Review Suzuki Baleno Hatchback AT 2018: Mobil Nyaman Fitur Keselamatan Mumpuni

14/02/2020 | Abdul

1. PENGANTAR SUZUKI BALENO HATCHBACK AT 2018

Baleno menjadi salah satu kendaraan yang diunggulkan oleh pihak Suzuki. Yang mana hingga saat ini kendaraan tersebut telah sampai 4 generasi. Kehadirannya pertama kali dilakukan pada tahun 1995 yang menduduki posisi dari sedan Esteem, kalau di Jepang dikenal dengan nama Cultus.

Untuk generasi kedua peluncurannya dilakukan pada tahun 2003 yang telah ada beberapa perubahan seperti desainnya dibuat lebih besar. Sedangkan generasi ketiga dihadirkan pada tahun 2008. Di tahun 2015 akhirnya Baleno generasi kelima dihadirkan di Frankfurt Motor Show pada bulan September. Sebelumnya bentuk yang dimiliki adalah sedan, namun untuk generasi terbarunya berganti jadi Hatchback. Setelah berselang 2 tahun barulah mobil tersebut masuk ke Indonesia melalui ajang Gaikindo International Auto Show 2017.

2. EKSTERIOR SUZUKI BALENO HATCHBACK AT 2018

Review Suzuki Baleno Hatchback AT 2018 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Suzuki Baleno Hatchback AT 2018

Warna chrome membuat tampilan tampak mewah

Ketika melihat bagian depan akan nampak grille yang desainnya dibuat dengan bentuk huruf V yang beraksen chrome. Untuk desainnya dibuat memanjang sampai masuk ke bagian dalam headlamp depan. Sedangkan pada headlamp dibuat dengan tampilan yang agresif dengan penggunaan lampu projector berpadu dengan LED Daytime Running Light. Di bagian bawahnya lagi ada bumper yang terlihat manis dengan perpaduan warna hitam serta penggunaan lampu kabut untuk membantu pengendara melaju di jalan berkabut atau hujan deras.

Selain itu di bagian bawahnya tersemat bumper lips yang dapat berguna untuk melindungi bumper saat melintasi jalanan yang tidak rata. Untuk bentuknya sendiri dibuat menyeluruh mulai bagian depan sampai ke belakang.

Review Suzuki Baleno Hatchback AT 2018 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping dan depan Suzuki Baleno Hatchback AT 2018

Bagian samping juga ada aksen chrome pada handle pintu

Berlanjut pembahasan ke bagian samping Suzuki Baleno Hatchback AT 2018. Pada bagian ini dihadirkan dengan warna chrome pada handle pintu. Sementara pada rumah spionnya dibuat sewarna bodi dan sudah diberikan lampu sein. Sementara untuk bagian pintu samping depan telah mendapatkan fitur keyless entry. Dengan fitur tersebut maka untuk masuk kendaraan dapat dilakukan dengan mudah.

Untuk mendukung tampilannya, mobil besutan Suzuki tersebut mengandalkan ban dengan ukuran 195/55 R16. Sedangkan ground clearance yang dimiliki adalah 170 mm. Bahkan auto retractable mirror telah diberikan pada bagian spion.

Review Suzuki Baleno Hatchback AT 2018 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang dan samping kanan Suzuki Baleno Hatchback AT 2018

Terdapat pelindung bagian bawah bumper memutar ke seluruh bodi

Menuju ke bagian belakang, stop lamp yang digunakan di desain bulat yang memakai sudut lancip dan posisinya berada di samping pintu bagasi. Kesan elegan juga terpancar berkat penggunaan rear garnish yang dibekali dengan aksen chrome. Sebagai penambah tampilan sporty, pihak Suzuki memberikan roof spoiler dan juga high mount stop lamp.

Berlanjut ke bagian kaca belakang yang telah disematkan wiper dan juga defogger, yang mana dengan adanya fitur tersebut dapat memberikan visibilitas yang baik ke arah belakang.

>>> Review terbaru Suzuki bisa Anda dapatkan di sini:

3. INTERIOR SUZUKI BALENO HATCHBACK AT 2018

Review Suzuki Baleno Hatchback AT 2018 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan bagian dashboard mobil Suzuki Baleno Hatchback AT 2018

Tampilan head unit terlihat keren dengan desain yang diberikan

Pembahasan berlanjut ke bagian interior, yang mana saat Sobat berada di dalamnya akan merasakan kedinamisan serta kemewahannya. Hal tersebut berkat penggunaan aksen chrome yang diberikan pada layout dashboardnya. Pada dashboard sendiri terdapat head unit yang sudah double din dengan mengandalkan warna piano black dan juga aksen chrome serta memakai layar infotainment digital yang memiliki ukuran 4,2 inci. Head unit tersebut bisa digunakan untuk mengoperasikan radio AM/FM, CD,MP3/USB dan Bluetooth. Sementara untuk tombol pengaturan AC masih memakai model tekan.

Berlanjut ke bagian kemudi Suzuki Baleno Hatchback AT 2018, dari segi desain mempunyai tampilan yang baik dan juga nyaman ketika digenggam. Hal tersebut berkat penggunaan bahan materialnya yakni kulit. Sementara pengaturannya telah mendukung tilt dan telescopic dipadukan dengan tombol multifungsi yang berguna untuk memberikan kemudahan pada pengemudi saat ingin menutup atau menerima panggilan telepon.

Review Suzuki Baleno Hatchback AT 2018: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok depan mobil Suzuki Baleno Hatchback AT 2018

Jok pada gambar sudah dilakukan ubahan

Sementara di bagian kursi memakai bahan material fabric, hanya saja untuk unit yang sedang direview kali ini telah dilakukan perubahan dengan memberikan aksesoris tambahan menjadi terbalut kulit. Untuk jahitannya memakai warna merah dipadukan dengan logo Suzuki Sport dibagian tengahnya. Sementara posisi duduk yang dimiliki terutama untuk pengemudi telah disesuaikan dengan kebutuhan, hal tersebut karena telah ada pengaturan reclining, height adjuster dan sliding.

Pada legroom terbilang lega pada baris keduanya ditambah dengan 3 headrest untuk kenyamanan penumpang. Bahkan apabila sedang tidak digunakan maka bisa menambah luas bagasinya dengan melakukan pelipatan konfigurasi 60:40.

>>> Berita terbaru Suzuki bisa Anda dapatkan di sini

4. FITUR SUZUKI BALENO HATCHBACK AT 2018

Review Suzuki Baleno Hatchback AT 2018: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar ini menunjukkan airbag mobil Suzuki Baleno Hatchback AT 2018

Airbag dapat menghindari cedera parah saat kecelakaan

Untuk mendukung keselamatan berkendara, Suzuki Baleno Hatchback AT 2018 dibekali dengan fitur yang cukup baik berupa dual airbag depan, samping dan belakang untuk fitur keselamatan pasif. Sedangkan fitur keselamatan aktif ada sensor parkir, pengingat pintu terbuka, pengingat sabuk pengaman, ABS (Anti Lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake Distribution).

>>> Salah Instalasi Audio Bisa Picu Mobil Terbakar, Begini Mengantisipasinya

5. OPERASI SUZUKI BALENO HATCHBACK AT 2018

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki Baleno Hatchback AT 2018

Mesin cukup tangguh dengan konsumsi bahan bakar yang hemat

Menuju ke bagian performa, yang mana mesin Suzuki Baleno Hatchback AT 2018 menggunakan kode K14B4 dengan kapasitas 1.373 cc berkonfigurasi dengan 4 silinder. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 92 Hp dan torsi maksimal sebesar 130 Nm. Tenaga mesin disalurkan ke bagian roda depan dengan mengandalkan transmisi otomatis 4 percepatan. Sebagai sebuah mobil hatchback, mobil besutan Suzuki tersebut mempunyai konsumsi bahan bakar dalam 1 liternya bisa mencapai 14,7 km berdasarkan pengujian.

>>> Berminat Membeli Mobil Suzuki Baleno, Jangan Ragu Klik Di Sini

6. SPESIFIKASI SUZUKI BALENO HATCHBACK AT 2018

Berikut ini merupakan tabel Suzuki Baleno Hatchback AT 2018 :

DIMENSI

Panjang

3.995 mm

Lebar

1.745 mm

Tinggi

1.510 mm

Wheelbase

2.520 mm

MESIN

Tipe

K14B4 4-silinder

Kapasitas 1.373 cc

1.373 cc

Tenaga Maksimal

92,4 PS/6.000 RPM

Torsi maksimal

130nm/4.200 RPM

Transmisi

FWD Otomatis 4 percepatan

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI BALENO HATCHBACK AT 2018

Setiap kendaraan tentu ada keunggulan tersendiri begitupun soal kelemahan. Nah berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki Baleno Hatchback AT 2018 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Ruang kabin yang dimiliki terbilang lapang

Pelek yang diberikan terbilang mempunyai dimensi kurang besar

Harga yang ditawarkan cukup bersaing

 

Mempunyai ground clearance tinggi sehingga bisa digunakan untuk melibas beragam medan jalanan

 

8. DAFTAR HARGA SUZUKI BALENO HATCHBACK AT 2018

Umur dari mobil ini adalah 2 tahun sampai sekarang, tentunya untuk sebuah mobil bekas kondisinya cukup lumayan bagus karena masih muda. Adapun harga bekas Suzuki Baleno Hatchback AT 2018 mulai Rp. 168 jutaan sampai Rp. 188 jutaan. Harga tersebut tergantung kondisi dan daerah tempat membeli mobil bekas. Ketika berniat membelinya sebaiknya melakukan pemeriksaan pada riwayat servisnya guna bukti mobil benar-benar terawat.

9. VIDEO SUZUKI BALENO HATCHBACK AT 2018

10. KESIMPULAN SUZUKI BALENO HATCHBACK AT 2018

Suzuki Baleno Hatchback AT 2018 mempunyai ground clearance yang cukup tinggi sehingga dapat membuatnya kompeten dalam melewati beragam medan jalan. Suspensi yang diberikan juga nyaman dan ruang kabin yang diberikan juga lapang sehingga saat dikendarai di dalam kota akan terasa menyenangkan, begitupun untuk perjalanan luar kota. Apalagi konsumsi bahan bakarnya terbilang irit dan harga jualnya juga kompetitif yang membuat Balesno menjadi salah satu pilihan alternatif sebagai kendaraan keluarga.

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Review mobil serupa

  • 30/06/2019 | Franky Pratama

    Review Suzuki Baleno 2017

    Menjadi pengganti langsung dari Swift, Suzuki Baleno hadir di lini Hatchback dengan harga cukup terjangkau. PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkannya tepat pada tahun 2017, menyasar target anak muda masa kini. Apakah mobil ini layak untuk Anda beli? Sebelum menyimpulkan lebih jauh, mari kita simak ulasannya dalam review Suzuki Baleno 2017.

  • 26/02/2020 | Abdul

    Review Suzuki Baleno Next-G 2003: Mobil Sedan Tapi Wajahnya Hatchback

    Mobil murah bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti fitur kurang lengkap, tahun sudah lama dan masih banyak lagi. Tapi tahukah Sobat, bahwa terdapat mobil harga murah disebabkan oleh desainnya yang tergolong aneh. Hal tersebut ternyata pernah terjadi, yang mana mobil yang dimaksudkan adalah Suzuki Baleno Next-G. Kenapa bisa begitu?, mari kita simak ulasannya dalam Review Suzuki Baleno Next-G 2003.

  • 06/05/2020 | Abdul

    Review Suzuki Ignis 2020: Mobil SUV Fitur Lengkap Dengan Ubahan Minor

    Suzuki Ignis 2020 diluncurkan pada saat pandemi virus corona terjadi. Mobil besutan Suzuki tersebut dihadirkan dengan membawa beberapa perubahan minor. Hal tersebut dilakukan untuk masalah eksistensinya. Lantas bagaimana spesifikasi dan berapa harganya?