Review Mobil Toyota C-HR 2018, Crossover Premium dari Toyota

15/05/2018 Ryan Sugandy Review Toyota

Bulan April 2018, mobil Toyota C-HR 2018 resmi diluncurkan di Indonesia setelah sebelumnya sempat muncul pada ajang GIIAS 2017. Mobil ini mengusung konsep SUV crossover yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan sang pemilik. Dengan harga mencapai Rp400 jutaan, mobil ini menawakan beberapa fitur unggulan yang cukup mewah untuk sebuah mobil Toyota. Seperti apa keunggulan mobil ini? Berikut ini adalah review Toyota C-HR 2018!

1. PENGANTAR

Review Toyota C-HR 2018 - Tampil berbeda dengan produk ala Toyota yang biasanya tampil secara konvensional, Toyota C-HR 2018 tampil dengan bentuk yang sangat sporty. Mobil ini memang dibuat untuk pasar crossover yang belum dijamah oleh Toyota di Indonesia.

 Mobil ini mengingatkan kita pada tampilan Nissan Juke yang tampil sangat out of the box untuk pasar mobil Indonesia. Secara keseluruhan mobil ini memberikan sebuah pilihan baru bagi Anda di kelas mobil crossover SUV.

Mobil ini sendiri dibanderol dengan harga diatas Rp400 juta yang menjadikannya cukup premium untuk sebuah mobil crossover SUV.  Dengan berbagai fitur yang diusung oleh mobil ini layakah Toyota C-HR 2018 dibanderol dengan harga tersebut? Silahkan sobat-sobat mobilmo.com simaklah review Toyota C-HR 2018.

2. EKSTERIOR

Seperti biasa kita mulai review Toyota C-HR 2018 dari sisi eksterior.

  • Desain Sporty dan Dinamis

Toyota C-HR 2018 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Desain sporty dan bagus

Bagian eksterior mobil ini dibuat sangat berbeda dengan mobil-mobil yang biasa di produksi oleh Toyota. Dengan desain yang sporty dan cukup futuristik, mobil ini berusaha menunjukkan sisi lain dari Toyota di pasar mobil Indonesia.

Sisi futuristik dari mobil ini bisa kita lihat dari tarikan body yang sangat tegas dengan tampilan yang minim dengan chrome. Sangat gagah dan maskulin!  

  • Desain bagian depan

tampilan sisi depan mobil Toyota C-HR 2018 berwarna abu-abu

Wajah depan Toyota C-HR 2018

Bagian wajah Toyota C-HR cukup nampak sangat maskulin dengan tampilan lampu projector Bi-Beam dengan DRL 3 titik. Garis pembatas antara grill dengan kap mobil yang dengan lekukan yang sangat tegas di bagian depan membuat kesan tangguh semakin terasa.

  • Desain bagian samping

Mobil Toyota C-HR 2018 berwarna abu-abu dilihat dari sisi samping

Tampilan bagian samping

Di bagian samping, kita bisa melihat bentuk body mobil ini yang memiliki bentuk ala mobil hatchback yang langsung membentuk rear spoiler di bagian belakang. Lekukan bodynya difokuskan di bagian bawah agar membuat mobil ini nampak lebih lebar dan sesuai dengan konsep crossover yang diusungnya. Side garnish di yang cukup bold di bagian body juga menunjukkan sisi tangguh dari mobil ini.

  • Desain Bagian belakang

Tampilan belakang mobil Toyota C-HR 2018 berwarna abu-abu

Sisi belakang C-HR 

Rear lamp dimobil ini dibuat menonjol dengan bentuk yang cukup lebar di bagian ini. Tampilan rear guard dengan rear fog lamp d bagian ini terlihat sangat menyatu desain bagian belakang mobil ini untuk meningkatkan kesan tangguh di mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Apakah Anda sudah puas dengan bagian eksterior, kini kita lanjutkan review Toyota C-HR 2018 di sisi interior.

  • Ruang Nyaman

Interior Toyota C-HR 2018 dengan kelengkapan fitur di dalamnya

Bagian dalam Toyota C-HR 2018

Beralih ke bagian dalam, mobil in juga menawarkan bagian interior yang juga cukup futuristik dan mewah. Dengan menggunakan warna tema hitam di seluruh bagian dalam, mobil ini juga menawarkan kenyamanan bagi para penumpangnya.

Bagian interior mobil ini menggunakan bahan soft touch dan juga bahan fabric dengan kualitas terbaik. Hal ini sebenarnya sangat wajar karen mobil ini dibanderol dengan harga yang tidak terlalu murah.

Ruang kabin dirasa cukup nyaman untuk penupang bagian depan dan belakang. Sayangnya, untuk penumpang di baris kedua akan memiliki cahaya dan juga jarak pandang yang cukup terbatas karena jendela di pilar ketiga yang tidak terlalu besar.

  • Desain bagian dashboard

tampilan bagian dashboard mobil Toyota C-HR 2018

Bagian dashboard dengan desain futuristik

Bagian dashboard dibuat dengan desain yang cukup futuristik dan driver oriented dengan sebuah headunit doubledin di bagian tengah dashboard. Tampilan dashboard ini sebenarnya cukup bersih tetapi karena headunit yang menonjol agak mengganggu pandangan untuk penumpang belakang.

  • Desain bagian setir

Gambar bagian setir mobil Toyota C-HR 2018 dengan warna utama yaitu hitam

Bagian setir dengan audio steering switch

Bagian setir di desain cukup sederhana yang sudah dilengkapi dengan audio steering switch dan juga sistem pengaturan kendaraan. Setir ini sudah dilengkapi dengan fitur telescopic dan juga tilet untuk dapat diatur kenyamanannya oleh Anda.

  • Desain kursi

Gambar bagian kursi mobil Toyota C-HR 2018

Kursi memakai desain semi bucket seat

Kursi mobil ini dibuat cukup nyaman dengan desain semi bucket seat untuk penumpang bagian depan. Kursi ini sendiri beum dapat diatur secara eletrik tetapi sudah memiliki pengaturan eletrik umbar untuk kenyamanan Anda.

  • Ruang bagasi

Ruang bagasi mobil Toyota C-HR 2018 berwarna biru

Ruang bagasi cukup luas untuk sebuah SUV

Bagian bagasi mobli ini cukup luas untuk sebuah mobil SUV, Anda bisa menyimpan bayak barang bawaan dengan berkendara di mobil ini.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Dari sisi fitur sebuah mobil, Toyota C-HR 2018 memiliki fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut.

  • Fitur keselamatan

Untuk bagian keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi dnegan berbagai fitur keselamatan yang cukup lengkap dari Toyota. Dengan menggunakan arsitektur body Toyota Next Global Architecture (TNGA), mobil ini sangat aman untuk dikendarai. Untuk bagian keselamatannya, mobil ini sudah dilengkapi dengan Hill Start Assits, Vehicle Stability Control, Pengereman ABS + EBD dan juga 7 buah aribag di dalamnya. Untuk bagian keamanan, mobil ini dilengkapi dengan immobilizer dan juga alarm.

  • Fitur hiburan

Di bagian hiburan sudah terdapat headunit double din yang dipasang dibagian dashboard. Headunit ini sudah bisa terknoeksi dengan smartphone dan support untuk memainkan hiburan dari CD, DVD, USB, Aux dan juga radio.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil Toyota lainnya

5. OPERASI

Bagian mesin mobil Toyota C-HR 2018

Mesin 2ZR-FBE mobil Toyota C-HR 2018

Di bagian mesin, mobil ini menggunakan mesin 1.800 cc 2ZR-FBE 4 silinder DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenagan maksimal hingga 141 Ps pada pputaran mesin 6,400 rpm dengan torsi maksimal sebesar 17.4 Kgm pada putaran mesin 4000 rpm.

Mesinini dipadukan dengan sistem transmisi matic CVT sehingga getaran mesin memang sangat minim. Tetapi bagi yang mendambakan tenaga spontan ala mesin manual makan Anda tidak akan menemukannnya di mobil ini.

Untuk bagian suspensi, mobil ini menggunakan McPherson Strut di bagian suspensi depan dan Double Wishbone untuk suspensi bagian belakang. Perpaduan suspensi ini benar-benar dirasa sangat nyaman untuk mobil ini.

>>> Klik sini untuk tahu spesifikasi lebih jelas tentang mobil-mobil lainnya

6. SPESIFIKASI

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari  Toyota C-HR 2018.

Spesifikasi Toyota C-HR 2018

Mesin

Tipe Mesin

2ZR-FBE 4, In-line 4 Cylinders, 16 valve DOHC with VVT-i (intake)

Kapasitas

1798 cc

Diameter x Langkah

80.5 x 88.3 mm

Rasio Kompresi

13.04:1

Tenaga Maksimal

141 ps / 5,200 rpm

Torsi Maksimal

17.4 kgm /  4,000 rpm

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injeksi

Bahan Bakar

Gasoline

Kapasitas Tangki

50 L

Power Steering

Power Assisted Steering Rack & Pinion

Transmisi

7 Speed CVT

Dimensi

Panjang (mm)

4,36

Lebar (mm)

1,795

Tinggi (mm)

1,565

Jarak Sumbu Roda (mm)

2,64

Kaki-kaki

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

Double Wishbone

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Solid Disc

Ukuran Ban

215/60 R17

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Toyota C-HR 2018 ini yang bisa Anda perhatikan sebelum Anda membeli kendaraan ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain mobil sangat futuristik, bagian interior cukup nyaman

Harga lebih mahal dibandingkan dengan kompetitor

Suspensi Nyaman

Handling bukan yang terbaik

Fitur Keselamatan Lengkap

 

8. DAFTAR HARGA

Berikut ini adalah daftar harga Toyota C-HR 2018 untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya :

Harga Toyota C-HR

Tipe

Harga

Toyota C-HR One Tone (1 Warna)

Rp 488.500.000,-

Toyota C-HR Dual Tone (2 Warna)

Rp 490.000.000,-

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Secara keseluruhan, mobil ini memberikan warna tersendiri bagi dunia otomotif di Indonesia. Desainnya yang futuristik dan juga modern menjadikan mobil ini sebagai pilihan baru dalam pasa crossover SUV di Indonesia.

Dari segi kenyamanan dan juga berkendara mobil ini sebenarnya cukup nyaman bila dibandingkan dengan mobil crossover lainnya yang ada di Indonesia. Tapi, dari segi value for money, banyak yang berpendapat bahwa harga mobil ini terlalu tinggi.

Dengan harga yang sama, Anda mungkin bisa memilih Toyota Innova yang tentunya lebih nyaman dan juga memiliki harga jual yang lebih tinggi di Indonesia. Tetapi, hal tersebut tentunya kembali kepada selera masing-masing.

 

Mungkin anda ingin baca

  • Review Honda HR-V 2018 Facelift: Semakin Menggiurkan dan Mewah
    Review Honda Metodius

    Review Honda HR-V 2018 Facelift: Semakin Menggiurkan dan Mewah

    16/08/2018

    Pasar otomotif di tanah air begitu menggiurkan bagi banyak produsen otomotif di dunia. Kini Honda pun tidak ingin ketinggalan dalam menjangkau pasar potensialnya di Indonesia. Honda memang memiliki beragam segmen, salah satunya SUV. Honda memiliki HR-V yang merupakan SUV dengan kapasitas 5 orang penumpang. HR-V pertama kali hadir di Tokyo Motor Show 2013, mobil ini pertama kali muncul dengan nama Honda Vezel.

  • Review Honda All New Brio RS 2018
    Review Honda Metodius Getan Plue

    Review Honda All New Brio RS 2018

    15/08/2018

    Honda selain melahirkan banyak mobil diberagam segmen, ada satu segmen yang menjadi andalannya yaitu city car atau hacthback. Di kelas ini, ada dua jagoan Honda yaitu Jazz dan Brio, special untuk kali ini, Mobilmo.com akan membahas lebih jauh seputar Honda All New Brio 1.2L 2018. Di 2018 ini Honda All New Brio hadir dengan percaya diri, kepercayaan diri tersebut disambut baik oleh konsumen di Indonesia. Jadi bagi Anda yang ingin membeli Brio dalam waktu dekat, simak ulasannya.

  • Review Wuling Cortez 1.5L 2018: Varian Terjangkau Dari Seri Cortez
    Review Wuling Metodius

    Review Wuling Cortez 1.5L 2018: Varian Terjangkau Dari Seri Cortez

    14/08/2018

    Siapa tak mengenal Wuling, pabrikan asal Tiongkok ini menggebrak dengan MPV murahnya. Wuling Cortez adalah model kedua yang diluncurkan oleh pabrikan negeri tirai bambu. Setelah Confero, seri Cortez hadir disegmen yang sama untuk mendongkrak nama Wuling di tanah air. Pada tahap awal, Wuling memang fokus ke segmen MPV, Wuling Cortez hadir sebagai MPV premium dari Wuling, seri Cortez ini hadir di Indonesia pada desember 2017.