Mau Mobil Tambah Tenaga, Ini Cara Paling Sederhana Ala Bengkel Mobil Balap

08/10/2018 Fatchur Sag Perawatan mobil

Mobil keluaran pabrik punya batasan performa di titik tertentu. Bagi Anda penggila kecepatan dijamin tak akan bisa puas karena Anda tak mungkin mendapatkan tenaga yang lebih besar kecuali mobil itu Anda oprek atau Anda ganti dengan supercar yang harganya sangat mahal. Pertanyaannya, bisakah mobil Anda tambah tenaga meski bukan supercar?

Foto mobil lawas di sebuah balapan drag

Untuk drag race bisa sangat cepat karena modifikasi mesin secara total

Tenaga mobil standar pabrik biasanya sudah diperhitungkan batas maksimalnya sesuai dengan tipe dan kapasitas mesin. Tapi bagi sebagian orang, performa mobil standar pabrik kurang memuaskan yang membuat mereka mencari cara agar mobil bisa tambah tenaga tanpa harus mengganti dengan mobil baru yang lebih mahal.

Nah, kalau Anda masuk golongan orang yang kurang puas dengan performa mobil Anda dan ingin mobil lebih bertenaga, ada solusi yang bisa Anda lakukan. Cara ini adalah cara paling sederhana yang dibagikan awak media otomotif nasional usai perbincangannya dengan dengan salah seorang ahli oprek mobil dari bengkel R Speed Jakarta bernama Om Heron.

1. Ganti BBM dengan RON yang lebih tinggi

Foto truk pengangkut BBM Pertamax Turbo

Pertamina punya Pertamax Turbo untuk mobil berkompresi tinggi

Ini cara pertama yang paling mudah dilakukan, ganti BBM yang biasa Anda pakai dengan BBM lain yang beroktan lebih tinggi. Kalau biasanya menggunakan Pertalite dengan Research Octane Number (RON) 90, ganti dengan Pertamax RON 92. Kalau biasanya pakai Pertamax ganti dengan Pertamax Turbo RON 98. Eits ingat, mengganti dengan BBM beroktan tinggi juga harus disesuaikan dengan kompresinya loh. Om Heron bilang penggunaan BBM yang tepat membantu meningkatkan performa mobil.

>>> Harga BBM Naik, Pasangan Ini Mendapatkan Bensin Sebagai Hadiah Pernikahan

2. Modifikasi knalpot

Foto mobil dengan knalpot aftermarket

Bukan bawaan pabrik, knalpot aftermarket pun bisa membantu tingkatkan tenaga mobil kalau pemilihannya tepat

Tujuan utama penggantian knalpot adalah untuk melancarkan gas buang. Bisa dengan mengimprovisasi header knalpot atau langsung mengganti dengan knalpot after market. Yang perlu diperhatikan penggantian knalpot ini harus diperhitungkan secara matang sebab bakal berefek pada konsumsi BBM. Kalau perhitungannya pas performa mobil bakal lebih bagus dan tenaga bakal bertambah. Tapi kalau tidak malah bikin tekor karena bisa boros bahan bakar.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

3. Lakukan porting polish

Foto seorang sedang melakukan Porting Polish mesin mobil

Porting polish hanya bisa dilakukan menggunakan alat khusus

Cara ini untuk mengoptimalkan sistem pembakaran. Dengan porting polish jalur intake dan exhaust pada mesin bakal lebih besar dan lancar sehingga volume bahan bakar dan udara meningkat. Efeknya tenaga yang keluar bakal semakin besar.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya di Mobilmo.com

4. Pasang Piggyback

Piranti satu ini bukan barang aneh buat penggemar kecepatan dan mekanik mobil. Menurut mekanikmitsubishi.com, Piggyback merupakan sebuah chip microcomputer yang digunakan oleh mobil tuning injection yang sebelumnya telah dikontrol oleh teknologi computer yang sering dikenal dengan ECU (Electronic Control Unit). Piggyback berfungsi bakal memanipulasi data yang ada dalam ECU sehingga data yang masuk ke dalam ECU sesuai dengan keinginan pemilik mobil.

“Bisa juga pemakaian piggyback. Pasalnya komputer mobil dibuat massal, dan tidak bisa dibilang juga itu pasti efisien, tentu tidak. Jadi jika mau lebih efisien bisa pasang piggyback dan disetel sesuai dengan mesin mobil itu, bisa lebih efektif, performa juga jadi lebih baik,” kata Om Heron.

Foto Piggyback terpasang di sebuah mobil

Ada banyak dan beragam piranti Piggyback dijual di pasaran dengan harga bervariasi

Sebenarnya masih ada cara lain untuk membuat mobil tambah tenaga, tapi cukup rumit dan pengerjaannya memerlukan waktu cukup lama karena biasanya hanya dilakukan untuk mobil yang disetting buat balapan. Kalau untuk mobil sehari-hari, cukup dengan keempat cara di atas untuk meningkatkan performa mobil. Kecuali nomor satu, sebaiknya pengerjaan diserahkan pada ahlinya agar tidak terjadi kesalahan dan hasil sesuai harapan.

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan daftar harga mobil terbaik hanya ada di Mobilmo.com

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Jangan Dibiarkan, Lima Hal Ini Bikin Mobil Boros BBM
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Jangan Dibiarkan, Lima Hal Ini Bikin Mobil Boros BBM

    13/10/2018

    Banyak orang menginginkan mobil kesayangannya irit bahan bakar agar bisa menghemat pengeluaran. Kenyataannya, keinginan itu banyak yang tidak terwujud. Ahli oprek mesin salah satu bengkel di ibu kota menjelaskan ada lima hal yang bikin mobil boros BBM yang berujung pada banyak pengeluaran. Simak penjelasannya berikut!

  • Ini Dia Panduan Singkat Memahami Lampu Indikator Peringatan Pada Mobil
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Ini Dia Panduan Singkat Memahami Lampu Indikator Peringatan Pada Mobil

    11/10/2018

    Lampu indikator sangat penting keberadaannya, karena lampu indikator tersebut adalah sarana mobil kita berkomunikasi dengan kita sebagai pengemudi. Segala jenis kerusakan dapat diketahui dari keberadaan lampu ini. Nah, ini dia panduan singkat memahami lampu indikator peringatan pada mobil.

  • Mengemudi Tambah Nyaman Dengan Merawat Dashboard Mobil Yang Baik
    Perawatan mobil Abdul Kosim

    Mengemudi Tambah Nyaman Dengan Merawat Dashboard Mobil Yang Baik

    03/10/2018

    Bagian interior merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan perawatan. Mengingat mengemudi Mobil berada di dalam, sehingga membuatnya nyaman sangat diperlukan. Salah satu bagian yang dapat berpengaruh dan selalu dipandang adalah dashboard Mobil. Merawat dashboard Mobil sangatlah diperlukan, supaya tetap nyaman ketika mengemudi. Apalagi bagian ini yang kerap dipandang oleh pengemudi dan penumpang bagian depan.