Spesifikasi Mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016 : Kabin Luas Nyaman Dikendarai

30/11/2020| Abdul

1. PENGANTAR SUZUKI CIAZ GLX AT 2016

Jika membahas tentang kendaraan sedan, tentunya akan terpampang sebuah wajah yang khas dan dapat digunakan untuk 5 orang penumpang. Pada momen kali ini kami akan membahas mobil besutan Suzuki keluaran tahun 2016 yakni Ciaz tipe GLX dengan transmisi otomatis. Di tahun 2016 tersebut Ciaz masuk ke Tanah Air dengan didatangkan dari India secara utuh. Yang mana kala itu hanya mempunyai satu trim yakni GLX. Untuk lebih jelas tentang mobil ini, mari kita simak spesifikasi dan fitur yang dimiliki.

2. EKSTERIOR SUZUKI CIAZ GLX AT 2016

Spesifikasi Mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016 : Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016

Aksen krom memancarkan aura kemewahan

Kita mulai pembahasan dari bagian depan. Yang mana untuk mobil ini mempunyai headlamp dengan ukuran cukup besar dan dibuat lancip pada ujung depan dan belakangnya. Lampunya mengandalkan proyektor dengan lampu utama bohlam halogen dan belum memakai teknologi LED.

Di sisi tengah headlamp kanan dan kiri ada grille yang menggunakan aksen warna krom dengan 4 bilah baris yang ukurannya cukup besar. Pada grille tersebut ada logo S di tengahnya yang sama menggunakan aksen krom sehingga memancarkan kemewan yang dimiliki. Sementara di bagian bumpernya ada foglamp yang mempunyai rumah dengan desain rapi membuatnya tampil lebih menarik.

Review Suzuki Ciaz 1.4 GLX AT 2016: Tampilan Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016

Dimensi lebih panjang dibandingkan rivalnya

Menuju ke sektor samping, saat melihatnya tentu akan muncul pandangan bahwa panjangnya sedikit lebih dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya. Tampilan elegan juga terpancar di bagian ini. Ditambah lagi pelek yang digunakan berukuran 16 inci dengan desain yang cukup menawan memakai 16 spokes.

Cover spion menggunakan warna hitam dengan didekatnya ada emblem VVT yang menggunakan aksen krom. Pada gagang pintu terbalut krom sehingga nampak kemewahan di sisi samping. Untuk dimensi dari wheelbase sendiri berukuran 2.650 mm membuat kabinnya terasa lega dan menambah kenyamanan.

Spesifikasi Mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan sisi belakang Mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016

Tampilan elegan dan terlihat gagah

Menuju ke sisi belakang, tampilannya mempunyai kesan yang elegan dengan menggunakan lampu belakang multi reflektor. Desain stoplampnya dibuat memanjang dari bagian samping menuju ke sisi belakang. Dengan desain tersebut membuat sisi buritannya ini tampil lebih menarik. Di bagian kanan dekat stoplamp ada logo huruf bertuliskan CIAZ dan di bagian tengan logo S khas Suzuki yang sama-sama menggunakan aksen krom.

DI bagian ini belum diberikan kamera mundur, meskipun begitu ada sensor parkir yang dibuat senada dengan sisi belakang sehingga tampak tidak ada. Sensor yang diberikan ada 4 buah yang membantu pengemudi ketika melakukan parkir. Dengan lekukan di sisi belakang menurut kami mobil ini tampil sporty dan terlihat kegagahannya.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR SUZUKI CIAZ GLX AT 2016

Spesifikasi Mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016: Bagian Dashboard Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016

Dashboard menarik dengan desain modern

Sebagai mobil yang baru berumur 5 tahun, dashboard yang dimiliki cukup modern dari segi desain. Tampilan elegan terlihat dengan penggunaan warna hitam yang mendominasi. Untuk penempatan tombol dan juga fitur di dashboard tergolong mudah untuk dijangkau oleh pengemudi, sehingga pengendaraan bisa tetap maksimal. Terdapat beberapa kisi-kisi AC di bagian ini yakni 1 sebelah kiri, 1 sebelah kanan dan 2 di tengah.

Pada sisi kemudi menggunakan model 3 palang dan dibalut dengan bahan material yang licin serta nyaman untuk digenggam. Diameter yang dimiliki juga sangat pas dengan rasio gerak setir yang cukup besar. Di bagian kiri kemudi ada beberapa tombol yang berfungsi untuk memudahkan pengemudi dalam mengatur audio yang berada di dashboard.

Spesifikasi Mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi Mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016

Bagasi luas dapat muat barang banyak

Menuju ke sektor bagasi, mobil besutan Suzuki ini memiliki bagasi luas dengan volumenya adalah 510 liter. Pintunya masih menggunakan manual belum elektrik namun ketika dibuka terasa ringan. Dengan bagasi yang dimiliki maka mobil ini dapat digunakan untuk membawa barang bawaan atau barang belanjaan dengan cukup banyak.

>>> Baca Juga:

4. FITUR SUZUKI CIAZ GLX AT 2016

Berlanjut ke sektor fitur Suzuki Ciaz GLX AT 2016. Hal pertama yang menjadi perhatian adalah kuncinya yang sudah menggunakan keyless entry. Jadi untuk masuk ke dalam pintu tinggal menekan gagang pintu saja dan kunci cukup dikantongi. Ketika berniat menyalakan mesin juga mudah karena tinggal menekan tombol engine start stop sambil menekan pedal rem.

Gambar ini menunjukkan head unit dan pengatur AC Mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016

Fitur cukup mumpuni untuk dukung aktivitas berkendara

Untuk head unit cukup mumpuni dengan in-car entertainment dipadukan dengan 2 tweeter dan 4 speaker membuatnya siap menemani perjalanan. Suara yang dihasilkan cukup baik dan bisa mengoperasikan radio, CD, Bluetooth, USB dan AUX. Sementara di bagian bawahnya ada pengatur AC yang telah mempunyai fungsi climate control serta sudah memakai model digital. Dalam pengaturan suhunya bisa otomatis dengan menekan tombol saja. Pengaturan arah semburannya juga tergolong lengkap.

>>> Lihat Juga, Spesifikasi Mobil Suzuki Swift 2013 : Mobil Mungil Untuk Temani Aktivitas Di Perkotaan

5. OPERASI SUZUKI CIAZ GLX AT 2016

Gambar ini menunjukkan mesin Mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016

Mesin K14B hemat konsumsi bahan bakar

Menuju ke sektor mesin, performa yang dimiliki mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016 didukung dengan mesin yang berkodekan K14B dengan kapasitasnya adalah 1.373 cc 4 silinder. Teknologi yang diberikan adalah VVT, tenaga mesinnya yang dapat dihasilkan adalah 92 Ps, sedangkan torsi puncaknya mencapai 130 Nm. Dalam pembahasan kali ini menggunakan sistem transmisi 4 speed otomatis. Mobil ini mengandalkan sistem penggerak roda depan atau FWD dan mempunyai broke x stroke 73,0 mm x 82,0 mm.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Suzuki Ciaz

6. SPESIFIKASI SUZUKI CIAZ GLX AT 2016

Berikut ini merupakan spesifikasi mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016:

DIMENSI

Panjang

4.490 mm

Lebar

1.730 mm

Tinggi

1.475 mm

Jumlah Tempat Duduk

5 Tempat Duduk

Kapasitas Tangki

42 Liter

Jarak Sumbu Roda

2,650 mm

Ground Clearance

160 mm

Radius Putar

5,4 Meter

MESIN

Seri mesin

K14B, 4 Silinder Segaris, DOHC, VVT

Torsi Maksimum

130 Nm @ 4.000 rpm

Kapasitas Silinder

1,373 cc

Tenaga Maksimum

90,5 Hp (92 Ps) @ 6.000 rpm

Bore X Stroke

73,0 mm X 82,0 mm

Sistem Pasokan Bahan Bakar

Multi Point Injection

Jumlah Katup

16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

Tipe Transmisi

Otomatis 4 Percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

HANDLING DAN SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum, Leading Trailing

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Coil Spring

Pelek

Alloy, 16 Inch

Jenis Ban

Radial, 195/55R16

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD

Teknologi Safety Sasis

Side Impact Beam, TECT Body

Sistem Kemudi

Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Struktur Sasis

Monokok, Sedan B Segment

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI CIAZ GLX AT 2016

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mempunyai kabin yang lega sehingga nyaman saat dipakai untuk menemani aktivitas keseharian

Mesin yang diberikan mempunyai tenaga yang terbilang kurang

Hemat konsumsi bahan bakar dan mempunyai fitur yang terbilang cukup lengkap

Apabila dibandingkan dengan para rivalnya handling yang dimiliki masih kalah

8. DAFTAR HARGA SUZUKI CIAZ GLX AT 2016

Unit mobil ini memang sulit untuk didapatkan, baik untuk yang bertransmisi manual ataupun otomatis. Nah bagi Sobat yang berniat untuk membeli mobil besutan Isuzu ini, harga Suzuki Ciaz GLX AT 2016 ini dibanderol di kisaran Rp. 180 jutaan dalam kondisi bekas. Harga tersebut bisa saja berbeda tergantung kondisi dan wilayah melakukan pembelian. Yang pasti saat membelinya jangan lupa melakukan pengecekan dengan teliti.

9. VIDEO SUZUKI CIAZ GLX AT 2016

10. KESIMPULAN SUZUKI CIAZ GLX AT 2016

Mobil sedan memang mempunyai peminatnya tersendiri, hal tersebut karena tampilannya yang menarik dan mudah untuk dilakukan modifikasi. Biasanya hanya mengganti pelek dan menambah spoiler model wing serta sedikit stiker sudah bisa membuat tampilannya jadi lebih keren. Nah bagi Sobat yang ingin membeli mobil  sedan dengan desain yang menarik serta kabin lega maka bisa memilih Ciaz keluaran tahun 2016 satu ini. Memang untuk mencari mobil ini tergolong sulit karena populasinya tidaklah banyak. Namun untuk sparepart tidak perlu khawatir karena mesin yang dipakai mobil Suzuki Ciaz GLX AT 2016 sama dengan Swift dan juga Ertiga.

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Review mobil serupa