Uji Tabrak Honda All New City Dapat Bintang Lima, Ini Yang Dites

03/04/2020 | Abdul

Mobil Honda City terbaru menggunakan mesin turbo dan mendapatkan bintang 5 di ASEAN NCAP saat melakukan pengetesan. Dengan pengetesan tersebut membuat mobil besutan Honda jadi salah satu kendaraan dalam segmen sedan yang teraman di Asia Tenggara. Berikut merupakan beberapa pengetesan Honda All New City oleh ASEAN NCAP yang berada di bawah naungan lembaga MIROS (Malaysian Institute of Road Safety Research).

Gambar ini menunjukkan pengujian Honda City di ASEAN NCAP

Honda City dapat bintang 5 di pengujian ASEAN NCAP

>>> Baca Juga, Wabah COVID-19 Merajalela di AS, GM dan Ford Diminta Segera Produksi Ventilator

Untuk pengujian yang pertama adalah AOP (Adult Occupant Protection). Dengan melakukan pengujian tersebut maka bisa diketahui keamanan pengemudi dan juga penumpang pada saat mobil menabrak. Jadi metodenya yaitu mesin mobil mati kemudian dijalankan dengan ditarik bandul dan posisi kontak ON supaya safety feature dan semua airbag bisa bekerja. Setelah itu mobil ditabrakkan dengan menggunakan kecepatan 64 km/jam. dilanjutkan dengan ditabrak dari samping dengan kecepatan 50 km/jam. Untuk skornya adalah 32,28 dan bila dibandingkan dengan nilai maksimumnya hanya  selisih 2,72 saja.

Selanjutnya, untuk pengujian yang kedua pada mobil Honda All New City 2020 yaitu COP (Child Occupant Protection).  Dalam pengujiannya ini memakai 2 sampling yang terdapat perbedaan. Untuk pertamanya pakai dummy anak 18 tahun dan yang kedua dummy anak 3 tahun. Skor yang didapatkan pada saat ditabrak dari samping dengan kecepatan sama, skor AOP yang didapat adalah 44,72 dari maksimalnya adalah 49,00.

Perlu diketahui, bahwasanya dynamic test assessment pada COP bobotnya lebih rendah 25% bila dibandingkan dengan tes AOP. Untuk bobot dari skor AOP adalah 50%. Tidak hanya 2 di atas saja, masih ada penilaian lain pada ASEAN NCAP pada suatu kendaraan.

Penilaian terakhir adalah keberadaan dari Safety Assist yang diberikan pada kendaraan. Untuk yang terakhir ini terdapat 4 bab besar yang dilakukan penilaian yang berupa Seatbelt Reminder, Effective Vraking & Avoidance, Blind Spot Technology dan Advanced Safety Assist Technologies. Dalam 4 kategori yang telah disebutkan, mobil besutan Honda ini skor yang didapat adalah 13,40 (lebih rendah 4,6 poin dari nilai tertinggi). Untuk bobot penilaiannya sama dengan COP yaitu 25%.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan informasi pengujian Dynamic Test Assessment

Terdapat 3 pengetesan di ASEAN NCAP

Adapun kesimpulannya, mobil Honda All New City telah melakukan semua tes yang diberikan oleh ASEAN NCAP. Dengan konstruksi sasis yang monokok dapat menyerap benturan sangatlah baik yang menjadikan hasil tes nya juga baik. Apalagi mobil besutan Honda satu ini punya keselamatan pasif dan juga aktif yang siap memberikan ketenangan kepada pengemudi dan penumpang selama perjalanan.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik