Review Suzuki Baleno Next-G 2003: Mobil Sedan Tapi Wajahnya Hatchback

26/02/2020| Abdul

1. PENGANTAR SUZUKI BALENO NEXT-G 2003

Peluncuran mobil Suzuki Baleno Next-G pada saat pasar otomotif didominasi oleh Honda City GD8 dan Toyota Vios generasi pertama. Yang mana saat itu adalah tahun 2001, hanya saja tampilan dari Baleno kala itu merupakan sosok sedan tapi tampangnya mirip mobil Hatchback Aerio. Banyak yang beranggapan bahwa tampilan mobil tersebut aneh karena berbadan sedan namun wajahnya Hatchback.

Pada tahun 2003 akhirnya mobil tersebut dilakukan ubahan facelift. Yang pada terdapat perubahan pada bagian grille dan juga bumper belakang sehingga tampilannya lebih elegan seakan menutupi kekurangan desain sebelumnya. Bahkan dari segi fitur juga semakin lengkap sehingga menjadi sebuah mobil yang patut untuk dibeli. Untuk harganya sendiri lebih murah apabila dibandingkan dengan kompetitornya.

2. EKSTERIOR SUZUKI BALENO NEXT-G 2003

Review Suzuki Baleno Next-G 2003 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Suzuki Baleno Next-G 2003

Sisi depan yang paling mencolok adalah logo Suzuki di bagian tengah grille

Apabila kita melihat bagian depan maka akan tampak desain grille yang dibuat dengan model 2 palang dan diberi kelir warna hitam. Kalau bentuknya adalah trapesium sehingga fokus pandangannya berada di bagian tengah, yang  mana di tempat tersebut ada logo Suzuki. Sementara pada bagian headlamp dibuat terintegrasi  dengan lampu sein yang mempunyai ukuran cukup besar. Alhasil pencahayaan yang didapatkan saat malam hari  tergolong baik.

Selain hal tersebut, salah satu yang menarik pada mobil Suzuki Baleno Next-G 2003 adalah telah diberikan lampu fog lamp. Dengan begitu ketika melintasi jalanan berkabut ataupun hujan deras bisa dilewati dengan lebih mudah. Hanya saja ada keluhan dari para konsumennya yang menyebutkan bahwa tampilan depannya mempunyai bentuk seperti mobil Hatchback.

Review Suzuki Baleno Next-G 2003 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Suzuki Baleno Next-G 2003

Handle pintu dan rumah spion menggunakan sewarna bodi

Pembahasan berlanjut ke bagian samping, yang mana menurut kami desain yang dimiliki cukup simple. Jadi di bagian ini memang tidak terdapat aksen krom maupun guratan sporty, tampilannya juga tampak sederhana. Alhasil tampilannya jadi lebih enak dipandang, untuk handle pintu dan rumah spion didesain sewarna dengan bodi utama mobil.

Review Suzuki Baleno Next-G 2003 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Suzuki Baleno Next-G 2003

Bagian bagasi layaknya sedan pada umumnya hanya dibuat lebih tinggi

Pada bagian belakang Suzuki Baleno Next-G 2003 akan tampak karakteristik sebagai sebuah mobil sedan. Bagasi yang digunakan juga ala mobil sedan hanya modelnya yang lebih tinggi sedikit, beberapa pendapat menyebutnya sedikit aneh. Bahkan sebagian orang berpikir mobil tersebut sebuah sedan atau Hatchback. Disamping hal tersebut, pada bagian belakangnya menggunakan stop lamp dan lampu sein dengan ukuran yang besar. Memang tampilannya terlihat klasik tapi hal tersebut membuatnya tampak lebih baik.

>>> Lihat juga :

3. INTERIOR SUZUKI BALENO NEXT-G 2003

Review Suzuki Baleno Next-G 2003 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Suzuki Baleno Next-G 2003

Tampilan sederhana dengan hiburan audio dan AC mobil

Pembahasan berlanjut ke bagian interior, yang mana tampilan yang dimiliki sederhana. Meskipun begitu mobil ini terbilang nyaman saat ingin digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Sementara di bagian dashboard telah diberikan beberapa fitur yang dapat menghibur pengendara, hal tersebut berkat penggunaan pengaturan AC mobil dan juga audio. Tampilannya dikemas secara sederhana dan soal warna lebih didominasi warna hitam.

Berlanjut ke bagian kemudi mobil, terdapat hal menarik pada bagian ini yakni panel MID yang didesain modern. Informasi mengenai kondisi mobil diberikan dengan jelas sehingga mudah dibaca oleh pengemudi.  Untuk kemudinya mengandalkan 3 palang dan terdapat logo Suzuki di bagian tengahnya.

Review Suzuki Baleno Next-G 2003 : Bagian Kursi Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil Suzuki Baleno Next-G 2003 baris kedua

Ruang kaki jok belakang terbilang sempit

Pada bagian jok dapat menampung sampai 5 orang penumpang dan dikemas dengan nyaman. Hanya saja menurut kami untuk bagian kursi belakang masih terasa kurang begitu lega pada ruang kakinya. Jadi menurut kami mobil ini sangat nyaman digunakan saat bepergian jarak dekat, kalau jarak jauh jangan lupa untuk beristirahat saat membawa penumpang di bagian belakang.

>>> Review terbaru Suzuki bisa Anda dapatkan di sini:

4. FITUR SUZUKI BALENO NEXT-G 2003

Berlanjut ke bagian fitur Suzuki Baleno Next-G 2003, untuk varian facelift telah mempunyai kelengkapan yang lebih. Sementara untuk versi sebelumnya fitur yang diberikan masih tergolong minim. Seperti pada bagian fitur keselamatan, yang mana sistem pengereman telah dibekali dengan ABS dan EBD.

Sebagai sebuah mobil sedan, menurut kami mobil ini terbilang nyaman. Bahkan fitur airbag juga telah diberikan sebagai standarnya sehingga keselamatan lebih terjamin dan terhindar dari cedera parah saat terjadi benturan yang cukup keras. Kalau boleh menyarankan lebih baik memilih versi facelift nya dibandingkan generasi pertamanya.

>>> Berminat Membeli Mobil Suzuki Baleno, Jangan Ragu Klik Di Sini

5. OPERASI SUZUKI BALENO NEXT- G 2003

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Suzuki Baleno Next-G 2003

Terdapat 2 pilihan transmisi untuk memberikan pilihan pada konsumen

Masuk ke bagian performa Suzuki Baleno Next-G 2003, pihak Suzuki memberikan mesin dengan kode M15A dengan 4 silinder segaris. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 100 Hp/5.900 Rpm dan torsi puncak yang dapat dicapai adalah 133 Nm. Untuk menyalurkan tenaga ke bagian roda mengandalkan 2 pilihan transmisi yakni  otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan. Adapun alasan mobil ini layak diminati adalah karena harganya yang cukup terjangkau dan sparepartnya mudah untuk didapatkan.

>>> Review Suzuki Baleno Hatchback AT 2018: Mobil Nyaman Fitur Keselamatan Mumpuni

6. SPESIFIKASI SUZUKI BALENO NEXT-G 2003

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Suzuki Baleno Next-G 2003 :

DIMENSI

Panjang

4.350 mm

Lebar

1.690 mm

Tinggi

1.545 mm

MESIN

Tipe

1.5 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VVT

Kapasitas Silinder

1.498 cc

Sistem Transmisi

5 Percepatan Manual / 4 Percepatan Otomatis

Daya Maksimal

100 HP / 5.900 Rpm

Torsi Maksimal

133 Nm / 3.100 Rpm

SUSPENSI

Suspensi Depan

McPherson Strut Independent

Suspensi Belakang

Torsion Beam

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI BALENO NEXT-G 2003

Setiap kendaraan mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Begitupun pada mobil besutan Suzuki satu ini, berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno Next-G 2003 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Saat mobil terjadi masalah tidak terlalu khawatir karena sparepartnya mudah dicari

Desainnya yang merupakan penggabungan dari sebuah sedan dan Hatchback kurang begitu diminati

Fitur yang diberikan terbilang sudah memenuhi standar sehingga bisa digunakan untuk keseharian

Kesan mewah tidak begitu tampak baik itu di bagian eksterior maupun interiornya

Harga yang ditawarkan terbilang terjangkau sehingga bagi Sobat yang ingin mempunyai kendaraan untuk aktifitas keseharian bisa memilih mobil ini

Sebagai sebuah mobil sedan mobil besutan Suzuki ini belum dibekali fitur kelas premium

8. DAFTAR HARGA SUZUKI BALENO NEXT-G 2003

Sebelumnya mobil ini dijual dalam kondisi baru dengan harga Rp. 149 jutaan. Namun untuk saat ini hanya tersedia dalam kondisi bekas. Adapun harga Suzuki Baleno Next-G 2003 bekas mulai Rp. 50 jutaan sampai Rp. 60 jutaan. Harga tersebut tergolong cukup terjangkau dan tergantung kondisi serta wilayah tempat melakukan pembelian.

9. VIDEO SUZUKI BALENO NEXT-G 2003

10. KESIMPULAN SUZUKI BALENO NEXT-G 2003

Di Indonesia, racikan antara mobil sedan dan Hatchback kurang begitu diterima oleh masyarakat Tanah Air dengan positif. Meskipun begitu, tentunya jika hanya melihatnya dari segi desain kurang begitu bijak. Beberapa hal perlu dijadikan pertimbangan seperti harganya yang terjangkau dan juga fitur yang terbilang lengkap sehingga mobil Suzuki Baleno Next-G 2003 dapat digunakan untuk beraktivitas keseharian.

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Review mobil serupa

International