Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

20/08/2018 Arfian Alamsyah Review Toyota

Bentuk eksteriornya kini semakin sporti dan memikat, tentu hal ini wajar sebagai penantang terkuat dikelasnya. Begitu juga dengan interiornya yang kualitasnya kini semakin baik bila dibandingkan dengan oendahulunya. Apakah ubahan tersebut mampu menjadikan Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 ini juara di kelasnya?

1. PENGANTAR

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 - Hadir pertama kali menyapa konsumen tanah air pada tahun 2006, dan saat itu Toyota Yaris dianggap sebagai kuda hitam pengancam singgasana Honda Jazz yang lebih dahulu muncul ke hadapan publik tahun 2004 dengan penjualan yang laris bak kacang goreng karena melenggang tanpa ada saingan. Pada kenyataannya Toyota Yaris cukup dapat diterima di pasar mini MPV (sebutan mobil kelas hatchback saat itu) pada tahun yang sama. Sebabnya tak lain, karena bentuk eksterior yang unik, lucu, dan menggemaskan juga kepraktisan kabinnya.

Kini, kami diberi kesempatan khusus oleh PT. Toyota Astra Motor selaku Agen Pemegang Merek (APM) Toyota untuk mencoba mobil berkelir citrus mica metallic ini di arena test drive Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2018 yang berlangsung di area ICE BSD City, Kota Tangerang Selatan. Berikut ulasan Mobilmo.com mengenai Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 ini. 

2. EKSTERIOR

Dibandingkan dengan pendahulunya, ubahan pada Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 ini begitu positif. Tidak sekedar facelift saja yang biasa dilakukan oleh PT. Toyota Astra Motor terhadap produk-produknya. PT. TAM kini lebih serius untuk ubahan Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 ini.

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018: Tampak Depan

Tampak depan sebuah Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 berwarna citrus mica metalic sedang siap di tes di GIIAS 2018

Tampilan depan Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 begitu sangar

Jika Anda berpendapat kalau tampak depan dari Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 terbaru ini semakin sangar, ya Anda tidak salah. Lihat saja bagian bumper depannya yang kini jauh lebih agresif bila dibandingkan dengan Yaris lama. Mukanya kini mirip senyum joker face, dengan aksen tegas pada grill yang jika ditarik garis dari headlamp akan membuat suatu keselarasan desain. Sedikit menengok kebagian bawah bumper Anda akan disuguhi DRL yang dibagian bawahnya dibuat motif sarang lebah yang ukurannya besar. Tentu desain ini semakin mencuatkan kesan sporti dan aerodinamis dari Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 ini.

Review Toyota Yaris TRD SPortivo 2018 : Tampilan Samping

Terlihat tampak samping Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Tampilan samping Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 cukup proporsional

Berlanjut ke bagian samping mobil, kesan sangar dan sporti tetap terlihat pada mobil ini. Ya, kami tahu mobil tes kami ini dipenuhi banyak stiker yang membuat Anda agak risih, tapi tenang, versi yang dijual bebas tidak akan ada banyak stiker seperti ini. Penggunaan side skirt, handel pintu krom, talang air, serta desain pelek 16 inchi berdesain two tone seakan menyempurnakan tiap desain garis bodi Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 yang ada. Semua terlihat fit and proper alias proporsionalnya baik. 

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 : Tampak Belakang

Terlihat tampak belakang Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 berwarna citrus mica metalic

Tampilan belakang mobil ini hatchback banget namun kental aura sporti

Berbeda dengan Honda Jazz sebagai rival terberatnya yang masih kental aura mini MPV. Di Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 ini bernuansa hatchback banget. Dengan bokong belakang yang terlihat seksi dan montok. Tentunya ini akan menjadi nilai plus tersendiri bagi mobil ini. Ukuran lampu belakangnya kini lebih terlihat pas proporsinya bila dibandingkan dengan model sebelumnya. Difuser belakang plus spoiler belakang berukuran besar kini makin mencuatkan aura sporti dari mobil hatchback andalan Toyota ini.

>>> Mungkin Anda ingin membaca :

3. INTERIOR

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 : Layout Dasbor

Terlihat layout dasbor Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 yang semakin sporti

Dasbor Toyota Yaris TRD SPortivo 2018 kini semakin mewah, juga sporti

Hal positif tidak hanya terjadi di eksterior, namun juga berlanjut ke sektor interiornya. Bisa langsung terlihat, kini setir mengadopsi serupa dengan kepunyaan Toyota Corola Altis terbaru. Begitu juga dengan penerapan panel AC digital yang tampilannya jauh lebih menarik bila dibandingkan dengan Yaris generasi sebelumnya. Bentuk layout dasbor kini juga semakin baik, dengan jahitan-jahitan yang asli. Mungkin PT. TAM sudah agak kesal mendengar ocehan natizen-natizen yang mencibir dasbor Yaris lama yang banyak jahitan palsu.

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 : Tuas Transmisi

Tampak tuas transmisi Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 berlapis krom

Tuas transmisinya mirip dengan varian mobil Toyota yang kelasnya lebih tinggi

Well, Anda mungkin akan protes kepada kami, biasanya di sektor interior kami akan membahas seputar kursi penumpang, kursi pengemudi, atau bagasi. Namun kini kami dari Mobilmo.com akan mencoba sesuatu yang berbeda. Yaitu tuas transmisi, ada apa dengan tuas tersebut? Sentuhan ringan dihadirkan oleh Toyota dengan menggunakan tuas transmisi yang serupa dengan mobil Toyota dengan kelas yang lebih tinggi. Misal Toyota Fortuner, Toyota Innova, hingga Toyota Corrola Altis. Tuas ini terasa elegan namun mantap untuk digenggam.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

4. FITUR

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 : Panel Spidometer

Tampilan Multi Informatiom Display Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 yang kekinian dan memukau

Panel spidometer Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 ini semakin lengkap

Bila dibandingkan dengan Yaris pendahulunya, kini panel spidometer Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 semakin lengkap namun juga mewah. LCD dengan resolusi tinggi kini menemani 2 lingkaran spidometernya. LCD ini dapat memberikan banyak informasi pada mobil. Dari mulai spidometer dengan format digital, sisa jarak tempuh, suhu tempratur luar kendaraan, hingga seperti biasa yaitu fungsi dari on board computer. Yang menarik adalah on board computer ini juga bisa memberikan peringkat secara animasi seberapa irit kita mengemudi. Menarik bukan?

Review Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 : Smart Start/Stop Engine Button

Smart start and stop engine pada Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Tombol aktivasi start stop engine semakin memudahkan hidup Anda

Kendati fitur start/stop engine bukanlah hal yang baru, namun fitur ini akan semakin memudahkan Anda untuk menyalakan mesin mobil ini. Tinggal gunakan sentuhan ringan, maka mesin akan menyala. Begitu juga ketika Anda ingin naik ke mobil dengan pintu yang terkunci, tinggal kantungi saja kunci, maka dengan menekan tombol pintu akan terbuka dan semakin memudahkan Anda untuk naik ke mobil.

>>> Fitur Berlimpah, Harga New Yaris 2018 Hanya Naik Rp 3 Juta

5. OPERASI

Tampak mesin 2NR-VE pada Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Mesin dan Transmisi sama dengan pendahulunya

Masih tetap mengusung mesin 2NR-FE yang sama dengan pendahulunya. Kalau boleh jujur mesin ini agak kurang tenaga untuk Toyota Yaris terbaru ini, akselerasinya mengalun walau kombinasi transmisi CVT-nya akan membuat konsumsi bahan bakarnya irit sekaligus melajukan mobil dengan halus. Karena keterbatasan ruang pengetesan, kami tidak bisa menghitung secara riil berapa konsumsi bahan bakarnya. Kami dari Mobilmo.com lebih prefer jika Toyota Yaris mendapatkan mesin baru nantinya. Untuk keasyikan mengemudinya juga masih jauh apabila dibandingkan dengan Honda Jazz. Di kelas ini Mazda 2 GT adalah yang paling fun to drive untuk dikemudikan. Yaris perlu lebih sekedar dari ganti muka.

>>> Perlengkapan Dan Biaya Memoles Mobil Sendiri Tanpa Mesin

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Toyota Yaris 2018 TRD Sportivo bisa dilihat di bawah ini.

Mesin Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Tipe Mesin

2NR-FE 4 silinder segaris 16 katup DOHC, Dual VVT-i

Kapasitas

1.496 cc

Diameter x Langkah

72.5 x 90.6 mm

Tenaga Maksimum

107 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

140 Nm / 4.200 rpm

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Dimensi Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Panjang

4.145 mm

Lebar

1.730 mm

Tinggi

1.500 mm

Jarak Poros Roda

2.550 mm

Suspensi dan Kaki-Kaki Dimensi Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Power Steering

Rack and Pinion, Electric Power Steering With Tilt

Transmisi

5-Speed M/T dan 7-Speed CVT

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

15″ Ventilated – TRD

Rem Belakang

15″ Solid Disc – TRD

Ukuran Ban

195/50 R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior jauh lebih sporty

Hanya facelift, belum full model change sejak 2014

Fitur penunjang lebih lengkap

Radius putar masih terlalu besar untuk ukuran hatchback

Bisa mengatur sensasi berkendara yang berbeda

Posisi duduk tidak senyaman dan seegronomis rivalnya

Jaringan purnajual Toyota

Setir belum dilengkapi dengan pengaturan teleskopik

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil-mobil lainnya dengan klik sini

8. DAFTAR HARGA

Daftar harga Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Tipe mobil

Harga Toyota Yaris TRD Sportivo

Toyota Yaris TRD Sportivo M/T

Rp 264.100.000

Toyota Yaris TRD Sportivo CVT

Rp 275.900.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Tampak sebuah Toyota Yaris TRD Sportivo 2018

Toyota Yaris TRD Sportivo 2018 masih perlu banyak penyempurnaan

Apakah mobil ini layak untuk Anda? Jika Anda penggemar merek Toyota ya mobil ini layak untuk Anda. Kenyamanannya juga baik. Hanya saja, kami lebih merekomendasikan rival-rival lainnya dari mobil ini. Karena dari segi harga dan apa yang Anda akan dapatkan jauh lebih baik dari rivalnya.

Mungkin anda ingin baca

  • Review Tata Xenon XT 2018: Jawara Baru Penantang Hilux dan Mitsubishi Triton
    Review Tata Metodius Getan Plue

    Review Tata Xenon XT 2018: Jawara Baru Penantang Hilux dan Mitsubishi Triton

    21/09/2018

    Memasuki Indonesia sebagai pasar potensian, Tata Motors memilih untuk lebih fokus bukan kepada kendaraan penumpang. Kini Tata Motors memilih menjual pickup dan truck, mengenai hal ini, ada satu mobil yang menurut Mobilmo.com cukup menarik dan mampu menjadi daya tarik bagi pengguna truk kabin ganda di tanah air, yaitu Tata Xenon XT 2018.

  • Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer
    Review Mclaren Metodius Getan Plue

    Review McLaren Senna 2018: Warisan Sang Legenda Balap F1 Paling Populer

    16/09/2018

    Melihat MPV, SUV atau sedan melintas dijalan raya itu sudah sering, namun apakah Anda pernah melihat hypercar? Ada salah satu model yang cukup menggugah selera para pecinta kecepatan, salah satunya adalah McLaren Senna. McLaren salah satu brand dunia yang identik dengan mobil cepat, banyak keluaran dari McLaren menjadi raja jalanan dan raja sirkuit balap.

  • Review Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga
    Review Suzuki Handy Goeyana

    Review Suzuki Ertiga GL 2018, Varian Menengah Dari Suzuki Ertiga

    15/09/2018

    Suzuki Ertiga 2018 resmi memulai debutnya saat ajang IIMS pada bulan April 2018 kemarin. Sebagai varian menengah dari Suzuki Ertiga, Suzuki Ertiga GL jauh lebih lengkap dari varian GA meskipun masih kalah lengkap dengan varian GX. Review Suzuki Ertiga GL 2018 akan kami jabarkan di bawah ini.