Spesifikasi Honda City i-DSI 2003 : Mobil Sedan Tampilan Menarik Sampai Saat Ini

30/08/2021| Abdul

1. PENGANTAR HONDA CITY

Mobil sedan kerap digunakan untuk kendaraan pribadi karena kapasitasnya yang hanya 4 sampai 5 penumpang. Selain itu, tampilannya juga menarik dan sporty yang membuat mobil dalam segmen sedan tampil bergaya. Bahkan tidak sedikit anak muda suka akan kendaraan segmen sedan untuk menemani mobilitas sehari-hari.

Disamping hal tersebut, mobil sedan juga mudah dilakukan modifikasi. Dengan ubahan sedikit tampilan sudah jadi lebih sporty, menarik dan keren. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai mobil Honda City 2003. Dimana penjualan mobil Honda ini saat pertama kali diluncurkan mencapai 7.680 unit. Angka tersebut menunjukkan bahwa mobil besutan Honda memiliki banyak peminat.

Lantas apa saja yang membuat mobil Honda City 2003 tersebut banyak diminati? Daripada penasaran, berikut ini Mobilmo.com berikan ulasan mengenai spesifikasi dan fitur yang ada di dalamnya.

2. EKSTERIOR HONDA CITY

Sisi Depan Honda City i-DSI 2003

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Honda City i-DSI 2003

Tampilan dinamis dan elegan

Pembahasan dimulai dari bagian depan, salah satu hal yang terlihat menonjol ketika melihat bagian depan adalah ornamen krom yang dipadukan dengan logo Honda pada bagian grill.

Sisi kanan dan samping kiri dibekali dengan headlamp crystal multi reflektor. Bumpernya tampak polos dibekali dengan lubang udara dibuat panjang. Masih tampak polos karena tidak diberikan fog lamp untuk mobil ini. Desain depannya ini tampak elegan tapi juga simpel.

Sisi Samping Honda City i-DSI 2003

Gambar ini menunjukkan bagian samping Honda City i-DSI 2003

Aerodinamika terpancar pada desain mobil yang diberikan

Melihat bagian samping tampak jelas aerodinamika yang dimiliki karena desain yang diberikan. Seperti pada bagian depan yang miring mulai atap dan sisi belakang yang sedikit ke atas. Velg yang diberikan mengandalkan ukuran 14 inci  dengan palang yang tebal.

Pada sisi ini mendapatkan side body moulding dipadukan dengan handle pintu dan spion sewarna body. Sein samping belum ada pada mobil ini sehingga saat berkendara berjejer dengan sepeda  motor perlu lebih waspada.

Sisi Belakang Honda City i-DSI 2003

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Honda City i-DSI 2003

Aksen krom juga terdapat pada bagian belakang

Tampilan belakang terlihat kalem dengan bumper yang polos dan tampak menonjol. Desain lampu belakang cukup menarik dengan perpaduan warna merah dan crystal. Sisi tengah juga mendapatkan ornamen krom untuk menunjukkan aura kemewahan dipadukan dengan logo Honda. Bagian kiri ada emblem tulisan i-DSI dan sisi kanan City. Pemberian desain belakangnya ini senada dengan bagian depan yang tampak kalem.

>>> Review Honda Jazz i-DSI 2004: Mobil Hatchback Cocok Untuk Anak Muda​

3. INTERIOR HONDA CITY

Dashboard Dan Kemudi Honda City i-DSI 2003

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Honda City i-DSI 2003

Tampilan dashboard cukup menarik dengan tombol fitur mudah dijangkau

Sebagai mobil keluaran tahun 2000 an tentunya fitur yang diberikan tidak seperti mobil saat ini. Meskipun begitu tampilannya cukup menarik dengan dashboard yang menggunakan aksen warna two tone. Sementara pada bagian jok dan panel menggunakan nuansa kayu sehingga terlihat mewah. Penempatan tombol untuk mengatur fitur terbilang mudah dijangkau oleh pengemudi.

Pada bagian kemudi menggunakan 3 palang dengan aksen warna hitam dan sedikit warna silver dipadukan dengan logo Honda pada bagian tengah. Pengaturan kemudi hanya diberikan Tilt saja sehingga bisa membuat pengemudi lebih nyaman dalam mengemudikan kendaraan.

Pada mobil City i-DSI dengan transmisi CVT mendapatkan fitur 7-Speed Steermatic. Dimana pengemudi bisa menekan tombol pada kemudi untuk memindahkan gigi transmisi. Tentunya hal ini menghadirkan nuansa tersendiri ketika mengemudikan mobil Sedan besutan Honda satu ini.

Jok Mobil Honda City i-DSI 2003

Gambar ini mennunjukkan jok mobil Honda City i-DSI 2003

Jok empuk dipadukan dengan kabin yang lega

Mobil sedan Honda ini bisa digunakan untuk 5 penumpang yang bisa merasakan kenyamanan selama berada di dalam mobil. Leg room dan head room terbilang luas sehingga lebih leluasa di dalam kabin dan tidak merasa membosankan.

Hanya saja untuk headrest yang diberikan hanya 4 saja, sementara penumpang bagian tengah perlu mengalah tanpa headrest. Jok mobil Honda terkenal akan kenyamanan karena empuk, sehingga pengemudi dan penumpang selama di dalam mobil tidak mudah capek.

>>> Baca Juga, Uji Tabrak Honda All New City Dapat Bintang Lima, Ini Yang Dites

4. FITUR HONDA CITY

Gambar ini menunjukkan head unit Honda City i-DSI 2003

Head unit yang diberikan dapat memebrikan hiburan selama perjalanan

Pihak Honda memberikan hiburan berupa head unit dual DIN besutan JVC. Dimana fitur ini dapat digunakan untuk Radio AM/FM kemudian memutar kaset, CD dan juga MP3. Hal tersebut bisa membuat kenyamanan lebih didapatkan selama perjalanan dengan mendengarkan musik sesuai selera.

Head unit dipadukan dengan 4 speaker yang dapat menghasilkan suara yang baik. Dibalik kemudi terdapat panel instrumen dengan desain sederhana karena belum diberikan MID (Multi Information Display).

Panel instrument dapat memberikan informasi tentang putaran mesin kemudian speedometer dan indikator posisi dari shifter gigi. Tidak sampai disitu saja, sistem digital diberikan untuk menunjukkan odometer dan juga tripmeter A dan B.

Fitur lainnya yang diberikan adalah teknologi Ultra Seat untuk jok mobil. Jadi pemilik bisa mengatur kursi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk modenya terdapat beberapa meliputi Long Mode, Tall Mode, Refresh Mode dan Utility Mode.

>>> Baca Juga, Review Honda Brio 2015 : Mobil LCGC Terjangkau Dengan Performa Tinggi

5. OPERASI HONDA CITY

Gambar ini menunjukkan mesin pada mobil Honda City i-DSI 2003

Dengan teknologi i-DSI membuat konsumsi bahan bakar lebih ekonomis

Berhubungan dengan performa, mobil City i-DSI besutan 2003 ini menggunakan mesin L15A 4 silinder SOHC. Teknologi i-DSI (intelligent Dual & Sequential Ignition) diberikan di dalamnya sehingga membuat mobil ini jadi responsif dan ekonomis dalam penggunaan bahan bakar.

Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 88 Ps dan torsi puncaknya mencapai 128 Nm. Terdapat 2 pilihan transmisi yang dapat dipilih yakni manual 5 speed dan otomatis CVT with simulasi 7 speed Steermatic.

>>> Spesifikasi Honda Jazz S MT 2010 : Tampilan Sporty Dengan Bagasi Lega

6. SPESIFIKASI HONDA CITY

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Honda City i-DSI 2003:

DIMENSI

Panjang

4.390 mm

Lebar

1.690 mm

Tinggi

1.485 mm

Radius Putar

 4,7 Meter

Kapasitas Tangki

 42 Liter

Jarak Sumbu Roda

 2.450 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Drum

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Teknologi Safety Sasis

 Honda G-Force Control Technology (G-CON), Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, Sedan B-Segment

Suspensi Depan

MacPherson Strut with coil spring & stabilizer

Suspensi Belakang

H-shape Torsion Beam

Pelek

 Alloy, 14 inch

Jenis Ban

 Radial, 175/55 R14

MESIN

Tipe

 L15A, 4-Silinder, SOHC, i-DSI (intelligent Dual & Sequential Ignition)

Kapasitas Silinder

 1,496 cc

Tenaga Maksimum

 86,5 Hp (88 Ps) @ 5.500 rpm

Torsi Maksimum

 128 Nm @ 2.700 rpm

Pasokan Bahan Bakar

 Programmable Fuel Injection (PGM-FI)

Jumlah Katup

 8 Katup (1 Inlet & 1 Outlet per Silinder)

Bore X Stroke

 73.0 mm X 89.4 mm

Tipe Transmisi

 Otomatis CVT Simulasi 7-percepatan & Manual 5-percepatan (FWD)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA CITY

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Honda City i-DSI 2003:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dibanderol dengan harga terjangkau karena kondisinya bekas dan mobil lama

Kekedapan kabin masih kurang

Kabin lega sehingga dapat memberikan kenyamanan dan menyenangkan

Tenaga masih kalah dengan varian VTEC

Konsumsi bahan bakar hemat membuat ramah di kantong

CVT dan EPS rawan bermasalah apabila perawatan yang dilakukan kurang maksimal

8. DAFTAR HARGA HONDA CITY

Sebagai mobil yang sudah berumur tentunya harganya cukup terjangkau. Meskipun begitu, mobil ini juga bisa digunakan untuk bergaya karena mempunyai tampilan yang elegan, dinamis dan menarik. Harga bekas Honda City i-DSI 2003 berada di kisaran Rp 53 juta sampai Rp 75 jutaan. Namun perlu diketahui, faktor harga dipengaruhi juga oleh kondisi mobil dan wilayah pembelian.

9. VIDEO HONDA CITY

10. KESIMPULAN HONDA CITY

Sebuah mobil sedan yang dapat dipilih untuk menemani aktivitas sehari-hari. Desainnya cukup menarik dan sampai saat ini tergolong tidak ketinggalan zaman. Kabin mobil terasa lega dan dapat memberikan kenyamanan kepada penumpang di dalamnya.

Hal lainnya yang membuat seseorang ingin membeli mobil Honda City i-DSI 2003 adalah jaringan servis Honda yang telah ada di mana-mana sehingga untuk perawatan dapat dilakukan dengan mudah. Hanya saja mobil ini telah berumur  hampir 18 tahun, jadi pengecekan perlu dilakukan dengan baik agar tetap dalam kondisi prima.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa