Review Suzuki Ignis 2020: Mobil SUV Fitur Lengkap Dengan Ubahan Minor

06/05/2020| Abdul

1. PENGANTAR SUZUKI IGNIS 2020

Review Suzuki Ignis 2020 – Mobil baru dari Suzuki ini dihadirkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Peluncuran mobil barunya ini menjadi langkah stimulus produk dari Suzuki agar pasar mobil di Indonesia tetap bergairah. Perubahan yang dilakukan adalah pada bagian minor.

Dari pihak Dony Saputra Selaku 4W Marketing Director SUS menyebutkan, bahwasanya kehadiran mobil Urban SUV kali ini adalah untuk menjadi pelengkap akan kebutuhan kaum urban. Tampilan Ignis terbaru kali ini lebih muda, bergaya dan juga gagah. Ditambah lagi fitur yang diberikan juga cukup banyak supaya dapat menghasilkan kenyamanan dan juga memenuhi mobilitas dari kaum urban.

Lantas bagaimana spesifikasi dan modelnya, mari kita simak ulasannya yang kami berikan dalam spesifikasi Suzuki Ignis 2020.

2. EKSTERIOR SUZUKI IGNIS 2020

Review Suzuki Ignis 2020 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan Suzuki Ignis 2020 tampak bagian depan

Bagian depan tampil gagah dengan perbedaan di bagian aksesoris antara tipe GL dan GX

Kehadiran Ignis di Indonesia pertama kali pada tahun 2017. Yang mana kala itu membawa 3 tipe yaitu GL kemudian GL Suzuki Sport dan yang ketiga adalah GX. Apabila dilihat memang perbedaannya hanya terdapat pada bagian aksesorisnya saja. Sebagai contoh adalah tipe GL yang belum diberikan fog lamp, roof rail. Bahkan pada headlamp belum mengandalkan LED. Sementara untuk tipe GL Suzuki Sport telah mendapatkan body kit, spoiler dan juga decal sticker.

Berbeda lagi dengan tipe GX yang telah mendapatkan roof rail, headlamp LED dan juga fog lamp. Pada Suzuki Ignis 2020 tipe GX tampilannya sudah tambah sporty berkat penggunaan guard diffuser yang diberi aksen warna silver. Begitupun pada Bezel foglamp yang mempunyai ukuran lebih besar sehingga membuat tampilannya lebih sporty. Kalau untuk tipe GL masih tampak polos, hanya saja desain bumper depannya dibuat sama.

Review Suzuki Ignis 2020 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Suzuki Ignis 2020

Sisi samping telah diberikan lampu sein di spion untuk tipe GX

Menuju ke bagian samping, jika dilihat secara umum tidak ada perbedaan yang mencolok antara tipe GX dan GL. Keduanya mengandalkan pelek dengan ukuran 15 inci yang tampil sporty dengan kelir warna hitam. Di samping kap mesin juga terdapat ornamen, untuk pembedanya adalah pemberian lampu sein di spion dan roof rails yang diberikan hanya pada tipe GX saja.

Review Suzuki Ignis 2020 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Suzuki Ignis 2020

Tampilan belakang tampil lebih sporty terutama di bagian bumper

Ketika melihat tampilan buritan maka akan tampak perubahan yang terjadi. Jadi pada bagian bumper kini lebih sporty namun masih tetap elegan dipadukan dengan penggunaan desain mata kucing yang mempunyai bentuk yang meninggi dan terlihat pipih. Dengan penggunaan bagian tersebut seakan berpadu dengan adanya aksen silver pada tengah bumper. Kedua tipe dari Ignis telah diberikan sensor parkir, defogger dan juga wiper belakang untuk visibilitas lebih baik saat melihat belakang.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR SUZUKI IGNIS 2020

Review Suzuki Ignis 2020 : Bagian Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Suzuki Ignis 2020

Dashboard varian GX mempunyai fitur yang lebih mumpuni

Perubahan desain tidak dilakukan pada bagian dashboardnya. Hanya saja untuk tipe GL dan GX perbedaannya ada pada corak warna yang digunakan. Pada tipe GL belum menggunakan head unit layar sentuh, tombol pengatur audio setir dan AC digital climate control. Sedangkan tipe GX mempunyai gagang pintu dan konsol tengah yang warnanya mengikuti bagian eksterior.

Review Suzuki Ignis 2020 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok Mobil Suzuki Ignis 2020

Jok pada varian GX mempunyai motif yang lebih mewah

Pada bagian kursinya ini sekarang telah diberikan headrest yang bisa dilakukan pengaturan. Selain itu joknya juga empuk, hanya saja untuk corak seat covernya terdapat perubahan. Kedua tipe terdapat perbedaan, yang mana pada tipe GL menggunakan motif titik-titik yang mirip polkadot sedangkan tipe GX motifnya adalah kotak-kotak dengan desain lebih mewah. Hanya saja kedua tipe tersebut belum dibekali headrest untuk kursi paling belakang.

Review Suzuki Ignis 2020: Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Suzuki Ignis 2020

Bagasi lebih luas dengan melipat jok baris ketiga

Menuju ke ruang bagasi, untuk kapasitas bagasi yang dimiliki adalah 260 liter. Apabila ternyata kapasitas tersebut masih kurang dan bangku belakang kosong, maka dapat dilakukan pelipatan 60:40. Jadi meskipun penumpang diisi penuh dan di bagasi juga terdapat barang bawaan mobil besutan Suzuki ini tetap nyaman digunakan.

>>> Mungkin anda tertarik:

4. FITUR SUZUKI IGNIS 2020

Berlanjut ke bagian fitur Suzuki Ignis 2020, kedua tipe telah dibekali dengan layar MID (Multi Information Display) yang terbilang cukup lengkap. Memang untuk layar LCD yang digunakan kualitasnya belum full pixel, tapi informasi yang diberikan tergolong lengkap. Hal tersebut terlihat dari informasi konsumsi bahan bakar real time, konsumsi bahan bakar rata-rata, sisa jarak tempuh yang bisa dicapai oleh sisa bahan bakar, suhu kendaraan, odometer, tripmeter A dan B, posisi gear serta suhu luar kendaraan.

Gambar ini menunjukkan layar MID pada mobil Suzuki Ignis 2020

Fitur mumpuni terutama tipe GX

Fitur selanjutnya yang diberikan pada mobil besutan Suzuki tersebut adalah adanya tombol start-stop engine dan juga smart entry. Dengan mengandalkan fitur ini maka hanya perlu mengantongi kunci saja dan menekan tombol yang terletak pada gagang pintu untuk membuka ataupun mengunci pintu kendaraan. Selanjutnya pengemudi hanya perlu menginjak pedal gas dan tekan tombol start stop agar mesin dapat menyala.

Berlanjut pada fitur yang hanya terdapat pada tipe GX saja. Yang mana untuk tipe ini diberikan AC digital yang sudah dipadukan dengan climate control. Dengan mengandalkan fitur tersebut maka suhu kabin akan otomatis menyesuaikan kondisi yang pengaturannya dilakukan oleh climate control.

>>> Review Suzuki Ignis 2018, Harga Dan Spesifikasi Lengkap

5. OPERASI SUZUKI IGNIS 2020

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki Ignis 2020

Mesin didukung dengan transmisi yang halus

Menuju ke sektor performa, pihak Suzuki memberikan mesin Suzuki Ignis 2020 berkodekan K12M yang mempunyai kapasitas 1.200 cc 4 silinder. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 85 Hp atau 83 Ps dan torsi puncaknya adalah 113 Nm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin disalurkan menuju ke bagian roda dengan mengandalkan transmisi  manual 5 speed atau AGS (Auto Gear Shift).

Sebagai informasi, bahwa transmisi AGS ini merupakan transmisi manual yang telah dibekali dengan kopling otomatis.  Tentunya terdapat perbedaan dengan transmisi otomatis konvensional yang mengandalkan torque converter. Jadi terdapat modul actuator sebagai pembedanya yang pengendaliannya secara elektris.

>>> Klik disini untuk cek harga mobil idaman Anda

6. SPESIFIKASI SUZUKI IGNIS 2020

Berikut ini adalah tabel spesifikasi Suzuki Ignis 2020 :

DIMENSI

Tipe GL

Tipe GX

Panjang

3.700 mm

3.700 mm

Lebar

1.660 mm

1.690 mm

Tinggi

1.595 mm

1.595 mm

Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

 Ground Clearance

 180 mm

Radius Putar

 4,7 Meter

 Kapasitas Tangki

 32 Liter

Jarak Sumbu Roda

 2.435 mm

MESIN

Seri mesin

 K12M, DOHC, VVT

Tenaga Maksimum

 81,5 Hp (83 Ps) @ 6.000 rpm

 Torsi Maksimum

 113 Nm @ 4.200 rpm

Bore X Stroke

 73 mm X 71,5 mm

Kapasitas Silinder

 1,197 cc

Pasokan Bahan Bakar

 Multipoint Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Katup Inlet dan 2 Katup Outlet Per Silinder)

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum, Leading Trailing

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS & EBD + BA

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam with Coil Spring

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Pelek

 Alloy, 15 Inch

Jenis Ban

 Radial, 175/65R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI IGNIS 2020

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki Ignis 2020 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Telah menggunakan transmisi AGS yang lebih halus

Perlu penyesuaian untuk menggunakan transmisi AGS

Perubahan yang dilakukan menjadikan tampilannya lebih sporty

Pada bagian jok belakang belum dibekali dengan headrest

Fitur mumpuni dan untuk layar MID cukup lengkap ditambah fitur AC climate control

Seatbelt 3 titik yang diberikan tidak pada semua jok mobil di dalam Ignis

8. DAFTAR HARGA SUZUKI IGNIS 2020

Berikut ini merupakan daftar harga Suzuki Ignis 2020 untuk wilayah Jabodetabek :

TIPE

HARGA

New Ignis GL M/T

Rp. 171 juta

New Ignis GL AGS

Rp. 181  juta

New Ignis GX M/T

Rp. 190 juta

New Ignis GX AGS

Rp. 200 juta

9. VIDEO SUZUKI IGNIS 2020

10. KESIMPULAN SUZUKI IGNIS 2020

Mobil Suzuki Ignis 2020 telah dilakukan perubahan minor sehingga ekstensinya tetap terjaga. Jika melihat sesame kelasnya, mobil besutan Suzuki inilah yang memiliki fitur MID yang lengkap dan AC climate control. Jadi kami sangat merekomendasikan mobil Ignis tipe GX bagi Sobat yang berniat mengincar mobil urban SUV. Tidak hanya karena performanya saja yang sangat memadai, namun untuk transmisi AGS tergolong halus dan juga bandel walaupun dalam penggunaannya perlu adaptasi.

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Review mobil serupa

  • Review Suzuki New Carry Luxury 2020: Mobil Pick Up Keren Kesan Mewah & Eksklusif

    30/08/2020| Abdul

    Review Suzuki New Carry Luxury 2020: Mobil Pick Up Keren Kesan Mewah & Eksklusif

    Mobil pick up menjadi salah satu segmen mobil yang cukup diminati di Indonesia. Kendaraan jenis ini kerap digunakan untuk berbisnis seperti jasa angkut barang, jual sayuran dan lainnya. Salah satu yang bermain di kelas ini adalah Suzuki yang baru-baru ini meluncurkan Suzuki New Carry Luxury 2020. Peluncuran dilakukan di GIICOMVEC 2020.

  • Review Suzuki Celerio 1.0 MT 2015: Mobil Hatchback Lincah Suspensi Stabil

    20/07/2020| Abdul

    Review Suzuki Celerio 1.0 MT 2015: Mobil Hatchback Lincah Suspensi Stabil

    Mobil Suzuki Celerio merupakan sebuah kendaraan Hatchback yang bisa dijadikan pilihan. Selain transmisi CVT, mobil ini mempunyai transmisi manual yang tentunya akan menghadirkan sensasi yang berbeda ketika berkendara. Untuk lebih jelas mengenai mobil ini mari kita simak ulasannya dalam Review Suzuki Celerio 1.0 MT 2015.

  • Review Suzuki Ignis 2020: Mobil SUV Fitur Lengkap Dengan Ubahan Minor

    06/05/2020| Abdul

    Review Suzuki Ignis 2020: Mobil SUV Fitur Lengkap Dengan Ubahan Minor

    Suzuki Ignis 2020 diluncurkan pada saat pandemi virus corona terjadi. Mobil besutan Suzuki tersebut dihadirkan dengan membawa beberapa perubahan minor. Hal tersebut dilakukan untuk masalah eksistensinya. Lantas bagaimana spesifikasi dan berapa harganya?

International