Review Honda Brio 2015 : Mobil LCGC Terjangkau Dengan Performa Tinggi

17/10/2019 | Abdul

1. PENGANTAR HONDA BRIO 2015

Dari segi konsep, Honda Brio 2015 tak ubahnya seperti versi non-LCGC. Akan tetapi, Sobat yang sudah lama mengikuti mobil keluaran perusahaan otomotif asal Jepang tersebut bakal mendapati sentuhan yang lebih sporty sekaligus fresh. Desain teranyar yang diberikan Honda pada city car ini tak terlepas pula dari target mereka yang mengincar kaum muda yang tinggal di kota besar.

Konsep LCGC yang disematkan pada Honda Brio 2015 otomatis membuatnya dikenal sebagai mobil ramah lingkungan. Selain itu, Honda memakai sekitar 85% bahan lokal untuk mobil ini, sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Namun, performa maupun komponennya sebanding dengan kendaraan impor.

2. EKSTERIOR HONDA BRIO 2015

Bagian luar atau eksterior Honda Brio 2015 dirancang sedemikian rupa agar langsung mengundang generasi muda. Desain minimalis yang dikombinasikan dengan warna bold dianggap menggambarkan jiwa sporty dan dinamis khas kaum urban.

Review Honda Brio 2015 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Honda Brio 2015 putih tampak depan

Bagian depan tampak menarik terutama sekitar logo Honda

Kehadiran headlamp multireflektor tiga dimensi akan langsung mencuri perhatian. Dengan fitur ini, Sobat bakal memperoleh penerangan maksimal. Honda juga membekali grille depan dengan Front Garnish berbentuk sabuk beserta aksen krom pada logo brand. Kemudian foglamp pada Honda Brio 2015 punya ukuran dan bingkai lebih kecil dari versi sebelumnya.

Review Honda Brio 2015 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Honda Brio 2015

Tampak bagian samping terlihat minimalis dengan desain compact

Untuk mengukuhkan desain minimalis, tak ada sentuhan bombastis pada bagian samping Honda Brio 2015. Namun, Sobat tetap bakal mendapatkan desain compact pada bodi. Ada pula lekukan di bagian pintu yang memberikan sentuhan minimalis pada mobil.

Review Honda Brio 2015 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Honda Brio 2015

Bagian beakang dibuat sederhana dengan didesain mengecil ke atas

Stoplamp pada bagian belakang Honda Brio 2015 dipasang pada sudut luar mobil. Bentuknya yang bulat juga menguatkan kesan unik nan sporty. Belum lagi nuansa elegan sekaligus stylish yang dikuatkan pada roof spoiler kendaraan satu ini.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR HONDA BRIO 2015

Konsep LCGC tak menurunkan kualitas interior Honda Brio 2015. Sobat dijamin bisa berkendara dengan nyaman dan mencegah risiko kecelakaan berkat fitur-fitur di dalamnya.

Review Honda Brio 2015 : Bagian Dasbor Dan Kemudi

Gambar ini menunjukkan interior Honda Brio 2015 tampak dashboard dan kemudi

Desain interior sederhana dan agak unik siap menemani perjalanan

Bagian dalam Honda Brio 2015 sama minimalisnya dengan eksterior. Akan tetapi, dasbor pada mobil ini sudah dibekali fitur multimedia lengkap yang bakal menemani Sobat mengemudi sembari mendengarkan lagu atau menerima telepon lewat speaker. Sementara pada kemudinya ada Electric Power Steering yang akan memudahkan Sobat mengendalikan kecepatan mobil.

Review Honda Brio 2015 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok belakang Honda Brio 2015

Jok baris kedua terasa ​keras bisa diberi lapisan tambahan untuk lebih nyamannya

Material yang digunakan untuk jok mobil Honda Brio 2015 terbilang memenuhi standar meski pada baris kedua terasa keras. Akan tetapi Sobat bisa mengantisipasinya dengan memberikan lapis tambahan atau modifikasi sampai jok nyaman diduduki.

Review Honda Brio 2015 : Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobilo Honda Brio 2015 dengan pintu belakang terbuka

Bagian bagasitidak terlalu luas apabila jok belakang tidak dilipat

Seperti kebanyakan city car, Honda Brio 2015 mempunyai bagasi yang tak terlalu luas. Jika Sobat ingin membawa banyak barang, tinggal lipat jok pada baris kedua untuk memperluas bagasi.

>>> Baca Juga:

 

4. FITUR HONDA BRIO 2015

Honda memastikan kenyamanan dan keselamatan Sobat terjamin melalui fitur yang dipasang. Pada fitur keselamatan ada pengereman andal berteknologi ABS dan EBD pada mobil tipe S dan E. Selain itu, seperti mobil yang lain, Honda Brio 2015 juga dibekali Dual SRS Airbags yang akan mengembang saat Sobat mengalami kecelakaan, sehingga cedera berat dapat diminimalisir.

Gambar ini menunjukkan fitur head unit Honda Brio 2015

Fitur mumpuni untuk memberikan hiburan kepada penggunanya

Struktur G-CON dan ACE yang dirancang pada eksterior mobil juga akan meningkatkan keamanan Sobat selama berkendara. Apalagi ada Side Impact Beam dan Pedestrian Safety Body untuk menunjangnya. Jadi cedera pada pengemudi maupun pejalan kaki tak akan terlalu parah.

Fitur keamanan lain yang bisa Sobat aktifkan adalah Wave Key yang kompatibel untuk semua tipe. Ada juga Keyless Entry untuk tipe S dan S yang dilengkapi Immobilizer Anti-theft System serta Security Alarm untuk meningkatkan perlindungan pada mobil saat Sobat meninggalkannya.

Bagaimana dengan fitur hiburannya? Sobat bisa menjajal menu entertainment yang disediakan pada layar sentuh 6.1 inci. Sejumlah fitur terkini yang dapat digunakan mencakup CD/DVD, AM/FM Radio, serta konektivitas yang menghubungkan mobil dengan iPod/iPhone lewat Bluetooth dan USB port. Tak hanya itu, ada Hands Free Telephone yang memudahkan Sobat saat menerima telepon tanpa harus meningkatkan risiko kecelakaan.

Terakhir, Honda Brio 2015 dibekali teknologi PGM-FI, sistem suplai bahan bakar untuk mencapai presisi akselerasi tanpa menambah konsumsinya. Inilah fitur yang semakin mengukuhkan konsep LCGC pada city car besutan Honda tersebut.

>>> Luar Biasa Penjualan Honda Brio Capai 28 Ribuan Unit Dalam 5 Bulan

5. OPERASI HONDA BRIO 2015

Sekarang mari kita bedah sektor dapur pacu pada Honda Brio 2015. Sebenarnya, Sobat tak akan menemukan banyak perbedaan dari mesin city car ini dengan Honda Jazz maupun Mobilio. Sayangnya, mengingat Honda Brio 2015 masuk ke kategori low atau rendah, maka mesin yang digunakan pun mengalami downgrade untuk disesuaikan dengan spesifikasi lainnya.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Honda Brio 2015 dengan kap terbuka

​Mesin diklaim tangguh dan hemat bahan bakar

Dalam hal ini Honda memasangkan i-VTEC + DBW 1.2L SOHC dengan empat silinder segaris. Mesin yang satu ini punya kapasitas isi mencapai 1.198 cc yang sanggup menghasilkan tenaga maksimal hingga 90 Ps saat berada dalam putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimal hingga 110 Nm pada putaran 4.800 rpm. Honda sendiri berani mengklaim bila komponen tersebut termasuk yang tangguh di kelasnya meski konsumsi dayanya tak boros.

Hal ini didukung teknologi Drive by Wire yang dibenamkan pada Honda Brio 2015. Teknologi tersebut memungkinkan Sobat buat mengontrol akses buka-tutup pada throttle valve menggunakan PGM-FI. Jadi presisi akselerasi bisa dicapai dengan pemakaian bahan bakar sehemat mungkin.

Ada pula Patterned Skirt Coating, sebuah inovasi desain yang ditempatkan pada selubung piston. Gunanya adalah mengurangi risiko gesekan sekaligus meredam kebisingan dan mengoptimalkan kinerja mesin. Sobat juga tak perlu meragukan kualitas mesin pada Honda Brio 2015, karena komponen ini sudah melewati uji emisi standar EURO 4 Compliant yang membuat kendaraan ramah lingkungan. Lantas berdasarkan transmisinya, Honda Brio 2015 dibagi menjadi dua jenis, yakni manual 5-speed dan CVT with Earth Dreams Technology.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat membeli Mobil Honda Brio

6. SPESIFIKASI HONDA BRIO 2015

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Honda Brio 2015:

DIMENSI

Panjang

3.610 mm

Lebar

1.680 mm

Tinggi

1.485 mm

Jarak Terendah

165 mm

Jarak Poros Roda

2.345 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW

Kapasita Isi Silinder

1198 cc

Tenaga Maksimal

88 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimal

109 Nm / 4.500 rpm

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Transmisi

Manual/Automatic 5-Speed

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Sistem Pengereman

ABS+EBD (tipe S&E only)

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA BRIO 2015

Kelebihan Honda Brio 2015 terletak pada desainnya yang sporty nan minimalis. Konsep LCGC jelas jadi keunggulan yang bisa Sobat pertimbangkan saat mencari kendaraan ramah lingkungan. Di sisi lain, performa maupun sistem keselamatan pada Honda Brio 2015 tetap maksimal saat berada di jalanan.

Sementara kekurangan Honda Brio 2015 terdapat pada absennya sejumlah fitur dengan interiornya yang tak terlalu spesial. Jadi kurang sesuai buat Sobat yang butuh mobil premium dengan spesifikasi tinggi.

8. DAFTAR HARGA HONDA BRIO 2015

Berbicara soal harga Honda Brio 2015, mobil ini ditawarkan dengan harga bervariasi tergantung tipe yang dipilih. Semakin tinggi tipenya maka kelengkapan fitur lebih banyak, hanya saja harganya juga lebih tinggi.

TIPE 

HARGA 

Honda Brio Satya A M/T

Rp. 114.900.000

Honda Brio Satya S M/T

Rp. 119.900.00

Honda Brio Satya E M/T

Rp. 125.900.000

Honda Brio Satya S A/T

Rp. 149.600.000

Honda Brio Satya E A/T

Rp. 157.600.000

9. VIDEO HONDA BRIO 2015

10. KESIMPULAN HONDA BRIO 2015

Sebagai sebuah mobil LCGC, Honda Brio 2015 sudah melebihi harapan. Selain untuk anak muda, masyarakat yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau juga bisa memilih mobil besutan Honda ini. Mobil ini terbilang ramah lingkungan dan irit bahan bakar serta mempunyai beragam fitur untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 10/07/2019 | Arfian Alamsyah

    Review Honda Amaze 2019

    Bagaimana jika sebuah Honda Brio diberi tambahan buntut demi bagasi yang lebih luas? Inilah mobil yang kemungkinannya kecil untuk masuk Indonesia namun cukup sukses menggaet pasar pembeli muda di India. Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Honda Amaze 2019.

  • 15/04/2019 | Abdul

    Review All New Honda Brio Satya S M/T 2019: Mobil Murah Fitur Keselamatan Mumpuni

    Honda menjadi salah satu pabrikan mobil yang terbilang sukses memasarkan produknya ke seluruh negara di dunia. Di Indonesia sendiri namanya juga telah diakui oleh masyarakat, salah satu produk termurahnya adalah Honda Brio. Pada segmen kali ini Mobilmo.com akan membahas tentang review All New Honda Brio Satya S M/T 2019.

  • 15/08/2018 | Metodius Getan Plue

    Review dan Test Drive Honda All New Brio RS 2018

    Honda selain melahirkan banyak mobil diberagam segmen, ada satu segmen yang menjadi andalannya yaitu city car atau hacthback. Di kelas ini, ada dua jagoan Honda yaitu Jazz dan Brio, special untuk kali ini, Mobilmo.com akan membahas lebih jauh seputar Honda All New Brio 1.2L 2018. Di 2018 ini Honda All New Brio hadir dengan percaya diri, kepercayaan diri tersebut disambut baik oleh konsumen di Indonesia. Jadi bagi Anda yang ingin membeli Brio dalam waktu dekat, simak ulasannya.