Spesifikasi Mobil Honda Jazz VTEC 2005 : Untuk Anak Muda Tampil Bergaya

16/08/2021| Abdul

1. PENGANTAR MOBIL HONDA JAZZ 2005

Mobil menjadi salah satu tunggangan yang nyaman dan dapat diandalkan untuk beragam situasi. Baik perjalanan dekat ataupun jauh, kendaraan roda empat kerap dijadikan pilihan. Bahkan ketika tidak memilikinya akan menyewa mobil di rental supaya nyaman ke tempat yang diinginkan, terutama untuk perjalanan jauh.

Pada saat pertama kali dihadirkan, Honda Jazz yang mengandalkan mesin i-DSI dilirik masyarakat terutama anak muda. Kehadiran mobil ini kerap dijadikan pilihan anak muda, bahkan ibu muda dan mahasiswi juga tergiur dengan mobil besutan Honda satu ini.

Dari desainnya terlihat sporty baik eksterior dan interiornya sehingga sangat cocok untuk dibuat bergaya atau mejeng bersama teman. Meskipun begitu mobil ini juga mendapatkan kritikan dari konsumen yaitu akselerasinya yang terbilang kurang pada Jazz dengan transmisi manual. Akhirnya untuk mengatasi hal tersebut pihak Honda menghadirkan Jazz dengan mesin VTEC pada tahun 2005.

2. EKSTERIOR MOBIL HONDA JAZZ 2005

Sisi Depan Honda Jazz VTEC 2005

Gambar ini menunjukkan sisi depan Honda Jazz VTEC 2005

Sisi depan tampak sporty dan terlihat begitu menarik

Tampilan depannya terlihat sporty meskipun tampak simpel. Grill yang diberikan memiliki ukuran yang terbilang kecil dipadukan dengan headlamp ukuran besar. Adapun yang membedakan dengan varian i-DSI adalah pemberian aero kit pada bagian depan, sementara untuk tampilannya relatif sama. Sebagai pembeda lainnya adalah fog lamp yang diberikan.

Sisi Samping Honda Jazz VTEC 2005

Gambar ini menunjukkan sisi samping Honda Jazz VTEC 2005

Sebuah mobil dengan desain sporty digandrungi anak muda

Menuju Ke Sisi Samping, perbedaan dengan varian i-DSI adalah pada bagian velg yang mengandalkan kelir hitam ukuran 15 inci. Selain itu penerapan side skirt juga salah satu pembedanya yang menjadikan tampilan lebih sporty. Melihat dari sisi ini akan tampak sebuah mobil yang mempunyai desain kompak dan sangat pas untuk digunakan anak muda. Kemudian untuk bagian handle pintu dan spion mengandalkan sewarna dengan bodi.

Sisi Belakang Honda Jazz VTEC 2005

gambar ini menunjukkan sisi belakang Honda Jazz VTEC 2005

Sisi belakang sudah ada defogger dan rear wiper

tampilan belakang terlihat sederhana namun tetap menarik. Aksen warna krom diberikan pada ornamen di atas dudukan plat nomor, logo Honda, emblem tulisan VTEC pada sebelah kiri dan  Jazz pada sebelah kanan. Kaca belakang sudah diberikan defogger dan wiper belakang sehingga dapat meningkatkan visibilitas pandangan ke arah belakang.

Stop lamp yang diberikan masih mengandalkan halogen. Yang menjadi pembeda dengan varian i-DSI adalah diberikannya antenna radio pada bagian atap model short pole dan bagian bumper dengan aerokit.

>>> Jangan Ragu Klik Di Sini Jika Berminat Beli Mobil Honda

3. INTERIOR MOBIL HONDA JAZZ 2005

Bagian Dashboard & Kemudi Mobil Honda Jazz VTEC 2005

Gambar ini menunjukkan kabin depan Honda Jazz VTEC 2005

Kabin depan terlihat menarik dan tampak lega

Kepraktisan diperlihatkan pada bagian dashboardnya dengan tempat penyimpanan yang cukup baik. Dimana penyimpanan terbuka dan tertutup dapat ditemukan dengan mudah pada kabin depan. Sementara untuk speedometer menggunakan tampilan sporty berkat latar yang berwarna putih.

Di sebelah kiri terdapat kisi-kisi AC dan ruang penyimpanan tertutup ukuran besar seperti mobil pada umumnya. Kemudian untuk menambah kenyamanan diberikan head unit double DIN pada sisi tengah dipadukan dengan pengaturan AC yang memiliki arah semburan angin lengkap. Bahkan untuk heater juga telah diberikan sehingga memaksimalkan kenyamanan di dalam mobil.

Kemudian pada sisi kemudi mobil terlihat polos tanpa adanya tombol-tombol seperti pada mobil saat ini. Setir tidak  licin saat digenggam berkat pemberian motif kulit jeruk. Pengaturan kemudi yang diberikan adalah tilt atau naik turun, meskipun belum telescopic tapi terbilang lumayan setidaknya dapat mendukung kenyamanan. Sedangkan fitur steermatic atau tombol pemindah gigi hanya diberikan pada transmisi CVT saja.

Sisi Bagasi Honda Jazz VTEC 2005

gambar ini menunjukkan bagasi Honda Jazz VTEC 2005

Bagasi luas terutama saat jok belakang dilipat

Berbicara soal mobil tentunya akan ada pertanyaan tentang bagasi yang dimiliki. Mobil besutan Honda ini dapat digunakan membawa barang bawaan cukup banyak karena bagasinya yang cukup luas terutama saat bangku belakang dilakukan pelipatan. Dalam pengaturannya jok dapat dilipat hingga rata dengan lantai yang membuat pengendara mudah dalam menempatkan barang bawaan melalui pintu belakang.

>>> Review Honda Jazz i-DSI 2004: Mobil Hatchback Cocok Untuk Anak Muda​

4. FITUR MOBIL HONDA JAZZ 2005

Gambar ini menunjukkan head unit Honda Jazz VTEC 2005

Fitur hiburan mumpuni untuk mendukung kenyamanan bersama keluarga

Supaya pengemudi dan penumpang dapat merasakan kenyamanan pihak Honda memberikan head unit double DIN yang merupakan lansiran JVC. Dengan mengandalkan head unit tersebut dapat digunakan untuk memutar CD, MP3 dan juga kaset. Pada kala itu terdapat head unit yang sudah dibekali dengan USB dan bisa dipakai untuk memutar format WMA dan Mp3, hanya saja diberikan pada trim Rocks yang merupakan edisi spesial dan dijual terbatas.

Fitur lainnya yang diberikan adalah ultra seat. Mengandalkan fitur tersebut membuat kursi bisa diatur oleh pengemudi berdasarkan kebutuhan. Dalam pengaturannya diberikan 4 mode yang diberikan yaitu Utility Mode, Long Mode, Tall Mode dan Refresh Mode. Kala itu mobil ini sangatlah praktis dan tidak ada rival yang menyainginya dalam kelasnya.

Hal inilah yang menjadi salah satu pendongkrak penjualan mobil Honda Jazz.

>>> Spesifikasi Honda Jazz S MT 2010 : Tampilan Sporty Dengan Bagasi Lega

5. OPERASI MOBIL HONDA JAZZ 2005

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda Jazz VTEC 2005

Mesin bertenaga dan hemat BBM

Berlanjut ke bagian performa Honda Jazz VTEC 2005, pihak Honda memberikan mesin L15A  dengan teknologi VTEC yang merupakan singkatan dari Variable Valve Timing and Lift Electronic Control. Dimana teknologi tersebut merupakan pengaturan katup dalam bukaannya dengan memanfaatkan 2 profil di bagian camshaft atau noken as.

Adapun fungsinya adalah pada saat putaran rendah bisa mendapatkan torsi yang besar, meskipun begitu ketika sedang putaran tinggi tenaganya tetap besar. Mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 110 Ps dan torsi puncak yang didapatkan adalah 143 NM.

Torsi dan tenaga yang dihasilkan disalurkan ke bagian roda depan mengandalkan 2 pilihan transmisi yakni manual 5 speed dan CVT 7 speed.

>>>  Wajah Kelewat Imut, HPM Enggan Bawa Honda Jazz Model Jepang ke Indonesia

6. SPESIFIKASI MOBIL HONDA JAZZ 2005

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Honda Jazz VTEC 2005:

DIMENSI

Panjang

3.830 mm

Lebar

1.693 mm

Tinggi

1.525 mm

Radius Putar

4,7 Meter

Jarak Sumbu Roda

2,450 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Drum

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Suspensi Depan

MacPherson Strut with coil spring & stabilizer

Suspensi Belakang

H-shape Torsion Beam

Pelek

Alloy, 15 inch

Jenis Ban

 Radial, 185/55 R15

Teknologi Safety Sasis

Honda G-Force Control Technology (G-CON), Side Impact Beam

Struktur Sasis

Monokok, Mini MPV (Hatchback) B-Segment

MESIN

Tipe

L15A, 4-Silinder, SOHC, VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control)

Bore X Stroke

 73.0 mm X 89.4 mm

Tipe Transmisi

 Otomatis CVT Simulasi 7-percepatan & Manual 5-percepatan (FWD)

Kapasitas Silinder

 1,496 cc

Tenaga Maksimum

 108,5 Hp (110 Ps) @ 5.800 rpm

Torsi Maksimum

 143 Nm @ 4.800 rpm

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MOBIL HONDA JAZZ 2005

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Honda Jazz VTEC 2005:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain yang diberikan tampak sporty apalagi dengan tambahan body kit

Di dalam kabin masih terdengar suara ban yang masuk

Konsumsi bahan bakar cukup hemat dan mesin bertenaga

CVT dan EPS rawan mengalami masalah apabila perawatan yang dilakukan tidak benar

Dibekali fitur Ultra Seat dengan 4 pilihan Mode bisa disesuaikan dengan kebutuhan

 

8. DAFTAR HARGA MOBIL HONDA JAZZ 2005

Meskipun telah berumur namun harga Honda Jazz VTEC 2005 tetap bertahan. Dimana untuk kisaran harganya berada di angka Rp 75 juta sampai Rp 80 jutaan tergantung kondisi mobil. Bahkan jika kondisinya tergolong istimewa, harganya bisa melebihi kisaran harga tersebut.

Saat membeli mobil ini diharapkan melakukan pengecekan dengan teliti baik dari segi eksterior, interior dan mesinnya. Cek juga apakah mobil bekas tabrakan atau tergenang banjir agar tidak banyak PR saat sudah memilikinya.

9. VIDEO MOBIL HONDA JAZZ 2005

10. KESIMPULAN MOBIL HONDA JAZZ 2005

Mobil Honda Jazz VTEC 2005 bisa dijadikan pilihan saat ingin membeli mobil bekas. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, ditambah lagi konsumsi bahan bakar cukup hemat dan memiliki handling yang baik. Ditambah lagi nama besar Honda menjadi salah satu nilai plus karena spare part mudah didapatkan dan bengkel resminya juga tersebar di Indonesia.

Honda Jazz juga terkenal sebagai mobil anak muda yang mempunyai tampilan sporty dan dapat menarik perhatian orang yang melihatnya.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa