tetap proporsional, seakan mewariskan desain dari Suzuki Swift generasi pertamanya

Melihat ke sisi samping, salah satu yang menarik terletak pada kaca spionnya. Bukan hanya terintegrasi dengan lampu sein dan memiliki warna serupa dengan bodinya, kaca spion Swift 2019 juga sudah mendapatkan fitur layaknya pengaturan posisi secara elektris, hingga pelipatan secara otomatis dan juga penghangat. Mungkin bagi iklim Indonesia yang cenderung tropis, fitur penghangat tersebut terasa kurang berguna. Namun bagi Anda yang tinggal atau sering bepergian ke area pegunungan, fitur tersebut terbilang bermanfaat. Hal tak kalah menarik, Suzuki Swift 2019 juga menghadirkan pelek alloy wheels berdesain sporty dengan ukuran 14 inci.

Review Suzuki Swift 2019: Eksterior Belakang

Tampak belakang sebuah Suzuki Swift 2019

Sepintas tampilan belakangnya masih terinspirasi dari Suzuki Swift generasi pertama

Dari segi tampilan sendiri, generasi terbaru Swift menampilkan kesan sporty yang agresif lewat hadirnya rear upper spoiler serta dual exhaust exits tip. Sementara itu, untuk urusan pencahayaan, Suzuki Swift menerapkan lampu LED Rear Combination.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR SUZUKI SWIFT 2019

Lalu bagaimana dengan interior Suzuki Swift 2019? Selayaknya mobil Hatchback pada umumnya, atmosfer kabinnya tertata rapi dengan nuansa sporty sekaligus modern. Adapun fitur-fiturnya dikemas cukup ergonomis dan memudahkan segala konektivitas anak muda masa kini.

Review Suzuki Swift 2019: Dashboard

Tampak layout dashboard Suzuki Swift 2019

Aura racing yang sporti abis diadopsi oleh Suzuki untuk interior Swift ini

Lini dashboard dikemas dengan sentuhan detail. Dari ujung kiri hingga ke bagian tengah, terdapat satu sapuan garis merah yang mampu menciptakan atmosfer ala Racing. Tentu hal-hal detail seperti ini, mampu memberikan rasa percaya diri lebih bagi pengendara. Sementara itu, hal yang menarik menurut kami adalah penataan fitur yang dikemas cukup ergonomis serta praktis. Mulai dari Infotainment, Multi Information Display (MID) hingga tombolnya nampak jelas dan mudah dioperasikan. Bahkan untuk pengendara yang baru belajar menyetir akan sangat mudah beradaptasi dengan segala fitur Suzuki Swift.

Review Suzuki Swift 2019: Tombol Setir

Tampak susunan tombol Suzuki Swift 2019

Mudah dijangkau dan besar membuat tombol menyenangkan untuk dipencet

Merambah ke aspek tombol setir, tampilannya mirip dengan model sebelumnya. Menggunakan desain tiga palang multi spoke dipadu fitur-fitur praktis layaknya tombol pengaturan audio, konektivitas serta cruise control. Menariknya lagi, setirnya sudah didukung fitur power assist, tilt dan telescopic steering wheel. Sehingga, Anda dapat mendapatkan posisi menyetir yang sesuai dengan postur tubuh Anda.

Review Suzuki Swift 2019: Konfigurasi Kursi

Tampak konfigurasi Jok Suzuki Swift 2019

Sayangnya untuk penumpang belakang, masih harus meminta kompromi dari penumpang depan untuk kelegaan

Sebagaimana fungsinya sebagai mobil hatchbackSwift 2019 mampu menampung hingga lima orang sekaligus. Kapasitas tersebut terbilang mampu untuk melengkapi berbagai kebutuhan berkendara Anda baik perkantoran, perkuliahan hingga kegiatan keluarga. Adapun kursi pengendara kini sudah didukung fitur height adjuster untuk mendapatkan posisi duduk yang sesuai dengan postur tinggi pengemudi. Di sisi lain, kursi belakangnya juga tak luput dari fitur nyaman yang mana menghadirkan tiga buah headrest untuk menopang kepala penumpang.

>>> Baca juga:

4. FITUR SUZUKI SWIFT 2019

Setelah cukup banyak membahas eksterior dan interior-nya, tiba saatnya Mobilmo.com untuk mengulas hal yang paling menarik dari model satu ini yakni fitur Suzuki Swift 2019.

Review Suzuki Swift 2019: Fitur Keselamatan

Tampak rangka bawah HEARTACH pada Suzuki Swift 2019

HEARTECH membuat struktur mobil menjadi kuat, asyiknya rigiditas ini akan meningkatkan fun to drive

Untuk produk terbarunya ini, Suzuki menaruh standar keselamatan bintang lima. Tentu perubahan ini menjadi hal baru daripada model sebelumnya. Menggunakan rangka bodi lebih kuat yakni HEARTECH dan teknologi keselamatan Advanced Forward Detection System. Seperti pada mobil-mobil modern Eropa lainnya, Suzuki Swift menerapkan fungsi menjaga laju mobil untuk tetap di marka jalan (Lane Departure Warning), proses pengereman mendadak ketika sensor mendeteksi adanya potensi kecelakaan (Dual Sensor Brake Support) serta mampu memberi notifikasi audio ketika sistem mengetahui tingkat kelelahan Anda (Weaving Alert).

Tampak fitur ABS pada Suzuki Swift 2019

ABS akan menyelamatkan Anda dalam kondisi pengereman darurat

Di sisi lain, tersedia juga fitur High Beam Assist yang bisa mengatur interval lampu jauh maupun Low Beam secara otomatis sesuai kondisi jalan dan kehadiran pengendara lain. Sementara itu, untuk masalah pengereman, Suzuki Swift menggunakan racikan Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Electronic Stability Programme (ESP). Dengan racikan tersebut, Anda dapat merasakan sensasi pengereman yang bukan hanya handal namun juga empuk dan presisi. Di aspek inilah, kami merasakan sensasi dari All-New Suzuki Swift 2019 dibanding model sebelumnya.

Review Suzuki Swift 2019: Fitur Hiburan

Tampak sistem audio yang advance pada Suzuki Swift 2019

Headunit dengan kemampuan advance akan menjadi teman setia dalam perjalanan

Untuk aspek hiburan sendiri, Suzuki Swift mengandalkan panel LCD Display berukuran 4,2 inci yang sudah didukung berbagai format modern seperti MP3, WMA, USB, AUX, Bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auto. Sudah barang tentu, anak muda yang cukup melek teknologi di zaman ini, akan merasa terbantu dengan hadirnya panel audio canggih ini. Kualitas suara yang dihasilkan juga terbilang jernih dengan terintegrasinya enam buah speaker yang disematkan di beberapa sisi kabinnya.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil Suzuki lainnya

5. OPERASI SUZUKI SWIFT 2019

Tampak tuas AMT 5 percepatan pada Suzuki Swift 2019

Kalau boleh jujur kami tidak menyukai transmisi AMT Suzuki

Memang tak dipungkiri, khusus operasi mesin Suzuki Swift 2019 spesifikasinya berbeda-beda di setiap negara. Paling apik menurut kami adalah model khusus negara India yang menerapkan mesin 1.2 Liter berkapasitas bersih 1.197 cc berkonfigurasi 4 silinder. Dengan dua pilihan transmisi 5 tingkat percepatan manual dan AMT dengan jumlah percepatan yang sama. Mesin ini mampu memberikan daya 81,8 Hp pada putaran mesin 6.000 Rpm dengan torsi maksimum sebesar 113 Nm di kitiran 4.200 Rpm. Kami memprediksi, mesin ini akan membuat unsur fun to drive dari Suzuki Swift akan semakin menyenangkan meski kapasitas mesinnya kecil.

Tampak mesin mungil 1200 cc punya Suzuki Swift 2019

Mesin 1200 cc ini akan membuat Suzuki Swift 2019 irit bahan bakar

Tentu sebagai mobil yang dirancang untuk kebutuhan perkotaan dan sesekali diajak pelisiran keluar kota, Suzuki Swift menggunakan mekanisme penggerak roda depan agar memberikan performa mesin yang handal namun juga irit bahan bakar. Klaimnya di atas kertas, mesinnya mampu menempuh jarak tempuh 1 liter dapat menempuh 22 Km. Meski kami dari Mobilmo.com meragukannya karena tidak tertera berapa kecepatan rata-rata yang ditempuh saat pengetesan maupun metodenya. Namun tentu saja itu patut untuk diacungi jempol karena termasuk irit.

6. SPESIFIKASI SUZUKI SWIFT 2019

Agar Anda semakin mengenal lebih dalam mengenai mobil ini secara teknis, Mobilmo.com juga hendak melampirkan spesifikasi Suzuki Swift 2019 hanya untuk Anda.

SPESIFIKASI SUZUKI SWIFT 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.890 mm x 1.735 mm x 1.530 mm

Jarak Poros Roda

2.450 mm

Jarak Pijak Depan

1.530 mm

Jarak Pijak Belakang

1.530 mm

Kapasitas Bagasi

268 Liter

Radius Putar Minimum

4,8 m

Berat Kosong

1.315 Kg

MESIN

Tipe Mesin

Inline, 4 Silinder 1.2 liter

Kapasitas Silinder

1.197 cc

Daya Maksimum

81,8 Hp / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

113 Nm / 4.200 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / 5 AMT

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Sistem Kemudi

Electric

Ukuran Ban

165/80 R14

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Tingkat Bahan Bakar

Disarankan RON 92

Klaim Konsumsi Bahan Bakar

22 Km / Liter

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

37 Liter

 

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI SWIFT 2019

Setelah mengetahui banyak keunggulan dari mobil Hatchback satu ini, Mobilmo.com juga berhasil menelaah lebih jauh akan kekurangannya. Berikut kelebihan dan kekurangan Suzuki Swift 2019 yang berhasil kami himpun.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior makin sporty, stylish dan agresif

Tidak banyak fitur baru pada kabin interiornya

Efisiensi mesin makin meningkat dengan kapasitas 1.2 liter

Harga jual lebih tinggi daripada generasi sebelumnya serta tidak bisa menjangkau rentang harga kedua kompetitornya

Teknologi keselamatan benar-benar diberi perubahan yang sangat menjamin keselamatan berkendara Anda

Belum akan di jual di Indonesia dalam waktu dekat

8. DAFTAR HARGA SUZUKI SWIFT 2019

Mengingat model satu ini belum dirilis secara resmi di Indonesia maka belum ada harga resminya untuk pasar Indonesia.

9. VIDEO SUZUKI SWIFT 2019

10. KESIMPULAN SUZUKI SWIFT 2019

Tampak sebuah Suzuki Swift 2019

Untuk milenial, mungkin mobil ini cocok, namun untuk kaum mapan Honda Jazz lebih masuk akal

So this is car for you? Memang sih, Suzuki Swift 2019 yang merupakan generasi terbaru ini belum secara resmi dipasarkan di Indonesia. Dan, kami belum bisa menjamin dan menyarankan apakah mobil ini layak mengisi garasi ataupun carport Anda. Secara bentuk dan desain mungkin memang oke, namun secara kepraktisan Honda Jazz masih memberikan yang terbaik untuk Anda. Tapi, jika Anda menginginkan sebuah hatchback yang stylish, dan juga eye catching. Maka Suzuki Swift 2019 merupakan mobil yang tepat untuk Anda.

>>> Anda butuh informasi tentang mobil-mobil di Indonesia. Klik sini untuk simak tulisan review yang menarik dari Mobilmo.com

Review mobil serupa

  • Review Suzuki APV Arena 2018: Mobil Penumpang dengan Kenyamanan VIP

    30/12/2018| Padli Nurdin

    Review Suzuki APV Arena 2018: Mobil Penumpang dengan Kenyamanan VIP

    Dikenal sebagai kendaraan pengangkut penumpang yang banyak, Suzuki APV Arena 2018 memiliki desain minimalis nan simpel. Namun kekuatan mobil ini bukan pada tampilannya, tetapi kenyamanan yang diberikan kepada penumpang selama perjalanan.

  • Review Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

    24/12/2018| Arfian Alamsyah

    Review Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019

    Saat bertandang ke pabrik Suzuki Indonesia, kami menemukan sebuah harta karun! Tidak hanya menemukan saja, kami juga sengaja mencobanya. Dan inilah review Suzuki Super Carry Pick Up Diesel 2019 hanya untuk Anda pembaca setia website nomor satu seputar teknik mobil.

  • Review Suzuki Vitara 2019

    02/12/2018| Arfian Alamsyah

    Review Suzuki Vitara 2019

    Tidak terasa tahun ini adalah 30 tahun Suzuki Vitara berkiprah di dunia. Selama 3 dekade itu pula Vitara mendapat sambutan hangat maupun cacian di kalangan car enthusiast. Lalu bagaimana pendapat kami mengenai salah satu mobil paling berpengaruh dibumi ini?

International