Review Suzuki Ertiga GL AT 2016: Mobil Low MPV Hemat BBM Dan Performa Mumpuni

28/12/2019| Abdul

1. PENGANTAR SUZUKI ERTIGA GL AT 2016

Mobil satu ini berada di kelas Low MPV yang mempunyai konfigurasi tempat duduk 7 buah. Selain itu, pengembangannya mengandalkan platform Suzuki Swift. Pada generasi pertama dari Ertiga, di Indonesia mobil tersebut mendapat rebadged menjadi Mazda VX – 1. Bahkan di Malaysia juga dilakukan perakitan dan penjualan sejak November tahun 2016 dan dikenal dengan nama Proton Ertiga. Sementara itu, pada bulan Mei 2018 barulaH Ertiga generasi kedua dilakukan perilisan di Indonesia tapa adanya logo Mazda.

Pada generasi pertamanya, Ertiga mempunyai beberapa pilihan varian yang meliputi GA, GL dan juga GX. Selain itu masih ada 1 varian lagi yang berada di level khusus yang diberi gelar Dreza. Untuk citranya sendiri sampai saat ini terbilang cukup baik menjadi sebuah kendaraan keluarga yang hemat kopnsumsi bahan bakar dan nyaman dikendarai.

2. EKSTERIOR SUZUKI ERTIGA GL AT 2016

Review Suzuki Ertiga GL AT 2016 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Suzuki Ertiga GL AT 2016

Menatap tajam dengan penggunaan desain headlamp yang cukup besar

Pada bagian depan Suzuki Ertiga GL AT 2016 telah dibekali dengan penggunaan grille yang memakai 3 tingkat. Desain tersebut semakin menarik berkat penggunaan aksen krom. Perpaduan dilakukan dengan penggunaan headlamp yang didesain meruncing dengan bohlam halogen yang membuatnya tampak lebih tajam. Di tambah lagi terdapat bezel warna hitam sebagai tempat fog lamp yang menjadikan tampilan depan lebih sporty dan juga elegan.

Review Suzuki Ertiga GL AT 2016 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Suzuki Ertiga GL AT 2016

Rumah cover spion dan handle pintu dibuat sewarna bodi

Sementara untuk bagian sampingnya mempunyai cover rumah spion dan handle pintu yang dibuat sewarna dengan bodi. Berkat penggunaan desain tersebut membuat mobil Suzuki Ertiga GL AT 2016 tampak dinamis. Untuk menambah kesan sporty, pihak pabrikan memberikan lekukan garis pada bagian bodi sampungnya mulai dari pilar A memanjang sampai pilar C.

Mobil besutan Suzuki tersebut tampak akan ketangguhannya dengan penggunaan ground clearance dengan tinggi 185 mm dan pelek ukuran 15 inci yang dibalut dengan ban 185/65 R15. Untuk spion mobil memang belum memakan teknologi pelipatan otomatis, namun untuk mengatur posisinya sudah memakai sistem penggerak elektris.

Review Suzuki Ertiga GL AT 2016 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Suzuki Ertiga GL AT 2016

Desain belakang dipadu dengan rear spoiler bikin tampilan sporty

Suzuki Ertiga GL AT 2016 mempunyai stop lamp yang didesain tajam di bagian belakngnya. Untuk ukurannya terbilang besar berpoadu dengan penggunaan rear garnish yang menggunakan aksen krom sehingga tampil lebih elegan. Sebagai penambah kesan sporty, pihak Suzuki memberikan rear spoiler yang telah disematkan high mount stop lamp.    

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR SUZUKI ERTIGA GL AT 2016

Review Suzuki Ertiga GL AT 2016 : Bagian Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Suzuki Ertiga GL AT 2016

Belum ada tombol-tombol pengatur audio di kemudi mobil

Apabila masuk interior akan didapati kabin yang khas untuk mobil Low MPV. Untuk bagian dashboard terdapat desain atraktif dengan memakai dual layer. Sementara head unitnya cukup sederhana dengan double din dan juga sudah memakai layar infotainment model digital yang dapat dipakai untuk mengoperasikan radio, mp3 dan USB. Bagian atasnya diakomodir dengan warna abu-abu dan untuk bagian bawah terdapat kenop putar yang dapat digunakan untuk mengatur AC mobil.

Review Suzuki Ertiga GL AT 2016 : Jok Dan Bagasi

Gambar ini menunjukkan jok mobil baris kedua pada mobil Suzuki Ertiga GL AT 2016

Ruang kaki baris kedua cukup lapang layaknya Low MPV pada umumnya

Untuk bagian kursi Suzuki Ertiga GL AT 2016 memakai bahan fabric yang mempunyai ketebalan yang tergolong baik. Modelnya sangat pas sehingga sangat nyaman dipakai untuk menopang lengan dan bahu penumpang ataupun pengemudi. Di bagian ruang kaki baris kedua terbilang lapang seperti umumnya mobil Low MPV.

Ditambah lagi untuk kursi baris ketiga dapat dilakukan pelipatan sehingga bisa membuat ruang bagasi jadi lebih luas. Kalau tidak melipat kursi belakang, untuk ruang bagasi mobil ukurannya sebesar 113 liter.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR SUZUKI ERTIGA GL AT 2016

Review Suzuki Ertiga GL AT 2016 : Fitur Kenyamanan

Sebagai varian menengah, Suzuki Ertiga GL AT 2016 dibekali dengan fitur yang biasa saja, belum diberikan yang begitu mumpuni seperti varian tertinggi. Untuk fitur yang diberikan berupa AC double blower serta adanya headrest yang diberkan pada setiap kursinya. Yang menarik adalah terdapatnya cup holder yang ditempatkan vintilasi AC depan sehingga minuman akan tetap dingin untuk menemani perjalanan dengan mobil Low MPV dari Suzuki.

Gambar ini menunjukkan head unit pada mobil Suzuki Ertiga GL AT 2016

Fitur cukup lumayan hanya saja belum ada Bluetooth untuk menghubungkan ke smartphone

Review Suzuki Ertiga GL AT 2016 : Fitur Hiburan

Seperti yang telah disebutkan di atas, untuk memberikan hiburan kepada pengendara dan penumpangnya dibekali dengan head unit double din. Fitur tersebut dapat mengoperasikan radio, mp3 dan juga USB sehingga dapat digunakan untuk mendengarkan music dari radio atau melalui USB. Sementara itu, untuk AC menggunakan kenop dalam hal pengoperasiannya.

>>> Review Suzuki Ertiga Suzuki Sport 2019 : Varian Baru Dengan Tampilan Sporty

5. OPERASI SUZUKI ERTIGA GL AT 2016

Gambar ini menunjukkan beberapa komponen pada mesin mobil Suzuki Ertiga GL AT 2016

Mesin bertenaga dan hemat BBM

Selanjutnya untuk performa mobil Suzuki GL AT 2016 dibekali dengan mesin 4 silinder yang mempunyai kapasitas 1.373 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 91 Hp dan torsi puncak yang dapat dicapai adalah 130 Nm. Untuk sistem penggeraknya mengandalkan roda depan dan tenaganya disalurkan melalui transmisi otomatis 4 percepatan. Konsumsi bahan bakarnya juga tergolong irit yakni 19,2 km/liter.

>>> Sobat Mencari Suzuki Ertiga Bekas, Silahkan Cari Disini Dan Dapatkan Harga Yang Terbaik

6. SPESIFIKASI SUZUKI ERTIGA GL AT 2016

Berikut kami berikan tabel spesifikasi Suzuki Ertiga GL AT 2016.

DIMENSI

Panjang

4.265 mm

Lebar

1.695 mm

Tinggi

1.685 mm

Wheelbase

2.740 mm

MESIN

Mesin

4 Silinder 1.373 cc

Tenaga Maksimal

91 Hp/6.000 Rpm

Torsi  Maksimal

130 Nm/4.000 Rpm

Transmisi

Otomatis 4 Percepatan

Sistem Penggerak Roda

FWD

BAN

Ukuran Ban Mobil

185/65 R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN SUZUKI ERTIGA GL AT 2016

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga GL AT 2016 menurut pandangan kami :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Di bagian interior ruang kabin yang dimiliki terbilang lega

Fitur kenyamanan yang diberikan pada mobil Low MPV besutan Suzuki tersebut tergolong minim

Mesin yang diberikan mempunyai tenaga yang cukup mumpuni dan juga sangat responsif

Begitupun pada fitur keamanan yang diberikan juga tergolong minim

Untuk segi harga bersaing dengan rivalnya dalam segmen yang sama

 

8. DAFTAR HARGA SUZUKI ERTIGA GL AT 2016

Pada saat berniat membeli mobil bekas disarankan untuk melihat beberapa hal seperti riwayat servis, kaki-kaki dan kondisi sasisnya. Tujuannya agar mendapatkan mobil dengan kondisi yang cukup baik. Untuk harga bekas Suzuki Ertiga GL AT 2016 dibanderol mulai Rp. 120 juta sampai Rp. 135 jutaan.

9. VIDEO SUZUKI ERTIGA GL AT 2016

10. KESIMPULAN SUZUKI ERTIGA GL AT 2016

Sebagai mobil dalam segmen Low MPV, salah satu pertimbangan dalam memilih Suzuki Ertiga GL AT 2016 adalah pada performanya yang mumpuni dan cukup responsive. Selain itu kabinnya tergolong lega dan konsumsi bahan bakar yang dimiliki terbilang irit. Dari segi harga tergolong terjangkau dan bersaing dengan para rivalnya dalam segmen yang sama.

>>> Lanjut Baca Artikel Review Mobil Yang Menarik Lainnya Di Sini

Review mobil serupa

  • Review Suzuki Ertiga GL AT 2016: Mobil Low MPV Hemat BBM Dan Performa Mumpuni

    28/12/2019| Abdul

    Review Suzuki Ertiga GL AT 2016: Mobil Low MPV Hemat BBM Dan Performa Mumpuni

    Salah satu pilihan mobil dalam segmen Low MPV yang dapat dijadikan sebagai kendaraan keluarga yang nyaman adalah Ertiga GL AT 2016. Untuk kabinnya cukup lapang dan dapat menampung hingga 7 orang penumpang. Mobil ini memang sangat cocok untuk diajak bepergian terutama di perkotaan yang terkenal mempunyai lalu lintas yang padat. Untuk lebih jelasnya berikut Review Suzuki Ertiga GL AT 2016.

  • Review Suzuki SX4 X-Over 2007 : Mobil Hatchback Pertama Di Indonesia

    14/11/2019| Abdul

    Review Suzuki SX4 X-Over 2007 : Mobil Hatchback Pertama Di Indonesia

    Sekarang sudah banyak mobil keluaran terbaru dengan fitur dan teknologi modern. Sehingga lupa dengan keluaran dahulu yang tentunya banyak yang menarik, seperti misalnya mobil Suzuki SX4 X-Over 2007. Mobil ini merupakan kendaraan Hatchback pertama di Indonesia. Lantas bagaimana sosoknya, mari kita simak ulasannya tentang spesifikasi Suzuki SX4 X-Over 2007.

  • Review Suzuki Splash 2010 : Rasakan Kenyamanan Seperti Naik Kendaraan MPV

    19/10/2019| Abdul

    Review Suzuki Splash 2010 : Rasakan Kenyamanan Seperti Naik Kendaraan MPV

    Suzuki Splash merupakan sebuah kendaraan yang tampak mungil dengan kabin yang berkapasitas cukup lega. Apabila dilihat dari segi dimensi memang cocok dikatakan sebagai sebuah City Car. Namun untuk kenyamanan lebih sejajar dengan segmen MPV (Multi Purpose Vehicle). Bagi Sobat yang ingin membelinya, simak terlebih dahulu spesifikasi Suzuki Splash 2010.

International