Review Suzuki Vitara Brezza 2018

28/04/2019| Franky Pratama

1. PENGANTAR SUZUKI VITARA BREEZA 2018

Review Suzuki Vitara Brezza 2018 - Sejak diluncurkan tahun 2016 lalu, Maruti Suzuki India akhirnya memberikan penyegaran alias Facelift pada Suzuki Vitara Brezza di tahun 2018, belum lama ini. Kini tampilannya terlihat lebih memikat dengan sedikit ubahan pada sisi eksterior seperti penambahan aksen krom sebagai penguat kesan mewah.

Suzuki Vitara Brezza berdiri dalam kategori Urban SUV

Inilah sosok Suzuki Vitara Brezza, apa pendapat Anda?

Sayangnya, hal tersebut hanya terjadi di India saja. Lantas, kapan Indonesia? Belum ada kabar pasti mengenai kehadirannya di Indonesia. Yang pasti, sudah beredar isu akan perilisan Suzuki Vitara Brezza dalam waktu dekat ini. Tentu lewat ukuran bodi ringkas, Brezza akan siap menjadi penantang tangguh dari Honda HR-V maupun Chevrolet Trax.

Pilihan warna Suzuki Vitara Brezza terlihat mengugah selera dengan desain Floating Roof

Pilihan warna Suzuki Vitara Brezza menonjolkan kesan stylish

Meski masih dalam tahap proses, namun sudah menjadi tugas Mobilmo untuk akhirnya memberikan ulasan detail mengenai sosoknya. Setidaknya, Anda yang juga tak sabar menanti kehadirannya bisa sedikit terobati dengan review Suzuki Vitara Brezza 2018 berikut ini.

2. EKSTERIOR SUZUKI VITARA BREEZA 2018

Perlu diingatkan bahwa eksterior Suzuki Vitara Brezza 2018 nyatanya memiliki perbedaan signifikan dengan Grand Vitara yang saat ini masih dijual di Indonesia. Dalam hal ini, Brezza cenderung memiliki ukuran bodi lebih ringkas serta desain lebih futuristik, berbeda dengan Grand Vitara yang masuk dalam kategori Medium SUV.

Review Suzuki Vitara Brezza 2018: Eksterior Depan

Jika mengamati lebih detail akan desainnya, mobil satu ini menerapkan kombinasi tiga warna memikat. Adapun di sekujur bodinya banyak ditemukan aksen krom mengkilap seperti pada sisi Grille depan. Aroma SUV benar-benar terasa di sisi ini, Grille dibuat tebal serta memiliki garis-garis yang agak radikal.

Depan Suzuki Vitara Brezza 2018 sudah menghadirkan aksen krom mengilap pada Grille depannya

Wajah depannya mengalami ubahan dari segi desain Grille

Sedangkan jika melirik dari segi fitur, Suzuki Vitara Brezza sudah menerapkan Auto Headlamps yang mampu mengatur intensitas cahaya sesuai kondisi jalan yang dilalui. Untuk sekelas mobil dengan harga terjangkau, mirip Baleno, fitur satu ini sudah terbilang mumpuni.

Review Suzuki Vitara Brezza 2018: Eksterior Samping

Jika boleh jujur, posisi paling tepat untuk mengamati keindahan bodinya adalah dari sisi samping. Mengapa begitu? Jawabannya terletak pada desain Floating Roof, kombinasi warna berbeda antara latar bodi serta pada sisi atap. Jika Anda merasa asing dengan tampilan seperti ini, Anda bisa mengamati desain dari Toyota C-HR, serupa namun dengan sebutan berbeda, Two-Tone Colours.

Samping Suzuki Vitara Brezza 2018 menerapkan dimensi bodi yang lebih ringkas dan cocok untuk gaya perkotaan

Desain Floating Roof yang diterapkan pada Suzuki Vitara Brezza

Review Suzuki Vitara Brezza 2018: Eksterior Belakang

Untuk sektor buritannya, mobil ini terlihat menggemaskan berkat lampu LED High Mount Stop Lamp serta Split Rear Combination Lamp. Perpaduan keduanya membuat fungsi pencahayaan pada sisi belakang, sudah tergolong mumpuni. Tak lupa, SUV ringkas satu ini juga dibekali Roof End Spoiler sehingga terlihat sedikit sporty, serasi dengan desain Floating Roof pada sisi atapnya.

Belakang Suzuki Vitara Brezza 2018 sudah dilengkapi dengan LED High Mount Stop Lamp dan Split Rear Combination

Inilah desain lampu minimalis yang diterapkan pada bodi belakangnya

>>> Baca juga:

3. INTERIOR SUZUKI VITARA BREEZA 2018

Merambah sektor interior Suzuki Vitara Brezza 2018, ruang kabin lega serta fitur lengkap, menjadi sajian utama bagi konsumennya. Ya, banyak hal menarik yang bisa Anda operasikan di sini. Meski harganya di India tergolong murah namun fitur-fiturnya malah dikemas sangat lengkap.

Review Suzuki Vitara Brezza 2018: Dashboard dan Setir

Jika membahas masalah kekurangan, kami kurang menyukai penggunaan warna hitam yang terlalu mendominasi kabinnya. Terkesan monoton dan bisa jadi membosankan jika berada lama-lama dalam kabinnya. Namun kembali lagi, itu adalah masalah rasa dan selera saja dari setiap masing-masing konsumen.

Dashboard Suzuki Vitara Brezza 2018 sudah dilengkapi dengan fitur wadah dan dibalut desain minimalis

Dashboard-nya sudah menghadirkan banyak fitur wadah

Menariknya, Anda akan disuguhkan fitur praktis seperti Push Start Engine, menyalakan mesin mobil hanya dengan satu sentuhan. Cukup menarik, bukan? Hal menarik lainnya adalah panel Head Unit Touchscreen yang sudah didukung format navigasi, Android Auto serta Mirror Link. Selain memudahkan Anda dalam mengoperasikan musik, panel tersebut juga sudah terintegrasi dengan tombol pengaturan audio pada kemudi setir.

Review Suzuki Vitara Brezza 2018: Kursi

Lini kursi pun sudah sangat nyaman menurut hemat kami. Pasalnya, semua kursi dibekali fitur Headrest sebagai penyangga kepala penumpang. Hal ini yang sejatinya terlihat minor namun berdampak cukup signifikan jika melakukan perjalanan jarak jauh serta masalah keselamatan. Satu hal yang disayangkan dari kami adalah material kursi yang masih menerapkan bahan kain. Ya, meski begitu, kami masih bisa memakluminya mengingat harganya yang dibanderol terjangkau.

Kursi Suzuki Vitara Brezza 2018 dibalut dengan dominasi warna hitam dan bahan kain

Kursinya sendiri sudah dirancang dengan ruang yang lapang

>>> Informasi menarik lainnya:

4. FITUR SUZUKI VITARA BREEZA 2018

Sebagai mobil SUV, fitur Suzuki Vitara Brezza 2018 sejatinya lebih dialokasikan untuk kebutuhan berkendara di perkotaan saja, bukan sebagai mobil SUV segala medan.

Review Suzuki Vitara Brezza 2018: Fitur Keselamatan

Dari lini pengereman, mobil SUV ringkas besutan Suzuki ini sudah dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Kedua fitur ini terbilang sangat mumpuni untuk memberi sensasi pengereman yang lebih presisi ketika mengarungi area perkotaan.

Fitur paling utama yang diunggulkan oleh Suzuki ialah TECT Body. Ya, rangka bodi Vitara Brezza sudah dirancang untuk dapat menyerap benturan secara maksimal sehingga dapat mengurangi potensi cedera pada penumpang ketika terjadi kecelakaan.

Tak lupa, hal lainnya seperti aspek keamanan kendaraan dari potensi maling juga telah terjawab dari fitur Engine Immobilizer dan Anti-Theft Security System. Sedangkan untuk fitur standar, Brezza menghadirkan ISOFIX, Dual Airbag dan High Speed Warning Alert.

Fitur Keselamatan Suzuki Vitara Brezza 2018 hadirkan Dual Airbags yang dapat memproteksi penumpang di deret bangku depan dari potensi cedera

Fitur Dual Airbags menjadi salah satu fitur keselamatan standar

Review Suzuki Vitara Brezza 2018: Fitur Hiburan

Dalam aspek hiburan, Brezza mengandalkan panel Head Unit Touchscreen yang didukung dengan 4 speaker dan 2 Tweeters. Ya, bagi kami yang sejauh ini cukup mengerti audio, apa yang ditawarkan Brezza sudah sangat lebih dari cukup. Belum lagi, format audio sudah didukung Android Auto dan Mirror Link, sehingga memudahkan Anda dalam mengoperasikan audio dari Handphone.

Fitur hiburan Suzuki Vitara Brezza 2018 sudah tergolong mumpuni untuk menyamankan seluruh penumpang

Inilah panel audio canggih yang didukung 4 speaker, 2 Tweeters serta format modern

>>> Simak review menarik lainnya dari mobil-mobil Suzuki terbaru

5. OPERASI SUZUKI VITARA BREEZA 2018

Untuk urusan dapur pacu, operasi mesin Suzuki Vitara Brezza 2018 menerapkan kapasitas 1.2 Liter. Jika dibandingkan dengan model SUV ringkas lainnya, mesin Brezza tak begitu menggigit, mengingat kompetitor di kelasnya banyak menggunakan 1.5 Liter.

Mesin Suzuki Vitara Brezza 2018 menerapkan kapasitas 1.2 Liter berdaya 66 kW

Hal yang cukup disayangkan adalah dari segi mesin yang masih 1.2 Liter

Di atas kertas, mesinnya mampu memberikan daya maksimum hingga 66 kW setara 4.000 Rpm dengan perolehan torsi di angka 200 Nm pada putaran 1.750 Rpm. Sisi menarik lainnya terdapat pada transmisi. Ya, selain menerapkan transmisi manual, Brezza juga menghadirkan transmisi 5 tingkat AMT atau AGS yang kerap kali ditemui pada Suzuki Ignis, yang notabene dijual di Indonesia.

Bagi sebagian orang yang masih awam akan AGS, mungkin perlu proses adaptasi lebih lanjut dikarenakan proses AGS tak serupa dengan Matic ataupun manual. Namun, Suzuki mengklaim sistem transmisi ini mampu memberikan tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik daripada transmisi konvensional.

6. SPESIFIKASI SUZUKI VITARA BREEZA 2018

Untuk informasi teknisi yang lebih lengkap, berikut spesifikasi Suzuki Vitara Brezza 2018.

SPESIFIKASI SUZUKI VITARA BREZZA 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.995 mm x 1.790 mm x 1.640 mm

Wheelbase

2.500 mm

Radius Putar Minimum

5,2 m

Kapasitas Tampung

5 Orang

MESIN

Tipe Mesin

DDiS 200 1.2 Liter DOHC

Kapasitas Silinder

1.248 cc

Daya Maksimum

66 kW / 4.000 Rpm

Torsi Maksimum

200 Nm / 1.750 Rpm

Sistem Transmisi

5 Percepatan Manual / 5 Percepatan AMT

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drums

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Tingkat Emisi Bahan Bakar

BSIV

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

48 Liter

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI VITARA BREEZA 2018

Membahas masalah kelebihan dan kekurangan Suzuki Vitara Brezza 2018, Mobilmo memiliki opini menarik yang hendak disampaikan.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Model Line-Up SUV baru dari Suzuki jika dihadirkan di Indonesia

Belum ada kabar pasti mengenai kehadirannya di Tanah Air

Fitur-fitur sudah tergolong lengkap baik pada sisi eksterior dan interior

Desain kabin terlalu monoton dengan dominasi warna hitam

Harganya dibanderol terjangkau, setara Suzuki Baleno

Kapasitas mesin tergolong paling kecil dibanding kompetitor lainnya

8. DAFTAR HARGA SUZUKI VITARA BREEZA 2018

Mengingat model ini baru hadir di India saja, maka Mobilmo hendak melampirkan daftar harga Suzuki Vitara Brezza 2018 dalam kurs Rupee.

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI VITARA BREZZA (INDIA)

HASIL KONVERSI DARI RUPEE KE RUPIAH

Suzuki Vitara Brezza LDI

INR 767.742

Rp. 157 jutaan

Suzuki Vitara Brezza VDI

INR 819.742

Rp. 167 jutaan

Suzuki Vitara Brezza VDI AMT

INR 869.742

Rp. 177 jutaan

Suzuki Vitara Brezza ZDI

INR 897.242

Rp. 183 jutaan

Suzuki Vitara Brezza ZDI AMT

INR 947.242

Rp. 193 jutaan

Suzuki Vitara Brezza ZDI+

INR 992.742

Rp. 203 jutaan

Suzuki Vitara Brezza ZI+ AMT

INR 1.042.742

Rp. 213 jutaan

9. VIDEO SUZUKI VITARA BREEZA 2018

10. KESIMPULAN SUZUKI VITARA BREEZA 2018

Suzuki Vitara Brezza adalah jawaban baru bagi mereka yang menyukai kendaraan SUV ringkas, untuk dikendarai di area perkotaan. Fitur-fiturnya sendiri terbilang sangat lengkap, memudahkan pengendara dalam berkendara. Namun sayang, kita semua masih menjadi saksi dari perilisannya di India, belum merambah ke tahap sebagai penikmat Brezza. Lantas kapan mobil ini hadir? Kami percaya, dalam waktu dekat Brezza sudah bisa Anda nikmati di Tanah Air.

>>> Simak terus review mobil-mobil paling Up to Date hanya di Mobilmo.com

Review mobil serupa

  • Review Suzuki Ertiga GL AT 2016: Mobil Low MPV Hemat BBM Dan Performa Mumpuni

    28/12/2019| Abdul

    Review Suzuki Ertiga GL AT 2016: Mobil Low MPV Hemat BBM Dan Performa Mumpuni

    Salah satu pilihan mobil dalam segmen Low MPV yang dapat dijadikan sebagai kendaraan keluarga yang nyaman adalah Ertiga GL AT 2016. Untuk kabinnya cukup lapang dan dapat menampung hingga 7 orang penumpang. Mobil ini memang sangat cocok untuk diajak bepergian terutama di perkotaan yang terkenal mempunyai lalu lintas yang padat. Untuk lebih jelasnya berikut Review Suzuki Ertiga GL AT 2016.

  • Review Suzuki SX4 X-Over 2007 : Mobil Hatchback Pertama Di Indonesia

    14/11/2019| Abdul

    Review Suzuki SX4 X-Over 2007 : Mobil Hatchback Pertama Di Indonesia

    Sekarang sudah banyak mobil keluaran terbaru dengan fitur dan teknologi modern. Sehingga lupa dengan keluaran dahulu yang tentunya banyak yang menarik, seperti misalnya mobil Suzuki SX4 X-Over 2007. Mobil ini merupakan kendaraan Hatchback pertama di Indonesia. Lantas bagaimana sosoknya, mari kita simak ulasannya tentang spesifikasi Suzuki SX4 X-Over 2007.

  • Review Suzuki Splash 2010 : Rasakan Kenyamanan Seperti Naik Kendaraan MPV

    19/10/2019| Abdul

    Review Suzuki Splash 2010 : Rasakan Kenyamanan Seperti Naik Kendaraan MPV

    Suzuki Splash merupakan sebuah kendaraan yang tampak mungil dengan kabin yang berkapasitas cukup lega. Apabila dilihat dari segi dimensi memang cocok dikatakan sebagai sebuah City Car. Namun untuk kenyamanan lebih sejajar dengan segmen MPV (Multi Purpose Vehicle). Bagi Sobat yang ingin membelinya, simak terlebih dahulu spesifikasi Suzuki Splash 2010.

International