Review Suzuki Ertiga Facelift 2019: Pembaruan Dilakukan Di Beberapa Bagian

06/04/2019 Abdul Review Suzuki

Segmen mobil MPV menjadi salah satu yang paling rame di Indonesia. Dari pihak Suzuki dikabarkan akan melakukan beberapa penyegaran pada salah satu produk andalannya yakni Ertiga. Meskipun begitu dari pihak Suzuki masih enggan membeberkan informasi lengkapnya. Namun untuk mengurangi rasa penasaran, berikut ini kami berikan informasi bocoran tentang review Suzuki Ertiga Facelift 2019.

1. PENGANTAR SUZUKI ERTIGA FACELIFT 2019

Review Suzuki Ertiga Facelift 2019 - Berkaitan masalah mobil besutan Suzuki tersebut, pertama kali diperkenalkan pada ajang IIMS 2010 yang masih dalam bentuk konsep. Namanya sendiri adalah R-III, maksud dari R adalah row atau baris kursi sedangkan III menunjukkan jumlah dari baris kursi. Setelah itu pada tahun 2012 dari pihak PT. SIS menghadirkan Ertiga sebagai versi produksinya dan masuk dalam segmen MPV 7 penumpang. Hadirnya Suzuki Ertiga langsung menjadi pesaing dari Avanza.

Setelah dalam kurun waktu 6 tahun mobil Suzuki Ertiga mengalami pembaruan dari mulai bagian mesin sampai eksteriornya dan berubah menjadi All New Ertiga. Nah pada tahun 2019 saat ini dikabarkan akan ada beberapa pembaruan kembali dengan bentuk Facelift. Lantas apa yang baru dari mobil ini, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

2. EKSTERIOR SUZUKI ERTIGA FACELIFT 2019

Apabila dilihat dari segi desain, mobil Suzuki Ertiga Facelift 2019 tampilan luarnya masih sama dengan versi sebelumnya. Dari segi wajah memang terdapat perubahan, yang mana telah diberikan sentuhan modern pada model Facelift ini. Apabila dibandingkan dengan rivalnya terlihat lebih kalem.

Review Suzuki Ertiga Facelift 2019: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Suzuki Ertiga Facelift 2019 tampak bagian depan

Bagian depan Suzuki Ertiga Facelift 2019 masih sama dengan versi sebelumnya

Pada bagian depan mempunyai grille yang bentuknya masih sama dengan versi All New Ertiga 2018. Grill nya ini didesain bergerigi serta terbalut aksen krom dan juga latar yang menggunakan warna hitam sehingga tampilannya tampak lebih agresif. Selain itu, desain menarik juga terlihat pada bagian lampunya yang terlihat tajam dan di bagian ini mengandalkan konfigurasi Halogen.

Di bagian bawah  terdapat Fog Lamp yang membuat pencahayaan lebih maksimal terutama saat melintasi jalanan dengan kabut tebal atau saat hujan deras. Perlu diketahui, bahwa pembaruan yang dilakukan lebih diterapkan pada Ertiga varian paling rendah yakni GL, jadi varian ini telah dilengkapi dengan Fog Lamp.

Review Suzuki Ertiga Facelift 2019: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Suzuki Ertiga Facelift 2019

Pada varian tertinggi bagian pelek mengalami perubahan

Beberapa informasi yang didapat bahwa pada varian tertinggi yakni GX akan mendapatkan ubahan yang sangat menarik yakni di bagian pelek nya. Kabarnya tampilannya akan lebih sporty dengan mengandalkan desain 2 Tone Black Polished Alloy Wheel. Walaupun terkesan minor pada perubahan yang dilakukan, akan tetapi tampilan dari Ertiga GX jadi lebih menawan apabila dibandingkan dengan sebelumnya. Tentunya hal ini memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Review Suzuki Ertiga Facelift 2019: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan mobilSuzuki Ertiga Facelift 2019 tampak belakang

Lampu belakang didesain menyerupai huruf L

Pada bagian belakang juga mendapatkan tambahan baru khususnya di varian GX yakni adanya fitur Rear Defogger. Dari segi fungsi tentu sangat menarik karena dapat menghindari munculnya embun pada kaca belakang. Dengan begitu visibilitas pengendara saat melihat ke belakang menjadi lebih baik. Di bagian lampunya mengandalkan desain bentuk L yang membuatnya lebih mengesankan. Bahkan pada lampunya telah menggunakan konfigurasi LED 3D Trail Lamp yang dapat memberikan pencahayaan lebih baik dengan kualitas mumpuni terutama di malam hari.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR SUZUKI ERTIGA FACELIFT 2019

Setelah melihat beberapa pembaruan pada eksterior Suzuki Ertiga Facelift 2019, lantas bagaimana dengan di bagian interior?

Review Suzuki Ertiga Facelift 2019: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard, kemudi dan fitur head unit pada mobil

Dashboard terlihat elegan dan berkesan premium

Berlanjut ke bagian interior, yang mana di bagian dashboardnya terlihat elegan dan berkelas premium. Hal tersebut berkat perpaduan warna yang diberikan yakni Dual Tone berupa warna hitam pada bagian atas dalam dan adanya aksen kayu yang terdapat pada panel tengah serta beige yang terdapat di bagian bawah. Dengan penggunaan desain tersebut mobil ini tambah nyaman dan juga kesan kemewahan juga terpancar di dalam kabin kendaraan.

Sedangkan di bagian kemudi juga terlihat akan kemewahannya namun masih tetap terlihat klasik. Desain yang digunakan mengandalkan 3 palang yang dibuat menyiku pada bagian bawahnya. Bahkan nuansa klasik serta elegan juga terpancar pada bagian kemudinya berkat adanya aksen kayu pada bagian bawah di sisi dalam lingkar kemudi. Ditambah lagi adanya kepraktisan seperti tombol untuk mengatur sistem audio serta konektivitas di dashboard. Dengan begitu ketika berkendara masih dapat mengoperasikan fitur audio tanpa mengalihkan pandangan sehingga keamanan menjadi lebih meningkat.

Review Suzuki Ertiga Facelift 2019: Bagian Kursi

Gambar  ini menunjukkan jok mobil Suzuki Ertiga Facelift 2019

Jok mobil yang dimiliki berkapasitas 7 penumpang

Kabin Suzuki Ertiga Facelift 2019 terbilang lega dengan dimensi wheelbase mencapai angka 2.740 mm. Sedangkan di bagian ruang kaki sangat akomodatif pada semua baris kursi yang dimiliki. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa mobil besutan Suzuki ini sangat kompeten untuk masuk dalam kategori mobil keluarga dengan kapasitas 7 penumpang yang patut dijadikan pilihan.

Review Suzuki Ertiga Facelift 2019: Bagian Bagasi

Gambar ini menunjukkan bagasi mobil Suzuki Ertiga Facelift 2019 yang terdapat beberapa tas dan koper

Bagasi cukup luas apalagi saat kursi baris kedua dan ketiga dilipat

Sebagai mobil Low MPV, mobil besutan Suzuki ini mempunyai ruang bagasi yang cukup luas. Berdasarkan catatan resminya, Ertiga mempunyai kapasitas bagasi 209 liter dalam kondisi normal. Sementara itu, ketika bangku bagian belakang dilakukan pelipatan yakni baris kedua dan ketiga maka kapasitasnya menjadi 803 liter.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR SUZUKI ERTIGA FACELIFT 2019

Pada bagian fitur ternyata juga mendapatkan pembaruan terutama pada bagian keselamatan dan hiburan. Hal tersebut seperti yang dikatakan oleh 4W Deputy Managing Director PT. SIS yakni Setiawan Surya, bahwasanya untuk perubahannya dilakukan lebih ditonjolkan agar lebih terjamin keluarga Indonesia dalam segi kenyamanan.

Review Suzuki Ertiga Facelift 2019: Fitur Keselamatan

Fitur ESP (Electronic Stability Program) menjadi salah satu yang dikenal oleh konsumen yang dimiliki Ertiga. Banyak orang yang berpendapat bahwa mobil Suzuki Ertiga terbilang lebih stabil apabila dibandingkan dengan mobil lain. Hal tersebut berkat teknologi ESP yang diberikan. Akan tetapi dengan pembaruan yang dilakukan fitur untuk meningkatkan kestabilan tersebut akan dihilangkan. Walaupun begitu hal tersebut merupakan salah satu keputusan yang diambil oleh PT.SIS. Selanjutnya pilihan ada di tangan pembeli, apakah fitur tersebut menjadi salah satu pertimbangan ketika membeli kendaraan.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi fitur EBD pada mobil Suzuki Ertiga Facelift 2019

Fitur yang disematkan cukup mumpuni namun sayang kabarnya ESP dihilangkan

Sebagai pengganti dari fitur ESP adalah Assist Grip Foldable yang terdapat di bagian plafon pada bangku pertama dan juga kedua. Sedangkan untuk baris ketiganya mendapatkan penambahan fitur Fixed Assist Grip. Dengan adanya fitur ini maka penumpang bisa memegangnya ketika melintasi jalanan yang bergelombang atau rusak.

Disamping hal tersebut, Suzuki Ertiga Facelift 2019 terbilang masih kokoh berkat penggunaan teknologi pengereman yang berupa ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution). Dengan begitu pengereman memiliki performa yang handal dan lebih presisi ketika melewati segala medan jalan. Bahkan beberapa fitur tersebut ditunjang dengan rangka bodi Heartect yang dapat meminimalisir benturan lebih maksimal, hasilnya berkendara menjadi lebih empuk sehingga menghasilkan kenyamanan di dalam mobil.

Review Suzuki Ertiga Facelift 2019: Fitur Hiburan

Gambar ini menunjukkan fitur hiburan pada mobil Suzuki Ertiga Facelift 2019

Fitur audio juga mendapatkan beberapa ubahan

Berlanjut ke bagian fitur hiburan Suzuki Ertiga Facelift 2019, yang mana terdapat perubahan di bagian panel audio. Dari segi ukuran memang lebih besar yakni 17,8 cm dan telah mendukung format Android Auto dan juga Apple CarPlay. Ditambah lagi terdapat navigasi sehingga saat menuju ke suatu tempat yang belum pernah dilalui menjadi lebih tenang.

Sementara untuk bagian fitur penyejuk mengandalkan konfigurasi otomatis. Caranya adalah dengan hanya menekan beberapa tombol dan suhu kabin dapat berubah sesuai keinginan. Ditambah lagi adanya fitur Engine Start Stop yang memungkinkan pengendara menyalakan mesin hanya dengan menekan tombol saja.

>>>  Lihat Juga, Suzuki Filipina Luncurkan Ertiga Black Edition, Kapan Untuk Indonesia?

5. OPERASI SUZUKI ERTIGA FACELIFT 2019

Gambar ini menunjukkan mesin mobil dengan kode K15B Pada Suzuki Ertiga Facelift 2019

Mesin yang dipakai masih sama dengan versi sebelumnya

Untuk bagian mesin Suzuki Ertiga Facelift 2019 tidak mengalami perubahan, jadi masih sama dengan versi All New Ertiga 2018. Mesin yang dipakai adalah K15B yang mempunyai kapasitas 1.426 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 104,7 Ps/6.000 Rpm dan torsi maksimal yang dihasilkan adalah 138 Nm/4.400 Rpm. Untuk efisiensi bahan bakar yang dimiliki adalah 14,2 km/Liter. Yang lebih menarik adalah pada injakan pedal gas pertama yang dirasa lebih mulus.

6. SPESIFIKASI SUZUKI ERTIGA FACELIFT 2019

DIMENSI

Panjang

4.395 mm

Lebar

1.735 mm

Tinggi

1.690 mm

Jarak Poros Roda

2.740 mm

Radius Putar Minimum

5,2 m

MESIN

VARIAN 1.5 LITER

VARIAN 1.3 LITER

Tipe Mesin

1.5 Liter K15 SMART HYBRID

1.3 Liter DDIS 200 SMART HYBRID

Kapasitas Silinder

1.462 cc

1.248 cc

Daya Maksimum

77 kW / 6.000 Rpm

66 kW / 4.000 Rpm

Torsi Maksimum

138 Nm / 4.400 Rpm

200 Nm / 1.750 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / 4 Percepatan Otomatis

5 Tingkat Percepatan Manual

SUSPENSI

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Leading & Trailing Drum

Ukuran Ban

185/65 R15

>>> Baca Juga, Ertiga Suzuki Sport Diluncurkan, Target Penjualan Dinaikkan 20 Persen

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI ERTIGA FACELIFT 2019

Baik mobil baru atau lawas memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan buat masyarakat yang ingin membeli mobil Suzuki Ertiga 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Terdapatnya lampu kabut pada varian GL

Diisukan bahwa teknologi ESP tidak lagi dihadirkan pada Ertiga 2019

Fitur penyejuk AC sudah dikemas dengan menggunakan model Digital

Pembaruan banyak dilakukan pada varian GX saja

Bagian eksterior masih tetap kokoh dengan pesan ikonik-nya dan tidak mengikuti  wajah mirip Xpander

Varian mesin diesel tak lagi ditawarkan di Indonesia

Rear Defogger menjadi salah satu yang ditawarkan dan terlihat menarik untuk menjaga visibilitas pada kaca belakang

-

8. DAFTAR HARGA SUZUKI ERTIGA FACELIFT 2019

Jika berbicara soal harga, kali ini kami berikan informasi daftar harga Suzuki Ertiga 2019, yang mana untuk harga di bawah yang saat ini dijual di Indonesia.

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI ERTIGA 2019

Harga Suzuki Ertiga GA M/T

Rp. 196.000.000

Harga Suzuki Ertiga GL M/T

Rp. 214.500.000

Harga Suzuki Ertiga GL A/T

Rp. 225.000.000

Harga Suzuki Ertiga GX M/T

Rp. 226.000.000

Harga Suzuki Ertiga GX A/T

Rp. 236.500.000

Harga Suzuki Ertiga GX ESP M/T

Rp. 231.000.000

Harga Suzuki Ertiga GX ESP A/T

Rp. 241.500.000

9. VIDEO SUZUKI ERTIGA FACELIFT 2019

10. KESIMPULAN SUZUKI ERTIGA FACELIFT 2019

Mobil Suzuki Ertiga ditujukan untuk masyarakat guna memenuhi kebutuhan berkendara sebuah keluarga. Dengan ruang kabin yang akomodatif menjadi salah satu penunjang dan penawaran menarik bagi masyarakat. Apalagi peluncuran All New Ertiga baru saja diluncurkan yaitu tahun 2018 dan baru satu tahun kini sudah mendapatkan Facelift. Tentunya hal ini ditujukan untuk lebih menarik perhatian masyarakat agar memiliki mobil besutan Suzuki sebagai tunggangannya.

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Mungkin anda ingin baca

  • Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018
    Review Daihatsu Fatchur Sag

    Review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018

    05/05/2019

    Salah satu mobil SUV yang populer dan diminati oleh para pecinta mobil di Indonesia adalah Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018. Lalu apa yang Anda pikirkan ketika melihat mobil Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 di jalanan? Anda pasti berpikir mobil ini memiliki kesan lebar, gagah, dan luas serta mendominasi benak Anda. Untuk lebih jelasnya, mari simak review Daihatsu Terios R AT Deluxe 2018 berikut ini.

  • Review New Honda BR-V 2019
    Review Honda Arfian Alamsyah

    Review New Honda BR-V 2019

    04/05/2019

    Seakan tak ingin ketinggalan dengan rival-rivalnya yang semakin dewasa dan modern, PT Honda Prospect Motor meluncurkan New Honda BR-V 2019 di ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019.

  • Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Mobil Balap Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

    Review Toyota GR Supra GT4 Concept 2019: Mobil Balap Dikembangkan Oleh Toyota Gazoo Racing

    28/04/2019

    Mobil terbagi dalam beberapa kelas yang memiliki kelebihan sendiri-sendiri, salah satunya adalah kelas GT4. Untuk meramaikan persaingan kelas tersebut, dari pihak TGR (Toyota Gazoo Racing) ikut menghadirkan mobil dalam varian balap yang merupakan generasi Supra teranyarnya yaitu Toyota GR Supra GT4 Concept 2019. Lantas bagaimana spesifikasi dan juga tampilan yang dimiliki, mari kita simak ulasannya.